Cabang Ilmu Biologi – Informasi Terlengkap Tentang Cabang Ilmu Biologi

Istilah biologi diambil dari kata Yunani “bios” yang berarti kehidupan dan “logos” Studi makna. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai organisme hidup. Sebuah organisme hidup bisa menjadi bakteri bersel satu atau beberapa organisme bersel seperti binatang atau tanaman. Ilmu biologi diklasifikasikan menjadi berbagai cabang, tergantung pada organisme yang akan dipelajari, dan merupakan bidang yang luas.

Zoology

Ini adalah cabang dari biologi yang mempelajari hewan. Istilah zoologi berasal dari istilah Yunani “Zoon” yang berarti hewan dan “logos” Studi makna. Zoologi dibagi menjadi Terapan Zoologi, studi tentang produksi dan non produksi hewan, Zoologi sistematis, berhubungan dengan evolusi dan taksonomi atau ilmu penamaan makhluk hidup dan organisme Zoologi, studi hewan di biosfer kita. Terapan Zoologi dibagi lagi menjadi, Budidaya Perikanan, yang melibatkan produksi dan pemeliharaan hewan air tawar dan air laut dan tanaman, Piggery, yang meliputi studi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan babi, Terapan Entomologi, yang meliputi manipulasi serangga untuk kepentingan manusia, Vermiculture, yang adalah berkembang biak dari cacing tanah yang liang, untuk produksi pupuk alami, Ilmu Unggas, penelitian burung domestik seperti angsa, kalkun dan ayam, Parasitologi, berurusan dengan studi parasit, Biologi Radiasi, yang menggunakan sinar gamma, X- ray, elektron dan proton untuk kesejahteraan manusia, Bioteknologi, yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa untuk pengolahan bahan oleh faktor biologis, Terapan Embriologi, yang mencakup budaya tabung (kultur embrio) untuk meningkatkan produktivitas dari ternak, Kultur Jaringan, melibatkan budaya jaringan tanaman dan sel-sel dalam suatu lingkungan, Dairy Science buatan, yang berkaitan dengan produk-produk terkait susu atau susu, Pestisida Teknologi, yang merupakan studi pestisida dan menggunakan mereka, Nematology yang berkaitan dengan studi cacing gelang organisme dan kontrol mereka, Ornitologi, yang merupakan studi burung, Herpetologi, studi reptil, Iktiologi, yang merupakan studi tentang ikan dan Mammology, yang meliputi studi tentang mamalia.

Ilmu serangga

Salah satu kantor cabang pembantu adalah entomologi, yang secara eksklusif didasarkan pada serangga. Ia berkonsentrasi pada mempelajari taksonomi, fitur, adaptasi, peran dan perilaku serangga.

Etologi

Sesungguhnya berbicara, etologi datang di bawah zoologi dan berhubungan dengan adaptasi perilaku hewan, khususnya di tempat tinggal alami atau aslinya.

Anatomi

Berlaku untuk anatomi tumbuhan dan anatomi hewan, melibatkan mempelajari struktur rinci, organ internal dan fungsi masing-masing organisme.

Fisiologi

Fisiologi didefinisikan sebagai studi tentang berbagai fungsi dan proses organisme hidup. Fisiologi dibagi lagi menjadi Fisiologi Evolusioner, yang merupakan studi evolusi fisiologis, Fisiologi Sel – studi tentang mekanisme sel dan interaksi, Pembangunan Fisiologi, yang melibatkan studi tentang proses fisiologis dalam kaitannya dengan evolusi embrio, Fisiologi Lingkungan, yang berkaitan dengan Studi respon tanaman untuk agen seperti suhu, radiasi dan api dan Fisiologi Perbandingan, kira-kira dijelaskan sebagai studi hewan kecuali manusia.

Genetika

Hal ini dianggap sebagai bidang menarik studi dan merupakan cabang dari biologi. Genetika adalah studi tentang gen. Istilah ini berasal dari kata Yunani “genetikos” yang berarti “asal”. Ini cabang studi biologi tentang aspek keturunan dari semua organisme hidup. Studi tentang pewarisan sifat-sifat dari orang tua telah dimulai pada pertengahan abad kesembilan belas dan dipelopori oleh seorang ahli biologi terkenal Gregor Mendel. The ilmu genetika modern didasarkan pada dasar yang ditetapkan oleh ahli biologi ini.

Botani

Studi tentang kehidupan tanaman atau phytology dikenal sebagai botani. Salah satu yang paling menonjol di antara berbagai cabang biologi, botani adalah subjek yang luas dan studi kehidupan dan perkembangan jamur, ganggang dan tanaman. Botani juga probe ke dalam struktur, pertumbuhan, penyakit, sifat kimia dan fisik, metabolisme dan evolusi spesies tanaman. Botany menyiratkan pentingnya mempelajari kehidupan tanaman di bumi karena mereka menghasilkan makanan, serat, obat-obatan, bahan bakar dan oksigen.

Ekologi

Ekologi adalah cabang dari biologi yang mempelajari interaksi dari berbagai organisme dengan satu sama lain, dan kimia dan lingkungan fisik. Ini cabang studi biologi masalah lingkungan seperti polusi dan bagaimana hal itu mempengaruhi siklus eko. Istilah ekologi berasal dari istilah Yunani “oikos” yang berarti “rumah tangga” dan “logos” yang berarti “studi”. Seorang ahli biologi Jerman, Ernst Haeckel, menciptakan ekologi istilah pada tahun 1866.

Cabang Ilmu Biologi

Cabang Ilmu Biologi

Cryobiology

Ini berkaitan dengan pengaruh suhu sangat rendah dalam sel hidup dan organisme secara keseluruhan.

Biokimia

Ini cabang studi biologi proses kimia dalam semua organisme hidup. Biokimia adalah cabang ilmu yang mempelajari fungsi dari komponen seluler seperti asam nukleat, lipid, protein dan berbagai bio-molekul.

Sitologi dan Biologi Molekuler

Dalam studi mendalam tentang sel bersama dengan struktur, fungsi, bagian dan kelainan semua belajar di bawah biologi sel atau sitologi. Demikian juga, studi organisme pada tingkat molekuler disebut biologi molekuler.

Biologi Laut

Biologi kelautan mempelajari ekosistem lautan, hewan laut dan tanaman. Ada sebagian besar kehidupan laut yang masih belum tereksplorasi. Anda benar dapat mengatakan bahwa biologi kelautan merupakan cabang dari oseanografi, yang, sekali lagi, sebuah cabang dari biologi.

Biofisika

Biofisika melibatkan studi tentang hubungan antara organisme atau sel-sel hidup dan energi listrik atau mekanik. Biofisika dibagi lagi menjadi sebagai berikut sub-cabang: Biofisika Molekuler, yang mendefinisikan fungsi biologis dalam kaitannya dengan perilaku dinamis dan struktur molekul berbagai sistem kehidupan seperti virus, Bio mekanik adalah studi tentang kekuatan diterapkan oleh otot-otot dan gravitasi pada tulang, Bio listrik – studi arus listrik yang mengalir melalui otot dan saraf dan tegangan statis sel biologis, Biofisika Seluler, yang menggabungkan studi tentang fungsi membran dan struktur, dan eksitasi seluler dan Quantum Biofisika, yang meliputi studi tentang perilaku materi hidup pada molekul dan tingkat molekuler sub.

Aquatic Biologi

Ini melibatkan studi tentang kehidupan dalam air, seperti studi berbagai spesies hewan, tanaman dan mikro-organisme. Ini mencakup studi tentang air tawar dan organisme air laut. Kadang-kadang, biologi akuatik juga disebut sebagai limnologi.

Biologi sebagai ilmu memberi kita kesempatan untuk melakukan pengamatan, mengevaluasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan tanaman dan hewan. Jika Anda tertarik dalam biologi, mengejar karir di setiap cabang biologi dapat sangat bermanfaat.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0