Budaya Politik di Indonesia – Kumpulan Informasi Tentang Budaya Politik di Indonesia

Politik adalah wadah atau media untuk ikut atau mengambil peran dalam menjalankan suatu Negara. Politik sudah dikenal sangat begitu lama. Bahkan dari jaman sebelum manusia hidup menetap, dari zaman nomaden kita sudah melakukan kegiatan politik yang dimana ada pemimpin dari kelompok yang hanya hidup berpindah pindah. Dan dari kecil pun sebenar nya kita sudah menemui dan secara tidak lansung mempelajari ilmu politik didalam keluarga.

Karena saat bertumbuh dan berkembang dikeluarga kita mengjormati ayah dan ibu. Dan menjalankan status sebagai anak. Itu sama saja seperti memiliki status atau jabatan dan juga mnghormati atasan sebagai pimpinan. Setelah manusia hidup menetap dari situlah manusia mengerti dan mulai menetap kan sistem politik yang bersifat struktural. Ada kepala keluarga ada juga kepala suku ada wakil kepala suku ada penasehat ada tabib dan juga mulai ada pembagian kerja seperti orang yang bekerja di sector keamanan, maka iya harus menjaga kelompok dan kebanyakan yang mendapatkan peran itu adalah laki laki.

Budaya Politik di Indonesia

Budaya Politik di Indonesia

Setelah manusia mengenal pertanian dan menetap disuatu daerah maka berkembanglah mereka menjadi suatu koloni yang menetap di sebuah daearah disitulah semua bermula. Ada nya system perkampungan adanya system perairan atau irigasi dan juga politik. Zaman dahulu politik masih menjadi konsep kasar dan tidak serapih sekarang karena hanya ada satu penguasa dan itu pun masih bersifat raja lah yang memegang atas egala kendali. Pada masa ini banyak sekali penyimpangan karena dalam pemaparan nya yang terjadi bukan lah keteraturan dan kesejahtraan tetapi banyak rakyat jelata yang tertindas. Dan semua corak jejak rekam perkembangan poitik itu menjadi budaya yang dinamakan budaya politik.

Sebelum masuk kedalam pembahasan seputar pembudayaan politik, saya menjelaskan apa itu gambaran soal budauya politik. yang dimaksud dengan budaya politik adalah pola kelakuan masyarakat di kehidupan benegara dimana sistem penyelenggaraan administrasi negara,norma, dan kebiasaan – kebiasaan yang  dijalankan dan dihayati oleh seluruh anggota masyarakat biasa dalam sehari hari. Budaya politik itu pun dapat di artikan sebagai suatu konsep bersama – bersama  dalam  masyarakat yang memiliki  kesadaran untuk ikut andil dalam kebijakan keputusan serta juga penentuan kebijakan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya yang menjadi angota.

Ada tiga macam jenis Budaya politik apatis, budaya politik mobilisasi (didorong atau sengaja dimobilisasi) dan budaya politik partisipatif (aktif).

Berikut bagaimana budaya politik di indonesia :

Hirarki Ketat
Stratifikasi sosial di  kehidupan bermasyarakat ini tampak dari adanya perbedaan tegas antara penguasa  berbeda dengan rakyat kebanyakan yang dianggap sebagai rakyat jelata dan keduanya  terpisah melalui struktur hirarkis yang sangat ketat. Cara berpikir dan cara berperilaku dapat disesuaikan dengan jabatan atau dari masing masing kasta dan hal ini yang menyebabkan kesenjangan.  Para penguasa dapat melakukan segala sesuatu sesuai kehendaknya dia tanpa harus takut terkena ejekan, dan para rakyat harus tetap patuh serta setia kepada para penguasa. Dalam kehidupan politik, pengaruh stratifikasi  dan kelas sosial semacam itu antara lain tercemin dari cara penguasa memandang diri dan rakyatnya.
Kecendrungan Patronage
Pola hubungan Patronage  adalah corak budaya politik di Indonesia yang sangat khas. Suatu pola  atau hubungan ini bersifat individual. Dalam praktek kehidupan politik, tumbuhnya suatu budaya politik semacam ini dapat terlihat.  misalnya kalangan pelaku politik. Mereka lebih memilih untuk mencari dukungan dari atas daripada menggali dukungn basisnya.
Neo-patrimoniaalistik
kecendrungan dalam kehidupan politik Indonesia muncul gejala yang bersifat neo-patrimonisalistik yang mempunyai arti meskipun para petinggi politik memiliki atribut yang bersifat modern tetapi tetap saja karakter bangsa yang dilihat oleh seluruh dunia terlebih rakyat sendiri yang melihat bagaimana para elit politik di negeri ini berperilaku. Tapi dalam praktek nya politik di Indonesia melenceng dari ajaran para pendiri bangsa sebelumnya yang dimana mereka membuat konsep demokrasi yang sangat adil dan politik yang bersih, sekarang image politik sudah tercoreng karena adanya KKN yang sangat mendarah daging di struktur politik indonesia.
Sumber gambar : menarailmuku.blogspot.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0