Bprks Internet Banking – Tulisan Tentang Bprks Internet Banking

Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya (BPR KS) adalah nama dari salah satu bank di Indonesia yang melayani kebutuhan para pengusaha mikro. Bank ini sudah berdiri dari tahun 1990 dan semenjak saat itu melayani masyarakat umum, terutama mereka yang begelut dalam usaha kecil-menengah (UKM). Salah satu layanan yang diberikan kepada masyarakat adalah BPR KS Internet Banking.

Internet Banking adalah salah satu layanan dari BPR KS yang memungkinkan nasabahnya untuk melakukan transaksi finansial melalui Internet. Layanan ini disediakan dalam bentuk web yang bisa diakses dari mana saja. Asalkan nasabah yang bersangkutan mempunyai komputer yang bisa terhubung ke Internet. BPR KS Internet Banking bisa diakses dengan mengetikkan alamat ib.bprks.co.id melalui peramban web (web browser), seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Segera setelah mengetikkan alamat ib.bprks.co.id melalui peramban web dan menekan enter, maka nasabah akan disambut dengan halaman login. Untuk mengakses semua fitur internet banking, maka diperlukan USER ID dan PIN yang dapat diperoleh dengan mendaftar terlebih dahulu melalui ATM BPR KS. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai informasi yang berhubungan dengan internet banking, maka nasabah bisa datang langsung ke cabang BPR KS terdekat atau menghubungi nomor 022-4556600.

Setelah selesai mendaftar internet banking, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mendatangi kantor BPR KS, dimana nasabah membuka rekening. Tanyakan pada petugas disana dimana tempat untuk memperoleh token. Ada 2 jenis token yang bisa dipilih, yaitu hard token dan SMS token. Hard token adalah perangkat kecil yang bisa menghasilkan kode identifikasi yang diperlukan untuk beberapa transaksi melalui internet banking. SMS token berfungsi sama seperti hard token, hanya saja kode verifikasi dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon selular (ponsel) yang sudah didaftarkan sebelumnya. Token diperlukan untuk transaksi semacam transfer dana. Nasabah tidak memerlukan token untuk urusan sekedar login atau mengecek saldo melalui layanan internet banking.

Selain seperti yang sudah disebutkan, masih ada banyak hal lain yang bisa dilakukan melalui internet banking. Mulai melakukan pembayaran berbagai macam tagihan, seperti listrik dan telepon, pembelian berbagai item seperti pulsa atau sekedar mengecek status transaksi yang sudah terjadi sebelumnya. Pada dasarnya nasabah bisa mendapatkan segala fitur yang tersedia di ATM, tapi melalui komputer pribadi yang bisa terhubung ke Internet. Oleh karena itu beragam transaksi finansial bisa dilakukan darimana saja, termasuk dari rumah tanpa harus menuju ke ATM atau cabang BPR KS terdekat.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mulai menggunakan internet banking dari BPR KS:

  1. Sudah mempunyai rekening tabungan BPR KS yang dilengkapi dengan kartu ATM.
  2. Mempunyai alamat email.
  3. Mempunyai nomor seluler bila ingin menggunakan SMS token.
  4. Sudah mendaftar internet banking lewat ATM.

Setelah mendaftar lewat ATM, maka nasabah akan memperoleh USER ID dan PIN yang bisa digunakan untuk login. Aktifkan akun internet banking dengan login untuk pertama kalinya ke halaman ib.bprks.co.id. Setelah itu beberapa fitur yang tersedia di internet banking sudah bisa digunakan. Coba tes mengecek saldo rekening tabungan melalui internet banking. Demi kenyaman transaksi selanjutnya, kunjungi kantor BPR KS untuk memperoleh token agar semua fitur yang ada di internet banking bisa digunakan.

Token memberikan keamanan tambahan dari verifikasi standar menggunakan USER ID dan PIN. Meskipun demikian, faktor keamanan tetap harus diperhatikan oleh nasabah, ketika menggunakan layanan BPR KS Internet Banking. Pastikan komputer yang digunakan untuk transaksi adalah milik pribadi bukan komputer umum, seperti yang terdapat di perpustakaan atau warnet. Pastikan juga koneksi Internet yang digunakan adalah koneksi aman. Hindari bertransaksi melalui hotspot publik, seperti yang terdapat di bandara atau tempat umum lainnya.

Sama seperti transaksi yang dilakukan melalui ATM, nasabah akan memperoleh bukti transaksi dalam bentuk digital apabila menggunakan BPR KS Internet Banking. Bila mau, bukti ini bisa dicetak atau disimpan dalam bentuk berkas gambar ke komputer pribadi.

Sumber gambar bprks.co.id

Contoh dan Pengertian