Anatomi Jantung > Artikel Terlengkap Tentang Anatomi Jantung

Jantung merupakan organ yang paling utama pada tubuh. Fungsi jantung adalah memompa darah melalui sistem pembuluh darah, yang disebut sistem peredaran darah dan membawa darah ke setiap bagian tubuh. Jantung dapat memompa lima sampai enam liter darah setiap menit, atau sekitar 2.000 galon per hari.

Pengenalan Pembuluh Darah.

Ada tiga jenis utama dari pembuluh darah, yaitu:

Arteri.
Arteri membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh jaringan tubuh bahkan dapat membawa darahmenuju organ-organ bagian dalam.

Kapiler.
Kapiler adalah bagian  terkecil. Pembuluh darah ini dapat menghubungkan arteri dan vena. Lapisan dindingnya yang tipis memungkinkan oksigen, nutrisi, karbon dioksida, lainnya untuk masuk ke dalam sel-sel organ kita.

Vena.
Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung. Jenis pembuluh darah ini lebih banyak mengangkut jenis karbon dan sejenisnya yang akan dibuang dan dikeluarkan dari tubuh. Jenis vena besar (superior vena cava) akan membawa darah dari tangan dan kepala menuju jantung, dan vena kecil (inferior vena cava) berfungsi untuk membawa darah dari bagian perut dan kaki menuju jantung.

Anatomi Jantung

Anatomi Jantung

Jantung terletak di bawah tulang rusuk, di sebelah kiri dada Anda (sternum), diantara paru-paru. Fungsi hati juga menjadi fungsi yang utama dalam memompa darah menuju arteri. Pembuluh darah utama yang terhubung ke jantung adalah aorta, superior vena cava, inferior vena cava, arteri paru-paru, vena paru (yang membawa darah yang kaya akan oksigen dari paru-paru ke jantung), dan arteri koroner (yang mengalirkan darah menuju otot jantung).

Di bagian dalam, jantung memiliki sekitar 4 organ. Hal ini dipisahkan menjadi dua sisi kiri dan kanan, oleh dinding otot yang disebut septum. Sisi kanan dan kiri jantung dibagi lagi menjadi dua bilik atas disebut atrium, yang menerima darah dari vena, dan dua bilik bawah yang disebut ventrikel, yang memompa darah ke dalam arteri.

Atrium dan ventrikel bekerja sama, berkontraksi dan relaksasi untuk memompa darah keluar dari jantung. Darah yang melewati ruang jantung,di proses melewati beberapa katup jantung di dalam hati, yaitu: katup mitral, katup trikuspid, katup aorta, pulmonal valve (atau disebut katup pulmonal).  Katup trikuspid dan mitral terletak antara atrium dan ventrikel. Katup aorta dan pulmonal terletak antara ventrikel dan pembuluh darah utama. Katup jantung bekerja melalui satu arah. Katup-katup ini dapat mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

Bagaimana Aliran Darah Melalui Hati?

- Sisi Kanan

Darah memasuki jantung melalui dua pembuluh darah besar, inferior vena cava dan superior vena cava, mengosongkan darah minim oksigen dari tubuh menuju atrium kanan. Ketika atrium berkontraksi, darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid terbuka. Ketika ventricle penuh, katup trikuspid akan menutup. Hal ini mencegah darah mengalir kembali ke atrium ketika ventricle berkontraksi. Ketika ventricle berkontraksi, darah meninggalkan jantung melalui katup pulmonal, ke arteri pulmonalis dan paru-paru.

- Sisi kiri

Mengosongkan vena yang kaya oksigen dari paru-paru ke atrium kiri. Ketika atrium berkontraksi, darah akan mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri melalui katup mitral terbuka. Ketika ventricle penuh, katup mitral menutup. Hal ini mencegah darah mengalir kembali ke atrium ketika ventricle berkontraksi. Ketika ventricle berkontraksi, darah meninggalkan jantung melalui katup aorta, ke aorta dan tubuh.

Bagaimana Aliran Darah Melalui Paru-paru ?

Perjalanan darah melalui katup pulmonal, memasuki paru-paru Anda, disebut sebagai sirkulasi paru-paru. Dari katup pulmonal, darah menuju ke arteri pulmonalis, pembuluh kapiler kecil di paru-paru. Di sinilah, oksigen dialirkan dari kantung udara kecil di paru-paru, melalui dinding kapiler, ke dalam darah. Pada saat yang sama, karbon dioksida dan sejenisnya dialirkan dari darah ke dalam kantung-kantung udara. Karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh ketika Anda menghembuskan napas. Kemudian darah akan kembali ke atrium kiri melalui vena pulmonalis.

Detak Jantung

Atrium dan ventrikel bekerja sama, bergantian berkontraksi dan relaksasi untuk membuat detak jantung dan memompa darah. Detak jantung Anda dipicu oleh impuls listrik yang mengalir pada jalur khusus melalui jantung Anda. Impuls dimulai dari segumpulan sel-sel kecil khusus yang disebut SA node (node ​​sinoatrial), yang terletak di atrium kanan.

Aktivitas listrik menyebar melalui dinding atrium. Sekelompok sel AV node (node ​​atrioventrikular) di pusat jantung antara atrium dan ventrikel, menjadi sebuah alat untuk memperlambat sinyal listrik sebelum memasuki ventrikel. Penundaan ini dapat memberikan waktu bagi atrium untuk berkontraksi sebelum kontraksi ventrikel.

Pada saat istirahat, jantung yang normal berdetak sekitar 50-99 kali per menit. Olahraga, emosi, demam, dan beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat, hingga mencapai lebih dari 100 denyut per menit.

Sumber gambar :  http://18ef0.easyurl.net/

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0