Cara Kerja Internet | Cara dan Metode Kerja Internet

Artikel ini membahas mengenai Cara Kerja Internet  dan Metodenya. Internet (dengan huruf besar I) adalah jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global. Jaringan ini merupakan gabungan beberapa jaringan yang terdiri dari jutaan perangkat, baik itu milik pemerintah, swasta atau milik masyarakat umum. Ada beragam layanan yang ditawarkan di Internet. Layanan paling populer adalah World Wide Web (WWW) yang menyediakan informasi dalam bentuk dokumen yang dirujuk dengan hipertaut (hypelinks).

Cara Kerja Internet

Untuk memahami cara kerja Internet, maka anda secara garis besar bisa membagi jaringan ini menjadi 2 komponen: Komponen yang pertama adalah perangkat keras. Perangkat yang masuk dalam kategori ini termasuk kabel yang menjadi media untuk mengantarkan begitu banyak informasi setiap detiknya hingga sampai ke komputer yang digunakan oleh manusia. Perangkat keras lainnya yang membentuk Internet diantaranya adalah perute (routers), server, satelit dll. Semua perangkat ini membentuk jaringan yang selanjutnya dihubungkan dengan jaringan lain, sehingga terbentuk apa yang disebut dengan Internet.

Beberapa perangkat ada yang bekerja sebagai tulang punggung yang sangat vital agar Internet dapat terus berjalan dengan baik. Sementara perangkat yang lain berada pada sisi pengguna yang menjadi pintu masuk mereka menuju ke Internet dan mendukung Cara Kerja Internet . Perangkat ini tidak harus berupa komputer. Pengguna dapat mengakses Internet melalui perangkat komputasi lainnya, mungkin yang paling populer adalah smartphone. Perangkat semacam ini disebut dengan istilah klien yang digunakan untuk mengakses layanan di Internet yang datanya disimpan di server.

Semua perangkat keras yang sudah disebutkan hanyalah 1 komponen umum. Komponen kedua adalah protokol. Begitu beragamnya jenis perangkat keras yang ada di Internet dan Cara Kerja Internet, membuat mereka harus mengikuti sekumpulan aturan agar dapat terhubung. Sulit untuk berkomunikasi dengan orang Belanda, apabila anda berbicara dengannya menggunakan bahasa Jawa. Oleh karena itu anda dan si Belanda terlebih dahulu harus sepakat dengan bahasa yang digunakan agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Biasanya yang dipilih adalah bahasa Inggris. Begitu juga dengan perangkat keras, mereka harus sepakat terlebih dahulu mengenai bagaimana mereka berkomunikasi. Protokol ibarat bahasa bagi perangkat keras untuk berkomunikasi dalam Internet.

Meskipun detilnya disembunyikan, namun sebenarnya Cara Kerja Internet  ketika terhubung ke Internet, misalnya ketika mengakses suatu situs, anda sebenarnya sedang melihat bagaimana protokol digunakan. Bila diperhatikan, ketika anda mengetik google.com di peramban web (web browser) untuk mencari informasi tertentu, maka peramban tersebut secara otomatis menambahkan http:// didepan alamat situs yang diketikkan. HyperText Transfer Protocol (HTTP) hanyalah salah satu protokol yang membuat Internet dapat bekerja. 2 protokol terpenting adalah adalah Transmission Control Protocol dan Internet Protocol yang lebih sering disingkat sebagai TCP/IP.

Fungsi paling dasar yang disediakan oleh protokol adalah untuk mengatur bagaimana data disampaikan dan Cara Kerja Internet. Tanpa pengaturan ini, anda tidak bisa mempunyai koneksi langsung dengan komputer lain yang ada di Internet, baik itu untuk mencari sesuatu melalui mesin pencari semacam Google atau mengobrol dengan teman melalui aplikasi instant messaging seperti WhatsApp yang sudah terinstal di ponsel.

Cara Kerja Internet

Ada banyak manusia di dunia dan untuk membedakannya satu sama lain, kita menggunakan nama. Begitu juga dengan beragam perangkat yang terhubung ke Internet. Harus ada suatu cara yang digunakan untuk membedakan mereka. Anda mungkin pernah mendengar istilah alamat IP. Itu adalah nomor yang diberikan kepada suatu perangkat yang digunakan sebagai pengenal ketika terhubung ke Internet. Jenis alamat IP yang paling sering digunakan saat ini adalah IPv4 yang pada dasarnya 12 digit nomor yang dipisahkan dengan tanda titik. Sayangnya manusia lebih sulit untuk menghafal nomor, ketimbang untuk menghafal nama. Oleh karena itu seringkali nomor tersebut dihubungkan dengan nama. Fungsi ini dilakukan oleh Domain Name Server (DNS). DNS bekerja kurang-lebih seperti phonebook di ponsel. Setiap ponsel mempunyai nomor, tapi manusia bisa kesulitan menghafal nomor kalau temannya ada banyak. Oleh karena itu nomor teman mereka dihubungkan dengan namanya masing-masing dan disimpan dalam phonebook. Apabila ingin menelpon seorang teman, maka cukup cari namanya di phonebook dan ponsel secara otomatis akan menghubungi nomornya. Begitu juga dengan DNS. Ketika anda mengetikkan google.com, maka “nama” tersebut diubah menjadi alamat IP yang digunakan oleh server Google.

Ada banyak hal lain di Internet dari sekedar yang disebutkan, namun setidaknya artikel ini bisa memberikan gambaran umum mengenai cara kerja Internet.

Sumber gambar bit.ly/15Y0AQr dengan lisensi Creative Commons Attribution 2.0 Generic

Kata kunci:

Contoh dan Pengertian