Buku BSE : Kumpulan Tulisan Terlengkap Mengenai Buku BSE

BSE adalah buku sekolah elektronik , jadi buku ini dapat kita peroleh dari internet. BSE ini merupakan program departemen dinas pendidikan sejak tahun 2008. Programnya sendiri meliputi membeli hak cipta dari penerbit/pengarang asli buku tersebut , lalu buku itu diupload ke website departemen pendidikan sehingga masyarakat luas dapat mendownloadnya.

Adapun buku BSE ini yaitu buku teks pelajaran siswa SD , SMP , SMA , SMK. Dana bantuan operasional sekolah atau lebih dikenal dengan istilah BOS ini salah satunya untuk pengadaan buku teks sekolah siswa. Dana BOS tersebut digunakan untuk memperbanyak buku BSE ini dan dibagikan/dipinjamkan kepada siswa di sekolah tersebut. Kalau siswa disuruh membeli buku sendiri hal tersebut akan memberatkan siswa yang tidak mampu , anak yang berasal dari keluarga menengah ke atas mungkin tidak akan terlalu berimbas akibatnya. Hal ini yang sebenarnya harus pemerintah perhatikan bahkan masalah buku pelajaran saja dapat meningkatkan kesenjangan sosial yang sejak dini sudah dirasakan siswa. BSE ini mencakup hampir seluruh buku teks pelajaran siswa , seperti buku Agama , Biologi , Matematika , Fisika , Kimia , Bahasa Indonesia , Bahasa Inggris , IPA , IPS ,Keseinian dan lain sebagainya.

Buku BSE

Buku BSE

Awalnya BSE ini muncul karena pemerintah melihat harga buku siswa yang dirasa terlalu mahal , oleh sebab itu pemerintah mulai mencanangkan BSE yang disebut juga program buku murah. Jika anda melihat langsung ke sekolah terkadang hanya sebagian siswa yang mempunyai buku teks pelajaran oleh karena itu BSE hadir untuk menjamin ketersedian buku teks pelajaran bagi seluruh siswa. Buku ini sangat penting bagi proses belajar-mengajar kalau tidak ada buku mutu pendidikan kita lama kelamaan akan menurun karena buku ini ibarat pegangan seorang guru dan murid. BSE ini juga dapat meningkatkan minat membaca siswa dan juga dapat membantu anak yang putus sekolah sehingga dapat belajar lagi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Mungkin anda sempat bertanya , bagaimana caranya mendapat buku BSE ini ? Caranya yaitu anda tinggal mengunjungi website http://bse.kemdikbud.go.id/ disana terdapat banyak buku teks pelajaran dari SD sampai SMK. Untuk anda yang sangat bersahabat dengan internet mungkin mendownload termasuk hal yang mudah tetapi untuk anda yang awam akan dunia internet hal ini akan sedikit menyulitkan. Semakin banyak masyarakat  yang tahu bagaimana caranya mendapatkan buku BSE , dapat semakin membantu program pemerintah memberantas kemiskinandan kebodohan. Siswa adalah gambaran bagaimana masyarkat Indonesia berpuluh-puluh tahun lagi karena siswa adalah penerus generasi selanjutnya. Mutu pendidikan yang bagus dapat membuat para generasi penerus ini menjadi generasi penerus yang dapat memimpin Indonesia menjadi Negara yang jauh lebih maju dari sekarang.

Berikut ini merupakan kelebihan dari buku BSE :

• Siswa mendapatkan buku dengan murah atau bisa dikatakan gratis.

• Pemerintah dan pihak sekolah bekerja sama untuk pengadaan buku ini.

• Pemerintah yang membeli hak cipta buku ini sehingga siswa bebas untuk menjiplak ataupun menfotocopy buku BSE ini.

• Siswa tidak lagi susah payah mencari , membeli atau meminjam buku sehingga proses belajar-mengajar dapat berjalan lancar.

• Dapat memberantas kebodohan karena dengan membaca siswa dapat lebih memahami pelajaran. Selain ada kelebihan buku

BSE ini juga ada kekurangannya yaitu :

• Materi dalam buku kurang begitu lengkap

• Kebanyakan masyarakat belum begitu mengerti cara mendownload buku ini.

• Pengadaan buku belum terlalu banyak

• Kurangnya sosialisasi tentang buku BSE ini.

• Tidak semua siswa punya BSE karena kurangnya ketersediaan buku ini , pihak sekolah hanya mengadakan sedikit buku.

Dari semua kekurangan tersebut sebaiknya pemerintah dan pihak sekolah segera memperbaikinya. Hal yang penting disini adalah sosialisasi , terkadang pihak sekolah tidak memakai buku BSE. Mungkin ini dikarenakan materi dalam BSE tidak begitu lengkap. Kalau materi tidak lengkap , hal ini bisa menyulitkan proses belajar-mengajar. Sebaiknya program yang dapat meningkatkan mutu pendidikan ini diperbanyak sehingga semua golongan masyarakat dapat merasakan bagaimana rasanya mendapat pendidikan yang bermutu ?. Disini tidak hanya pemerintah yang bertanggung jawab , guru , pihak sekolah , siswa dan masyarakat juga dapat membantu agar semua program pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0