Anak Emo : Informasi Terlengkap Anak Emo

Emo merupakan hal yang tidak asing lagi bagi para kaum remaja dan kaum anak muda di era sekarang ini. Mungkin banyak anak muda yang merasa dan mengakui bahwa dirinya masuk ke dalam kategori Anak Emo. Emo sendiri memiliki pengertian sebagai sesuatu yang bersifat emosional, segala sesuatu yang berhubungan dengan emosi, kebanyakan anak muda yang menganggap dirinya anak emo adalah para anak muda yang biasanya memiliki masalah internal atau konflik hidup di dalam dirinya. Dan kebanyakan dari mereka memang merupakan sebuah korban emosional dari sebuah keluarga atau hubungan asmara, sehingga mereka mulai melampiaskannya dengan mengikuti trend Emo. Tapi, tidak sedikit juga anak muda yang hanya sekedar ikut ikutan, sehingga mereka meniru style emo yang satu ini. Mungkin mereka beranggapan bahwa saat mereka terjun ke dalam trend Emo, mereka akan dianggap sebagai anak muda atau anak remaja yang gaul, karena banyak personil band terkenal juga telah menggunakan dan mempopulerkan gaya atau style emo ini saat bermain musik.

Namun sejarah awal Emo sendiri sebenarnya memang sangat dekat dengan perkembangan musik itu sendiri. Trend Emo ini diperkenalkan pertama kali oleh beberapa band beraliran Punk dan Skinhead pada pertengahan tahun 1980, seperti Melodica, DC Scene, dan lain lain. Lagu lagu yang di perkenalkan oleh band band tersebut pun, semuanya mengandung unsur unsur emosional seperti contohnya rasa kesal terhadap sebuah keluarga, patah hati saat menjalani hubungan asmara dengan seseorang, jatuh cinta, perasaan marah dan sebagainya. Kemudian di sekitar tahun 1990, trend Emo berada di puncak kejayaannya, dimana trend ini semakin populer karena banyak grup band beraliran Emo yang mempublikasikan karya karyanya ke masyarakat. Terakhir group band yang membangkitkan trend Emo ini di akhir tahun 90an adalah GreenDay, grup band pop rock asal Amerika yang cukup mencetak banyak lagu lagu hits dan menciptakan gaya Emo Gothic sehingga membuat trend ini disukai para remaja di seluruh dunia. Dan ini lah mengapa akhirnya istilah Emo semakin luas dikenal oleh masyarakat dunia khususnya para anak muda, yang akhirnya justru menjadi trend baik secara fashion dan budaya. Dan mungkin banyak anak muda yang merasa bahwa trend ini yang sangat membuat mereka nyaman, sehingga mereka memilih hidup di dalamya.

Bahkan di Indonesia pun, dapat banyak kita jumpai trend fashion Emo hampir di seluruh tempat dimana setidaknya ada banyak perkumpulan anak muda, dengan tata rambut yang panjang, menutupi setengah wajah. Para remaja laki laki nya menggunakan anting atau piercing di telinga, hidung, bahkan di bibir dan lidah. Mereka menggunakan celana jeans yang dirobek bagian tengahnya secara sengaja dan tak terkecuali juga terjadi pada kaum anak muda perempuannya. Tapi seiring perkembangan waktu, trend Emo sendiri berhasil membawa dampak kepada anak anak muda kaya raya yang akhirnya membuat Emo sendiri dipandang sebelah mata oleh “sang leluhur” dari Emo tersebut yaitu Skinhead dan Punk.

Karena trend gaya emo yang muncul sekarang hanyalah sebatas untuk terlihat keren dan gaul saja. Mereka (Para Punkers) beranggapan bahwa Emo bukan lah bagian dari Punk, karena menurut para Punkers tersebut, idealisme mereka tercipta pada pemikiran bahwa mereka adalah orang yang anti terhadap Mainstream dan mereka bermaksud untuk memberontak atas beberapa atau banyak hal yang mereka tidak sukai, tentunya ini sangat bertentangan dengan pemikiran anak Emo yang justru memuncak di era sekarang ini, yang bukan lagi mementingkan idealisme mereka sebagai Emo, melainkan hanya sebatas trend anak muda dan gaya saat ini.

Setiap orang memang memiliki idealisme nya masing masing, namun begitu tidak sedikit juga orang yang hanya mengikuti idealisme orang lain dan mencontohnya. Para Punkers dan Skinhead yang merupakan “leluhur” dari Emo ini merupakan salah satu contoh perilaku yang sangat idealis. Mereka menciptakan trend mereka sendiri dengan dasar pemikiran idealis mereka yaitu melawan arus yang ada di masyarakat pada saat itu. Bagaimanapun juga Punk, Skinhead, Emo merupakan sebuah budaya dan atribut yang telah muncul di masyarakat, selama ini bukan menjadi hal yang buruk untuk masyarakat, kita sebaiknya tidak perlu menghakimi setiap pribadi dan budaya yang mereka pilih.

Sumber gambar: http://fff.to/gqF