Cara Membuat Nugget : Kumpulan Informasi Menarik Cara Membuat Nugget

Nugget mungkin dapat kita jumpai di seluruh pasar swalayan yang ada di Indonesia. Begitu banyak pabrik pabrik pembuat makanan instan ini dan menjual nya di pasaran dengan harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau. Mereka memasarkan produknya dengan berbagai aneka bentuk dan rasa. Inovasi inovasi yang mereka lakukan terhadap produk nugget mereka tentunya cukup menguntungkan untuk kita sebagai para konsumen. Namun sebenarnya ada cara membuat nugget ala masakan rumah (homemade) dan tentunya akan jauh lebih murah untuk kita membuat nugget sendiri. Caranya tidak sulit, hanya butuh sedikit kesabaran dan pengetahuan untuk membuat nugget yang lezat dan praktis. Ada banyak rekomendasi cara untuk membuat nugget rumahan, namun saya akan memberikan tips dan trik membuat nugget ayam (chicken nugget) yang sehat dan tentunya juga nikmat untuk di hidangkan bersama keluarga.

Pertama tama kita harus menyiapkan beberapa bahan utama untuk membuat chicken nugget terlebih dahulu. Siapkan dagin ayam filet (tanpa tulang) 1/2 kilo, telur 2 buah, tepung roti , roti tawar 4 lembar, susu cair putih 250 ml, keju, wortel. Dan siapkan juga tentunya bumbu bumbu yang umum kita gunakan untuk masakan sehari hari, yaitu garam, vetsin, gula.

Caranya:

1. Giling atau cincang daging ayam fillet yang telah kita siapkan.

2. Masukan daging ayam fillet yang telah dicincang, telur, keju, wortel, susu cair putih, roti tawar ke dalam satu adonan, lalu masukkan bumbu bumbu dapur seperti garam, gula dan micin. (semua bahan dijadikan satu).

3. setelah semua bahan dijadikan satu atau adonan telah jadi, masukkan ke dalam loyang.

4. Setelah dimasukkan ke dalam loyang, kukus adonan dalam loyang tersebut selama 25 menit.

5. Setelah matang, angkat loyang lalu dinginkan dengan cara masukkan di dalam kulkas selama sekitar 15 menit (tunggu hingga dingin)

6. Siapkan putih telur di sebuah mangkok dan siapkan tepung roti.

7. Lalu kemudian keluarkan adonan yang telah di dinginkan di dalam kulkas, lalu potong potong ukurannya jangan terlalu besar namun kecil kecil saja (seukuran nugget atau sesuka kita).

8. Celupkan potongan potongan nugget tersebut secara satu per satu ke wadah putih telur, lalu di balurkan dengan tepung roti yang telah kita siapkan.

9. Panaskan minyak goreng di dalam kuali, lalu masukkan nugget yang telah dibalur dengan putih telur dan tepung roti ke dalam kuali atau penggorengan. Tunggu hingga warna nugget berubah menjadi kecoklatan.

10. Angkat nugget yang telah digoreng, kemudian tiriskan setiap nugget yang telah berhasil digoreng.

11. Siapkan nugget di sebuah wadah piring dan sajikan dengan saus sambal dan mayonaise, agar lebih nikmat penyajiannya.

Perlu di perhatikan kebersihan dalam memasak dan kadar api kompor yang kita nyalakan, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Jika api terlalu besar, akan membuat nugget yang kita goreng menjadi hangus dan daging di dalamnya tidak matang secara sempurna. Namun jika api terlalu kecil juga akan membuat nugget yang kita goreng menjadi terlalu lembek dan menghilangkan cita rasa nugget itu sendiri. Jadi perhatikan setiap hal kecil dalam memasak, agar kita juga bisa terhindar dari resiko resiko berbahaya di dapur. Tidak sulit untuk membuat chicken nugget (nugget ayam) yang renyah, empuk dan lezat. Tepung yang kita gunakan berguna untuk membuat sensasi garing untuk chicken nugget yang akan kita makan. Akan lebih baik jika kita menyajikannya dengan saus sambal, mayonaise, salad dan tomat. Karena hidangan tambahan tambahan tersebut akan membuat makanan yang kita buat atau chicken nugget yang kita buat menjadi lebih sehat dan bergizi. Jika kita membeli chicken nugget yang instan di supermarket (hanya didinginkan) kita tidak akan tahu kandungan gizi yang terkandung di dalam chicken nugget tersebut, namun jika kita membuat nya sendiri, kita akan mengerti tiap kandungan gizi yang akan kita konsumsi dan pastinya akan sangat baik untuk kesehatan kita karena kita butuh asupan nutrisi yang cukup, untuk memiliki tubuh yang prima.

Sumber : http://kopihijau.info/wp-content/uploads/2013/05/cara-membuat-nugget.jpg