Cara Cepat Kaya : Kumpulan Catatan Terkait Cara Cepat Kaya

Siapa yang tidak ingin cepat kaya? Semua orang pasti memiliki keinginan untuk bisa kaya dengan cara cepat dan atau malah instan. Namun segala sesuatu yang diraih dengan susah payah dan penuh usaha cenderung bertahan lebih lama. Saat ini akan dibahas beberapa tips cepat kaya dari seseorang yang pernah tercatat sebagai orang paling kaya di dunia tahun 2008 menurut Forbes dan orang paling kaya ketiga di dunia tahun 2011. Orang tersebut adalah Warren Edward Buffett, pria kelahiran 30 Agustus 1930. Ia dianggap sebagai salah satu investor tersukses di dunia dan mendonasikan 99 persen dari kekayaannya secara rutin untuk beberapa badan amal namun kehidupannya selalu berkecukupan.

Berikut 6 Tips Cepat Kaya ala Warren Buffet :

1. Investasikan Kembali Keuntungan Anda

Jangan habiskan seluruh keuntungan bisnis anda tetapi investasikanlah kembali. Warren Buffet muda bersama temannya pada masa SMU membeli sebuah mesin pinball lalu disewakan di sebuah tempat pangkas rambut. Perlahan tapi pasti, dengan profit yang didapat dari mesin pinball, mereka membeli lagi mesin pinball berikutnya hingga mereka akhirnya mempunyai delapan unit mesin pinball yang dititipkan di beberapa salon berbeda. Ketika rekannya memutuskan untuk menjual usaha tersebut , Warren memakai hasil dari penjualan itu untuk investasi di saham dan memulai bisnis lain. Selalu sisihkan keuntungan anda meskipun sedikit karena uang kecil dapat menjadi jumlah yang besar.

Di usia 26 tahun (1956), Warren sudah berhasil menyisihkan dana hingga sebesar US$ 174.000. Jumlah uang yang cukup besar pada zaman itu.

2. Batasi Hutang Anda

Kartu kredit adalah pedang bermata dua. Jika Anda tidak berhati-hati menggunakannya maka Anda akan celaka. Anda juga tidak akan menjadi cepat kaya dengan mengandalkan pinjaman. Warren Buffet hanya meminjam uang untuk berinvestasi dan itupun dalam jumlah terbatas. Hindari meminjam lebih daripada apa yang Anda sanggup bayar dan ketika Anda bebas hutang, mulailah menabung untuk mulai berinvestasi pada hal yang Anda anggap tepat.

3. Mengenali Resiko

Suatu ketika di tahun 1995, atasan Howie, salah satu putra Warren Buffett, dituduh FBI melakukan price fixing atau kecurangan penetapan harga. Berdasarkan nasihat ayahnya, Howie disarankan untuk memikirkan apa saja skenario terbaik dan terburuk yang akan terjadi jika dia tetap ada di perusahaan atasannya itu. Ketika Howie menyadari bahwa resiko berada di perusahaan tersebut lebih banyak dibanding keuntungannya,  Howie memutuskan untuk berhenti pada keesokan harinya.

Kenali resiko yang sedang berada di depan Anda dan selalu pikirkan langkah kedua dan ketiga dalam rencana Anda. Ini dapat menolong Anda bukan hanya untuk menjadi cepat kaya namun juga membuat keputusan tepat ketika berada dalam sebuah masalah.

4. Jangan Ikuti Arus

Warren Buffet pada usia ke 26 sudah dijuluki sebagai seorang eksentrik. Dia mengelola dana sebesar US$ 100.000 dari beberapa penanam modal dan merahasiakan di mana ia menanamkan uang mereka, bahkan dari orang tuanya sendiri. Warren muda bekerja di Omaha, bukan di Wall Street, dan banyak orang menilai bahwa ia akan gagal. Namun ketika 14 tahun kemudian Warren menutup kerjasamanya dengan para investor, uang sebesar US$ 100.000 sudah bernilai lebih dari US$ 100.000.000.

Mengapa Warren merahasiakan investasinya? Itu karena Warren mencari investasi bernilai rendah namun mampu mengalahkan pasar rata-rata setiap tahunnya. Warren tidak mengambil keputusan hanya berdasarkan perkataan atau perbuatan kebanyakan orang. Dia memilih untuk menilai diri sendiri bukan menggunakan standar orang lain namun dengan standar diri sendiri. Ketahui kemampuan Anda sendiri dan jadilah di atas rata-rata dan buat trend Anda sendiri.

5. Bergerak Cepat

Pelajari semua informasi yang Anda perlu sebelum memutuskan sesuatu lalu cepatlah buat keputusan. Warren Buffet dikenal sebagai seseorang yang cepat dalam bertindak dan cepat  mengambil keputusan. Hanya duduk dan berpikir lama itu seperti sedang “mengisap jempol. Tidak menghasilkan apa-apa atau membuat Anda cepat kaya. Jika ingin mendapatkan sebuah jawaban dari Warren Buffet atas sebuah penawaran, beliau memberi saran “Kecuali mereka membawakan saya sebuah harga, saya tidak akan berbicara.”

6. Sebelum Anda Bekerja, Ketahui dan Pahamilah Nilai Kesepakatan Anda
Ketika kecil, Warren kecil mendapatkan tugas untuk membersihkan salju dari kakeknya sesudah terjadi badai salju. Maka Warren dan temannya menggali salju yang menutupi toko keluarganya. Setelah bekerja 5 jam, Warren dan temannya hanya diberi upah 90 sen untuk mereka berdua. Itu berarti masing-masing dari mereka hanya mendapat 45 sen saja. Pada saat itu Warren menyesal karena dia hanya mendapatkan upah sedikit untuk pekerjaan yang sedemikian melelahkannya.

Pastikan nilai sebuah kesepakatan sebelum Anda melakukan suatu pekerjaan entah itu dengan kerabat ataupun rekan anda.

source gambar: valuebull.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0