Cara Membuka Email > Kumpulan Informasi Terlengkap Cara Membuka Email

Hai sobat triliuners, adakah dari kalian semua yang belum tahu caranya membuka email? yaa mungkin saja masih ada, tapi perlu diingat, di era digital seperti ini kita sudah seharusnya atau setidaknya bisa membuka email.  Nah, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya membuka email.

Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa sih sebenarnya email itu?

Jadi, sebenarnya email itu tidak jauh beda dengan yang namanya surat, jadi kita bisa saling mengirim pesan atau berbalas pesan satu dengan yang lainnya tapi bedanya email tidak ada bentuk fisiknya, hanya bentuk digital saja, oleh karena itu disebut e-mail atau Electronic Mail (surat elektronik).

Zaman dulu mungkin kita hanya bisa berkomunikasi dengan seseorang melalui surat, balas balasan surat, seiring perkembangan zaman, di awal tahun 2000an di Indonesia muncullah era handphone dimana orang orang mulai bisa mengirim pesan melalui tulisan yang disebut SMS dan fitur sms ini membutuhkan yang namanya pulsa dari sebuah provider, nah seiring berkembangnya zaman, dan waktu berlalu, muncullah yang namanya email, dimana kita bisa saling berbalas pesan hanya dengan menggunakan koneksi internet, berbagai macam web mulai membuat server email nya sendiri sendiri, contohnya adalah yahoo, google, hotmail dan lain lain.

Bahkan sekarang email sudah bisa diakses bukan hanya di komputer atau laptop saja, tapi juga bisa melalui gadget, handphone atau mobile phone, tablet dan lain lain. Nah, dari sini kita sudah bisa mengetahui betapa pentingnya untuk kita mempelajari tentang email, karena mungkin beberapa tahun kedepan sudah tidak ada lagi yang namanya surat dan semua terkoneksi ke internet, dan mulai menggunakan surat elektronik ini(email).

Kali ini saya akan membahas cara cara atau langkah langkah membuat email sampai membuka email sampai mengirim pesan dari email ini.

Pertama tama yang kita perlu lakukan adalah membuat ID email di sebuah situs gratisan saja dulu, kita ambil contoh mendaftar atau sign up di Yahoo.com.

Kita diminta memasukkan nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin kita, dan password juga.

Nah perhatikan yang satu ini, saat kita membuat password untuk sebuah email, pilih kata kata yang agak sulit terpikirkan oleh orang lain agar email kita tidak bisa dibobol dengan mudah oleh orang lain. Bisa juga menggabungkan kata kata dengan angka, tapi ingat kita harus bisa mengingat password yang kita buat.

Setelah semuanya beres, kita akan diminta langsung mengakses email kita (disini email berbasis yahoo.com) dan kita diminta untuk memasukan Email dan password yang telah kita buat. Misalnya email yang telah berhasil dibuat namanya sonny@yahoo.com, lalu nanti kita diajarkan untuk mengeksplor email kita.

Biasanya ada tulisan Hi, sonny@yahoo.com! yang menyambut kita di halaman depan yahoo ini. Ada tab inbox, draft, sent, spam, dan lain lain. Di inbox kita dapat melihat email yang masuk, yang telah dikirim oleh kerabat kita dan orang lain, jadi jika kita ingin membuka email atau pesan dari mereka, cukup klik inbox ( ada disebelah kiri halaman ) lalu klik email / pesan dari kerabat kita tersebut.

Jika kita ingin menulis pesan, kita bisa klik compose message yang ada di atas kiri halaman, lalu menulis alamat yang kita tuju juga subject nya, lalu kita bisa mengirimkan pesan berupa tulisan, bahkan gambar, dokumen, musik dan video melalui attachment yang kapasitas maksimalnya sebesar 25 mb. Spam adalah tempat dimana kita bisa melihat/check pesan pesan yang tidak masuk ke inbox. Jika kita ingin melihat apakah pesan yang kita tulis terkirim atau tidak, kita bisa mengecheck kolom sent. Di kolom draft kita bisa melihat pesan yang telah kita tulis tapi tidak jadi kita kirim, atau tidak sengaja tertutup.

Nah, mudah bukan untuk membuka sebuah email? hanya di perlukan sedikit pengetahuan saja dan kita bisa langsung mengakses email kita. Hanya saja perlu diperhatikan jangan sampai membuat email terlalu banyak, untuk keperluan keperluan yang tidak baik, happy mailing! :)

Sumber gambar: http://www.evolve.ie/wp-content/uploads/2012/12/email.jpg

Kata kunci:

Contoh dan Pengertian