Aplikasi Internet – Artikel Terkait Aplikasi Internet

Internet sangat bergantung pada aplikasi yang kita gunakan. Apabila tidak ada aplikasi yang kita gunakan, menggunakan internet serasa seperti makan sayur tanpa garam. Tidak ada gunanya dan tidak ada rasanya. Kita sangat membutuhkan software yang akan kita gunakan sebagai pembantu dalam menjelajahi alam dunia maya. Software tersebut dinamakan dengan browser. Ada banyak sekali browser yang beredar, ditambah lagi dengan adanya media sosial yang beredar dan tengah booming. Seperti facebook dan twitter. Berikut ini aplikasi dan  browser yang sering kita nikmati maupun software media sosial yang sering kita pakai.

Internet Explorer, sebuah browser yang merupakan bawaan semenjak kita membeli komputer atau laptop baru. Pertama kali muncul, internet explorer terlihat pada tahun 1995. Apabila kita melihat dari tampilannya saat ini, Internet Explorer telah mengalami cukup banyak yang namanya perombakan. Tampilannya menyerupai kotak – kotak yang berbelok 90 derajat. Disinyalir, perombakan tampilan ini merupakan tampilan yang terinspirasi dari sistem operasi yang membawanya, yaitu Windows 8. Apabila kita lihat dari start Windows 8, bisa diperhatikan kemiripannya dengan tampilan Internet Explorer yang ada saat ini. Kita lihat dari performa, sepertinya Internet Explorer tidak mengalami cukup peningkatan. Bahkan lurus – lurus saja, tidak naik dan tidak turun. Sayangnya, ketika kita membuka tab baru, Internet Explorer terkesan seperti membuka jendela baru yang mana bisa menyebabkan penggunaan memori membengkak. Jika kita tidak menggunakan aplikasi yang berjalan di waktu yang sama ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi, jika sebaliknya. Tentu, ini akan menyebabkan kekesalan. Bukan tidak mungkin akan terjadi error semacam Not Responding. Saat ini Internet Explorer (IE) sudah mencapai versi 11.

Aplikasi Internet

Aplikasi Internet

Mozilla Firefox, browser ini terkesan stylish karena banyak tema yang tersedia di add-ons resminya. Browser ini sempat menjadi browser terbaik dan tercepat dalam tahun 2011. Tidak sadar memang, karena dibarengi rasa keingintahuan kita terhadap dunia internet ketika kita memakainya. Kita akan terkaget jika saat ini kita melihat ke task manager. Mozilla Firefox sangat berbeda dari versi terdahulunya yang sangat user friendly, saat ini browser ini bisa mencapai memori penggunaan maksimum sebesar 750MB. Setara dengan permainan berjenis HD sepperti Call of Duty ataupun juga Need for Speed series. Memori segitu kita dapatkan ketika browsing normal, ketika kita menonton video di youtube, mungkin akan mencapai 1000MB, tergantung berapa video yang kita tonton. Memori segitu kita dapat memang karena suatu browser memasang add-ons dan plugins untuk kelancaran kita dalam mengakses suatu situs. Kelebihan yang akan kita dapat ketika kita browsing firefox serasa berbeda jauh dengan IE. IE terasa lebih berat dibanding firefox. Firefox tetap menjadi satu ketika kita membuka satu atau lebih tab baru. Add-ons lebih mudah kita dapat.

Chrome, Chrome atau Google Chrome adalah browser buatan Google Inc. tampilan browser ini lebih enak untuk dilihat dibanding dua kompetitornya. Kesannya pun lebih elegan dan menawan. Untuk penggunaan memori tidak ada bedanya dengan kedua browser tersebut. Tetap saja menggunakan plugins sebagai pelengkap penjelajahannya. Tetapi, pada saat awal kita membukanya akan terdapat tema yang bisa kita ubah gambarnya. Tema bisa didapatkan di situs resminya. Apabila kita lihat dari cara menggunakan memorinya, chrome sangat persis dengan IE. Kita akan melihat sangat banyak tulisan Google Chrome ataupun Chrome yang muncul pada tab Processes. Maka dari itu, ketika kita membukanya maka laptop seketika akan lebih cepat panas karena prosesor dan RAM dipakai secara bersamaan oleh Chrome, begitu juga dengan program lainnya yang ada di komputer kita.

Opera, ketika melihat opera yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah browser di ponsel yang kita gunakan sehari – hari. Opera tidak hanya untuk ponsel saja. Untuk Opera yang terdapat di komputer, menyediakan fasilitas Opera Turbo yang dapat menigkatkan kecepatan internet. Memang hanya segelintir orang yang memakai browser ini. Meskipun sudah diaktifkan fitur opera turbo, tetap saja rasanya tidak seenak memakai browser seperti Chrome, Firefox, dan IE.

MoMo Web browser optimizer, ini merupakan tools untuk browsing. Fungsinya bukan untuk mempercepat koneksi internet, melainkan memperkecil memori penggunaan browser yang kita gunakan. Menurut para pengguna yang sudah mnecobanya, tools ini dapat memperkecil penggunaan memori usage browser hingga 80% atau 90%.

Instagram, aplikasi yang langsung tersambung ke internet yang berfungsi sebagai media visual secara online. Banyak yang menggunakan software atau layanan ini untuk mempublikasikan foto. Aplikasi ini sudah terkenal semenjak facebook dan twitter ada.

TweetDeck, sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Software ini bisa kita dapatkan secara gratis di situs resminya. Biasanya kita mendapatkan sebuah iklan ketika kita hendak mensign-out akun twitter kita.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0