Cara Mendidik Anak | Catatan Terkait Cara Mendidik Anak

Peran orang tua sangat penting bagi perkembangan dan masa depan anak. Pastinya, setiap orang tua memiliki pedoman khusus dalam mengajarkan berbagai hal kepada anak-anak mereka. Mereka ingin anak mereka untuk menjadi sukses, cerdas, dan tumbuh dewasa. Ada tiga hal umum yang menjadi beberapa inti dari pengajaran para orang tua, yaitu akhlak yang baik, hormat, dan kemandirian. Jika tiga hal ini diintegrasikan dari masa kanak-kanak, ketika menjelang masa pubertas dan dewasa, anak tersebut sudah memiliki modal utama untuk pembentukan karakteristiknya.

Moral adalah hal penting dari masa kanak-kanak. Karena mereka masih dalam masa emas, dimana mereka dapat menyerap segala hal dengan baik dan menyerap pada pikiran mereka jauh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Mereka juga mulai dapat idajarkan mengenai perbedaan antara yang benar dan yang salah. Anak-anak umumnya akan memperhatikan lingkungan tempat mereka berada. Melihat, menyerap, dan kemudian mengikuti segala apa yang telah mereka ingat. Pada saat inilah orang tua dapat membatasi hal-hal yang baik untuk di ikuti, dan mana yang tidak diperbolehkan, dengan menggunakan alasan yang tepat dan dapat di mengerti oleh anak.

Cara penyampaian pada anak  juga merupakan sebuah tahapan penting bagi seorang anak dalam menerima masukan. Para orang tua seringkali merasakan lelah yang sangat dalam mengurus keluarga, khususnya bagi para ibu. Namun, dalam untuk penyampaian kata “salah” terhadap anak, harus tetap dengan cara penyampaian yang baik. Bukan berarti, harus selalu dengan mengatakannya secara lembut, namun ada saatnya ketika anak yang sudah melewati batasan, dapat disampaikan dengan tegas, tetapi tanpa ada unsur kekerasan fisik. Orang tua yang  bijak akan memberikan pengertian kepada anak-anaknya dengan cara yang tepat, agar anak dapat memahami hal tersebut dengan baik. Contoh perilaku moral orang tua yang baik, akan memberikan sebuah pengaruh besar terhadap moral anak-anak. Sebaliknya, perilaku orang tua yang buruk, dapat berdampak buruk bagi perkembangan moral anak tersebut, dan bahkan bisa berlanjut hingga dewasa.

Rasa hormat juga merupakan hal penting yang dapat diajarkan orangtua bagi anak-anak mereka. Dengan memiliki rasa hormat, seorang anak akan dapat mulai terbentuk dalam hal memiliki rasa kepedulian dan rasa sayang terhadap orang yang lebih tua. Selain itu, dengan mengajarkan rasa hormat, secara tidak langsung akan mengajarkan anak pada sebuah pembelajaran etika. Bagaimana sikap anak terhadap orang yang lebih tua, sikap terhadap orang yang lebih muda, dan juga mengajarkan sikap untuk kesopanan yang baik.

Anak-anak juga memiliki hak untuk kebebasan mereka. Seperti halnya kebebasan untuk bermain, untuk mengambil keputusan, dan untuk hal-hal umum lainnya. Orang tua dapat memberikan kebebasan dengan batasan-batasan tertentu pada anak. Kecenderungan melarang segala aktifitas anak, akan membuat seorang anak merasa dikekang, dan tidak dapat belajar tentang bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya. Hal ini juga memperburuk kondisi psikologis anak. Ketika dewasa, anak tersebut tidak dapat mengambil sebuah keputusan atas dirinya, dan bahkan dapat memiliki rasa rendah diri. Peran orang tua untuk hal ini adalah dengan memulai memberikan kepercayaan bagi anak mereka untuk melakukan aktifitas yang mereka inginkan, sambil memberikan masukan dan pengertian, apakah yang dilakukan mereka adalah salah atau benar. Pastikan untuk memberikan alasan yang tepat, karena seorang anak memiliki intuisi yang tinggi dalam memikirkan segala hal dengan lugas.

Kemandirian juga dapat dibentuk dari masa kanak-kanak. Hampir sama dengan penjelasan diatas, anak-anak yang melakukan kegiatan tanpa bantuan dari orang lain, umumnya akan lebih cenderung menjadi pribadi yang mandiri. Ketika anak dewasa, tidak akan bergantung dari orang lain, namun akan mempercayakan pada ketrampilannya sendiri. Mulailah untuk membiarkan mereka melakukan eksperimen terhadap mainan mereka. Berikan mainan edukasi yang juga dapat melatih syaraf motorik pada anak, dengan beragam warna dan bentuk. Biarkanlah anak berkarya dengan apa yang mereka miliki, dan peran orang tua adalah mengamati perkembangan imaji karya anak, memberikan solusi jika dibutuhkan, dan tetap memberikan masukan yang baik untuk karya mereka yang lebih baik.

Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak

Mendidik anak memang bukan merupakan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran ekstra, khususnya bagi para orang tua yang memiliki anak hiperaktif, dan juga anak yang memiliki dunia sendiri (autis). Bagaimanapun, segala perilaku, sikap, etika, moral, dan ajaran dari orangtua memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Hal ini juga menjadi sebuah penentu besar dalam meraih kesuksesan saat mereka menginjak dewasa.

Sumber gambar: http://easyurl.net/44ba

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0