Anatomi – Kumpulan Informasi Terkait Anatomi

Kata anatomi berasal dari bahasa yunani yaitu, anatomia artinya adalah memotong. Menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI) kata anatomi memiliki arti sebagai berikut “ ilmu yang melukiskan letak dan hubungan bagian-bagian tubuh manusia, binatang, atau tumbuh-tumbuhan”.

Dibandingkan dengan anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) anak IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) lebih mengenal seluk beluk dari anatomi ini, karena memang pelajaran ini masuk kedalam pelajar khusunya biologi. Anatomi tidak hanya ada pada manusia, tetapi tumbuhan dan hewanpun juga masuk ke dalam kategorinya. Mari kita membahas ketiga hal ini.

Anatomi

Anatomi

1. Anatomi manusia, jika kita melihat dari kaca mata medis, maka kita dapat menemukan bentuk, ukuran, letak, serta hubungan struktur dari tubuh manusia biasa dikenal sebagai deskriptif dan topogfaris. Anatomi tubuh manusia dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya,

  1. Sistem Kerangka, manusia memiliki beberapa kerangka dalam tubuhnya, seperti kerangka tulang, kerangka bahu, dan sendi dibagian lutut.
  2. Sistem Otot, sistem otot yang berada di punggung memiliki dua jurai yaitu taju duri dan taju lintang.
  3. Sistem Peredaran Darah, yang dimaksud disini adalah jantung.
  4. Sistem Pernapasan, yang dimaksud disini adalah rongga dada
  5. Sistem Indera, (penglihatan, pendengar, kulit)
  6. Sistem Pencernaan, rongga mulut, geligi, dan lambung.
  7. Sistem Urinaria, ginjal serta kandung kemih.
  8. Sistem Reproduksi, reproduksi laki-laki dan reproduksi wanita
  9. Sistem Syaraf, otak dan syaraf belakang.
  10. Sistem Endokrin, kelenjar himofise, dan kelenjar tiroid.

2. Anatomi tumbuhan atau biasa disebut dengan fitoanatomi ini merupakan hasil dari analogi manusia and hewan. Anatomi pada tumbuhan terbagi menjadi 3 bagian yaitu,

- Organologi adalah dimana kita dapat mempelajari struktur serta fungsi organ berdasarkan penyusunannya, yang masuk kedalam organ tumbuhan ini adalah

  1. Akar disertai dengan epidermis, parenkim, endodermis, kayu, pembuluh dan kambium. Akar ini berfungsi membantu tanaman agar dapat berdiri kokoh diatas tanah. Di ujung akar terdapat lapisan seperti sebuah lendir untuk pertukaran haradengan organisme yang lain.
  2. Batang, epidermis, parenkim, endodermis, kayu, jaringan pembuluh, kambium. Jaringan yang ada pada batang dikotil maupun monokotil mampu mengalami proses lignifikasi sehingga membuat kayu menjadi sangat keras.
  3. Daun, epidermis, jaringan tiang, jaringan bunga karang, jaringan pembuluh. Daun terdiri dari pelepah, tangkai dan helai yang memiliki fungsi sebagai fotosintensis tumbuhan.

- Histologi

- Sitologi

3. Anatomi hewan, ada dua kelompok pada dunia hewan, yaitu invertebrata dan vertebrata.

Invertebrata adalah hewan tidak bertulang belakang, apa saja yang masuk ke dalam ketegori invertebrata? Protozoa hewan bersel satu, memiliki ukuran sangat kecil hidup di lingkungan luar, gua, dasar laut, Vermes adalah kelompok cacing yang tidak memiliki kaki dan rangka hidupnya pun di air tawar maupun di air laut, coelenterata merupakan hewan berongga dengan bentuk tubuh seperti tabung dimana seluruh tubuhnya dilapisi oleh oleh alat peraba, porifera rangka tubuhnya tersusun dari beberapa kerangka, hewan ini masuk ke dalam golongan hewan berpori, mollusca termasuk kedalam hewan lunak karena selain tubuhnya lunak hewan ini juga tidak memiliki tulang, echinodermata masuk kedalam kategori hewan dengan seluruh tubuhnya ditutupi oleh duri, arthropoda kelompok dengan berkaki ruas,

Vertebrata adalah hewan bertulang belakang, contohnya seperti

- ikan dengan ciri-ciri berdarah dingin, hidup di air tawar, bernafas dengan insang, memiliki jantung dan memiliki reproduksi generatif

- amfibi dengan hidup berdarah dingin, memiliki saluran pernapasan terletak pada paru-paru.

- reptil, berjalan dengan otot perut, bernafas dengan paru-paru, mampu berkembang biak dengan cara kawin serta memiliki 4 ruang pada jantungnya.

- burung, pada bagian tubuhnya terdapat banyak bulu, termasuk berdarah panas, selain itu juga ia berkembang biak dengan cara bertelur.

- Mamalia hewan mamalia ini memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya, kelebihan dari hewan ini adalah memiliki otak yang dapat berkembang dengan sempurna. Vertebrata memiliki sistem otot yang terdiri dari pasangan massa, serta sistem saraf pusat yang berada tepat di tulang belakang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi setiap kita yang membaca. Terima kasih salam

Sumber Gambar: kelompok3aplikom.wordpress.com