Buku Online – Artikel Menarik Buku Online

Buku Online atau lebih dikenal dengan sebutan buku eletronik (e-book) merupakan versi digital dari sebuah buku. Sebenarnya sama saja dengan buku yang dijual di pasaran, juga dilengkapi dengan teks dan gambar. Hal yang membedakannya disini yaitu dapat dibaca melalui PC, Tablet maupun smartphone. Ebook juga dapat membantu menekan pemotongan hutan semakin lama semakin banyak. Kertas dibuat dari Pohon-pohon berkembang di banyak hutan dunia. Hutan juga dianggap sebagai Jantung dunia. Semakin banyaknya produksi maka akan semakin banyak pohon yang ditebang, padahal butuh waktu puluhan tahun bagi pohon ini untuk tumbuh.

Program pemerintah menanam sejuta pohon juga dapat mengatasi masalah ini. Semakin mudahnya untuk membaca diharapkan dapat meningkatkan minat membaca, terutama untuk anak muda. Remaja biasanya lebih menyukai menonton daripada membaca.

Buku Online

Buku Online

Ebook dapat menjadi suatu inovasi dalam menyelamatkan hutan karena anda tidak memerlukan kertas lagi.Adapun beberapa keunggulannya yaitu :

• Dapat menghemat ruang anda menyimpan.
• Dapat mengurangi penebangan pohon liar karena tidak memakai kertas melainkan di produksi secara digital.
• Tidak memerlukan perawatan khusus.
• Mudah dalam mencari atau halaman yang dikehendaki karena menggunakan fitur pencarian.
• Dapat digunakan di berbagai format yang populer.
• Harganya jauh lebih murah daripada di toko sebenarnya.

Selain berbagai keunggulan yang ditawarkan ebook tadi terdapat pula kelemahannya.Kelemahannya yaitu :

• Tidak terlalu dimengerti masyarakat awam,terutama masyarakat kita.
• Pasarnya terbilang langka di Indonesia,jika ingin dapat dibeli di amazon namun disana memakai bahasa inggris.
• Tidak baik untuk kesehatan mata jika membacanya terlalu lama.
• Dapat mematikan perpustakan yang sebenarnya dan hal yang serupa.

Berbagai macam software diluncurkan demi memuaskan pengguna,semakin hari semakin bertambah. Software untuk membacanya yaitu adobe acrobat, microsoft word, pdf, jpg,doclit, html dan lain sebagainya. Amazon sendiri telah mengeluarkan tabletnya sendiri yaitu kindle. Kindle ini digunakan untuk membaca ebook. Kindle sangat memudahkan penggunanya untuk membaca.

Ebook dapat dicari melalui berbagai sumber baik yang berbayar maupun yang gratis. Ada juga ebook legal dan ilegal.Di Indonesia sendiri ebook legal dapat diperoleh dari departemen pendidikan nasional namun hanya ada BSE (buku sekolah elektronik).Selain itu jika ingin mencari buku ilmiah bisa dilihat di e-lipi.E-Lipi merupakan bagian dari Buku-e ,dikelola untuk mensaranai pembaca e-book agar lebih mudah mencari ebook dengan lisensi terbuka.Buku-e ini diprakarsai oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.Tidak hanya ada e-lipi namun miror BSE juga terdapat disini.

Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun banyak program yang mendukung buku elektronik ini. Adapun program untuk mendukung ebook di berbagai negara yaitu :
• Project Guttenberg
Project ini merupakan project tertua dan terbesar, saat ini ada sekitar 25000 ebook.

• arXIV
arXIV merupakan referensi elektronik dalam bidang fisika, kimia, biologi dan lainnya yang terdapat di universitas cornell.Saat ini terdapat ratusan ribu referensi ilmiah di arXIV. arXIV menyediakan akses terbuka (umum) bagi setiap orang , siapun masyarakat ingin mengaksesnya dapat langsung mengujungi arXIV. Biasanya para ilmuwan memberikan akses gratis terlebih dahulu karyanya ke arXIV sebelum diterbitkan secara jurnal dengan ebook berbayar.

• The Milion Book Project
The Milion Book Project merupakan proyek sejuta buku yang dicanangkan oleh Universal Library. Universal Library merupakan perpustakaan digital.Proyek ini juga turut disukseskan oleh beberapa universitas dan perpustakaan di dunia.Proyek ini juga menyediakan ebook dalam 16 bahasa sejak koleksi ebook pertama kalinya pada abad ke 16.

Semakin berkembangnya jaman maka semakin maju juga teknologi yang ada.Teknologi ini mampu membuat masyarakat melakukan sesuatu dengan mudah, termasuk juga dalam membaca buku.Ebook ini juga berdampak pada toko buku asli. Seperti dikabarkan beberapa tahun belakangan, di amerika serikat banyak toko buku terpaksa gulung tikar. Dampak ini cukup besar,dalam beberapa puluh tahun ke depan bisa saja hampir seluruh toko buku dunia gulung tikar.Kita tidak pernah tahu bagaimana jadinya, ini semua pilihan anda.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0