Alat Kesehatan – Tulisan Terlengkap Mengenai Alat Kesehatan

Dari dulu bahasan mengenai kesehatan memang tak akan pernah ada habisnya. Dari waktu ke waktu selalu muncul penyakit-penyakit baru. Sebenarnya tingkah polah manusialah yang menyebabkan itu semua. Misalnya, mengapa zaman dulu tidak ada HIV/AIDS tapi sekarang menjadi malah menjadi penyakit mematikan?. Munculnya macam-macam penyakit yang menyerang manusia membuat para ahli semakin kreatif untuk menciptakan berbagai alat-alat kesehatan yang canggih. Inovasi lahir dari keadaan.

Banyak sekali jenis-jenis alat ke sehatan. Dalam kesempatan ini akan dijelaskan berbagai macam alat kesehatan yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Alat Kesehatan Tradisional

Jenisnya antara lain:
¤ Bekam
Bekam merupakan alat kesehatan yang sudah ada sejak zaman Nabi. Sampai sekarangpun masih digunakan dan terbukti manjur untuk mengobati penyakit. Bekam terbagi jadi dua yaitu bekam basah dan bekam kering. Cara penggunaanya adalah dengan menyedot darah yang kotor setelah sebelumya di kop dengan batok/alat bekam.

¤Akupuntur
Akupuntur adalah teknik mengobati penyakit dengan menggunakan jarum. Teknik ini berasal dari China. Akupuntur menggunakan titik-titik syaraf tertentu kemudian ditusuk jarum.
batu giok juga bisa digunakan untuk memperlancar darah,mengendorkan otot yang kaku,mengobati diabetes dan lain-lain.

¤Totok
Alat yang digunakan biasanya bambu yang lonjong. Fungsinya untuk memperlancar aliran darah.

¤ Pijat Refleksi
Pijat refleksi hampir sama dengan Akupuntur. Bedanya hanya alat yang digunakan. Pijat Refleksi hanya menggunakan tangan sebagai alat utama nya. Cara pijat refleksi yaitu dengan mencari saluran syaraf yang sakit, bukan pada titik yang sakit.

¤ Batu Giok
Alat utamanya sudah pasti batu Giok. Fungsinya hampir sama dengan Totok. batu giok juga bisa digunakan untuk memperlancar darah,mengendorkan otot yang kaku,mengobati diabetes dan lain-lain.

¤ Koin
Digunakan untuk kerokan bagi yang terkena masuk angin.

Alat Kesehatan Modern

¤ Stetoskop
Digunakan untuk mengecek detak jantung.selain itu juga bisa untuk mendengarkan denyut nadi.

¤ Tensimeter
Digunakakn untuk mengukur tekanan darah. pasien dengan penyakit hipertensi bisa diperiksa dengan alat ini.

¤ X-Ray / Ronsen
Digunakan untuk mendeteksi penyakit dalam dengan bantuan sinar X. Seperti patah tulang, paru-paru dan sebagainya.

¤ Endoscopy
Digunakan untuk memeriksa apakah ada kelainan pada anggota tubuh bagian atas dan daerah tenggorokan.

¤ Colonoscop

Fungsinya kebalikan dari Endoscopy yaitu memeriksa saluran pencernaan bagian bawah.
¤ CT-Scan
Berfungsi untuk mengambil gambar tubuh bagian dalam berupa foto. CT kepanjangan dari Computed Thermographi.hasil yang di dapat lebih jelas dan akurat.

¤ Laparoscopy
Digunakan untuk membersihkan darah yang kotor.

¤ Ultrasonography
Para ibu pasti hafal banget dengan alat yang satu ini Biasanya untuk mengecek perkembangan janin dalam rahim ibu. Dapat juga digunakan untuk mendeteksi penyakit miom, kanker, penyumbatan darah dan lain-lain.

¤ Elektrokardiografi
Digunakan untuk mendeteksi aliran-aliran listrik di dalam jantung. Untuk membaca hasilnya diperlukan alat yang dinamakan Elektrodiagram.
¤ Alat cek darah
Digunakan untuk mengecek kadar kolesterol,asam urat ,kadar gula dal lain-lain. 
¤ Thermometer
Digunakan untuk mengukur suhu badan seseorang. Thermometer memiliki dua jenis yaitu Digital dan raksa.
Itulah beberapa alat-alat kesehatan dan kegunaanya.

¤ Infus
Kata lain dari infus adalah Intravenous Fluid Drops (IVFD). Fungsi umum dari infus adalah untuk mengalirkan cairan ke tubuh seseorang yang mengidap enyakit tertentu. Cairan ini dialirkan melalui selang menuju pembuluh vena. Ada beberapa jenis cairan infus, di antaranya : Cairan Isotonik, Cairan Hipotonik, Cairan Hipertonik, Cairan Koloid dan Cairan Kristaloid. Pemberian jenis cairan tergantung dari jenis penyakit yang diderita pasien.
¤ Jarum Suntik
Fungsi utamanya untuk menyuntikan cairan/obat melalui jarum. Dalam bahasa inggris sering disebut spuit.Jarum suntik digunakan sekali pakai,untuk menghindari penyebaran atau penularan penyakit.
¤ Gips
Bagi yang pernah mengalami patah tulang, alat yang ini pasti tidak asing lagi. Yup, karena fungsinya adalah untuk menjaga tulang yang patah agar tidak bergeser selama masa penyembuhan.
Itulah beberapa alat-alat kesehatan dan kegunaanya. Sebenarnya masih banyak sekali alat-alat kesehatan yang lain. Tapi yang sering kita jumpai dan wajib tahu hanyalah itu. Bagi Anda yang pengin jadi dokter wajib hukumnya untuk mengenal semua alat tersebut.
Sumber gambar : http://bit.ly/11LJxOl

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0