Cara Membuat Siomay – Catatan Terlengkap Mengenai Cara Membuat Siomay

Jika sobat triliuners ingin makan siomay dan ingin membelinya, tapi sampai sekarang belum kesampaian juga, bukankah lebih baik sobat triliuners belajar sendiri bagaimana caranya membuat siomay? Yap, betul.. Di kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat siomay, bahkan dengan bahan bahan yang sederhana saja kok. Sebelumnya, menurut kalian siomay itu ada berapa macam sih? Yang paling umum siomay itu sebenarnya kalo di Indonesia terdiri dari 2 macam siomay, namun bukan dilihat dari dagingnya ya, melainkan dari jenisnya. Ada yang namanya siomay bandung, dan ini paling sering kita jumpai di jalanan, dengan abang abang yang keliling menggunakan gerobaknya, betul kan? Saya juga salah satu pencinta jajanan ini soalnya :p Nah, yang kedua, adalah siomay HongKong yang pastinya asalnya dari China, dan ini juga cukup umum dijual di restoran restoran dimsum, ataupun orang keturunan TiongHoa yang ada di Indonesia. Apa bedanya? bedanya adalah di daging dan bentuknya. Jika siomay Bandung menggunakan terigu atau ikan, siomay Hongkong menggunakan daging ayam ataupun babi. Tapi tenang, supaya fair dan adil, saya akan membagikan tips dan trik cara membuat kedua siomay tersebut, siomay bandung dan siomay hongkong  kepada sobat triliuners yang mungkin saat ini sedang melamun tentang siomay:))

Oke, kita mulai dari jajanan siomay yang pertama, yaitu siomay bandung. Siomay bandung, biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis dan saus. Kita mulai ya, siapkan bahan bahan seperti ini:

Ikan tenggiri fillet 1/2 kg, labu siam 2 buah kemudian sagu tani 1/4 kg, lalu siapkan juga bumbu bumbu dapur yang biasanya seperti garam, gula, micin / vetsin.

Dan untuk bumbu kacangnya: kacang tanah 1/2 kg, cabe merah gede, gula jawa. Sudah disiapkan? mari kita mulai langkahnya.

Parut labu, buang airnya dan ambil ampasnya, lalu dicampur dengan ikan yang sudah dihaluskan lalu dicampur dengan ampas labu tersebut. Kemudian masukkan sagu beserta bumbu dapur secukupnya (gula garam micin) lalu diuleni hingga menjadi satu. Setelah itu, tinggal kita bentuk saja panjang panjang, dan bisa dimasukkan ke dalam kentang, tahu, kol dan telur yang sudah di rebus. Dan untuk membuat bumbu kacangnya, kacang digoreng, lalu diblender. Kemudian cabe merah diblender juga, lalu dijadikan satu dengan gula jawa, kemudian dimasak dengan air sampaih mendidih, jadilah bumbu kacang tadi. Dan anda sudah bisa menyantapnya plus jangan lupa sajian jeruk limonya ya :)

Tadi kan sudah kita bahas tentang siomay bandungnya, sekarang cara membuat siomay hongkong. Siapkan bahan bahan seperti ini:

Ayam fillet 500 gr, udang 250 gr, bengkuang 1 buah, daun bawang secukupnya, wortel kira kira 2 buah, telur 2 butir, minyak wijen, sagu tani 250 gr dan kulit pangsit yang bisa kita dapatkan di pasar pasar.

caranya: ayam dihaluskan bersamaan dengan udang, lalu bengkuang dipotong dadu, kemudia parut wortel, setelah itu campurkan semua bahan dan bumbu dijadikan satu, setelah itu dibungkus dengan kulit pangsit. Setelah berbentuk, taburkan parutan wortel diatas siomay yang telah berbentuk. Kemudian dikukus sekitar 25 menitan, dan tunggu sampai selesai. Setelah matang silahkan disajikan dengan saus sambal dan bisa dinikmati bareng bareng oleh keluarga :)

Mudah kan untuk membuatnya? sebenarnya ada banyak cara untuk membuat adonan siomay bandung maupun siomay hongkong, tapi saya memberikan tips dan trick cara membuat siomay bandung dan siomay hongkong yang paling mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja dirumah, dan saya mendapatkan tips ini langsung dari pakarnya. Jadi jangan ragu untuk menggunakan artikel ini sebagai panduan membuat jajanan siomay ini. Jangan lupa untuk berbagi tips ini ya sobat triliuners, siapa tahu saja sobat triliuners bisa mengembangkan sendiri tips dan trik cara membuat siomay ini dengan kreativitas kalian sendiri, dan bisa memulai usahanya sendiri dan siapa tahu saja sobat triliuners bisa jadi triliuner dari berjualan siomay ini, ya siapa tahuu saja :p

 

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0