Alat Alat Kesehatan > Artikel Terkait Alat Alat Kesehatan

Dalam dunia medis tentu kita mengenal adanya alat-alat kesehatan.Dokter memakai stetoskop untuk memeriksa pasien berdasarkan denyut nadi dan denyut denyut jantung seseorang. Alat-alat kesehatan memiliki peranan penting dalam menentukan kesehatan seseorang serta proes kesembuhan dari penyakit seseorang. Tidak hanya dokter yang harus memiiki alat kesehatan, namun semua orang harus memiliki alat tersebut agar seaktu-waktu dapat memeriksa kesehatan dari dirinya.

Jika suatu penyakit dapat didetksi sejak dari awal maka akan semakin mudah menaggulangi dan resiko terbesar dari penyakit tersebut dapat dicegah. Alat-alat kesehatan dapat dengan mudah ditemui di pusat perbelanjaan, namun kita dituntut harus dapat mengetahui cara penggunaannya agar hasil yang di dapatkan maksimal dan tidak salah pembacaan.

Alat Alat Kesehatan

Alat Alat Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa tujuan perlunya alat kesehatan bagi diri kita, antara lain :

  • Untuk mencegah semakin menjalarnya suatu penyakit
  • Meminimalkan resiko pada sebuah penyakit yang ada di dalam tubuh seseorang
  • Memberikan hasil mengenai tingkat kesehatan seseorang
  • Memberikan pengobatan tingkat pertama pada seseorang yang telah terjangkit penykit agar tidak semakin parah

Harga yang ditawarkan untuk setiap alat kesehatan berbeda-beda menurut jenis alat yang digunakan. Namun hal itu tentu bukan merupakan suatu masalah mengingat keuntungan dan kegunaan dari peralatan ini sangat banyak terhadap orang yang memiliki ataupun bagi orang lain. Selain untuk diri kita sendiri, tentu kita dapat menggunakan alat ini pada orang lain sehingga bisa dikatakan telah beramal terhadap orang lain.

Alat Alat Kesehatan

Alat Alat Kesehatan

Jika terjangkit penyakit, memang mudah bagi seseorang untuk pergi ke dokter atau rumah sakit, namun akan lebih baik jika suatu penyakit dicegah sebelum penyakit tersebut semakin meluas menyerang tubuh seseorang. Cara yang paling mudah untuk melakukan pencegahan suatu penyakit adalah dengan cara hidup sehat dan bersih serta makan dengan pola yang teratur dan makan makanan bergizi. Suatu penyakit biasanya berawal dari adanya infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Alat Alat Kesehatan

Alat Alat Kesehatan

Beberapa penyakit ada yang menular dan ada yang bersifat tidak menular kepada orang lain. Pada saat ini juga banyak sekali penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia, misalnya Flu Burung yang ditularkan oleh unggas, antraks yang ditularkan oleh kambing dan sapi, dan Rabies atau sering disebut anjing gila yang ditularkan oleh anjing ataupun kucing. Semua penyakit tersebut biasanya menular dari adanya kontak langsung terhadap hewan yang terjangkit penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa jenis alat kesehatan beserta fungsinya, antara lain :

  1. Stetoskop
    Digunakan untuk mendeteksi penyakit seseorang yang diketahui dari denyut jantung ataupun suara dari dalam perut seseorang. Para ahli medis seperti dokter dan bidan yang menggunakan alat ini untuk mendeteksi suatu penyakit secara dasar. Jika sudah terdeteksi maka akan dapat dilakukan pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang dialami oleh pasien.
  2. Tensimeter
    Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat tensi atau tekanan darah pada tubuh manusia. Penyakit pada tensi darah sendiri ada 2, yakni Darah Rendah (Hipotensi) dan Darah Tinggi (Hipertensi). Jika tensi pada darah manusia terlau tinggi ataupun rendah maka akan menyebabkan adanya keletihan yang sangat pada tubuh seorang pengidap gejala ini. Selain untuk mengukur tekanan darah, alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur detak jantung dan denyut nadi seseorang.
  3. Termometer
    Suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengukur temperatur (suhu) pada tubuh seseorang atau mengukr adanya perubahan suhu dalam tubuh manusia. Cara menggunakan alat ini adalah dletakkan dibagian  lembab seperti ketiak atau dimasukkan ke dalam mulut untuk mengukur suhu dari tubuh manusia.
  4. Alat Cek Darah
    Tidak seperti tensimeter, alat ini mengukur seuatu darah secara keseluruhan mulai dari kadar gula dalam darah, Mengecek kadar Kolesterol dalam darah, serta untuk mengecek kadar asam urat dalam darah. Alat ini biasa digunakan untuk menentukan apakah seseorang mengidap penyakit asam urat, Diabetes, atau Kolesterol.
  5. X-Ray
    X-Ray adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahui kedaan dalam tubuh manusia menggunakan sinar-X sebagai metodenya. Sinar ini dapat menembus tubuh manusia dan memberi gambaran tentang organ dalam tubuh manusia. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk mendeteksi kecacatan dalam organ manusia.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0