Cara Mendownload – Tulisan Terlengkap Mengenai Cara Mendownload

Mengunduh dan mengunggah, download dan upload, adalah dua hal yang bertentangan tapi menjadi satu di dalam konteks dunia maya, pasalnya jika tidak ada upload, maka tidak ada download, jika tidak ada download, buat apa orang sibuk sibuk mengupload file atau data yang mereka miliki ke dalam situs atau website di internet. So, kedua hal ini memang sangat penting dan sangat umum di dunia maya atau dunia perinternetan. Nah, mungkin banyak dari sobat triliuners yang belum mengerti bagaimana caranya mendownload atau mengunduh suatu file atau berkas yang ada di sebuah situs, pokoknya di internet ke komputer PC atau laptop kalian. Maka justru dari karena itu, saya akan membahas tips dan trik bagaimana cara mendownload suatu file atau berkas secara simple dan mudah. Biasanya apa sih yang ingin sobat triliuners download dari internet? File Musik? Gambar? Video? Game? Film? Resep Masakan? Semuanya bisa kok di download atau diunduh asalkan bukan makanan benerannya yang di download, kalo itu sih harus beli sendiri atau masak sendiri.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mendownload sebuah file atau berkas di internet, sobat triliuners mungkin sudah pernah baca artikel 9triliun.com tentang software downloader seperti internet download manager, download accelerator plus, dan masih banyak software download yang bertebaran di seluruh penjuru dunia maya. Ada juga torrent yang fungsinya mendownload secara pair to pair, dan bisa terpotong potong, torrentpun banyak jenisnya, tidak hanya satu torrent. See? banyak sekali kan cara mendownload di dunia maya, ada banyak cara seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju Rom, tapi kalo ada pesawat dan lancar, kenapa ga cukup pake pesawat aja hehehe, just joking mate :)) biar agak nyengar nyengir dikit membaca artikel ini :)

Semua cara download diatas sangat baik digunakan dan ada caranya masing masing, semua caranya berbeda beda memang, tapi saya akan menjelaskan sedikit demi sedikit. Jika sobat triliuners ingin mendownload melalui internet download manager, sobat triliuners harus memiliki software internet download manager itu sendiri, dan harus sudah terinstall di komputer sobat. Keuntungan menggunakan software internet download manager adalah software ini bisa mendownload file dengan sangat cepat karena software ini mengambil kecepatan memori komputer yang cukup besar dan memakan bandwith lebih besar ketimbang dengan kita mendownload melalui torrent ataupun secara default. Jika kita ingin mendownload menggunakan torrent, kita juga sudah harus memiliki software torrent tersebut di komputer kita, tentunya sudah harus terinstall dulu di komputer kita :))

Keuntungan mendownload dari torrent ialah software ini bisa mem pause file yang sedang kita download, walaupun komputer kita mati, atau koneksi internet kita terputus, file tidak akan hangus atau hilang, melainkan dia akan menunda proses download sampai koneksi internet kita stabil kembali atau menunggu komputer ktia untuk dinyalakan kembali. Namun kelemahannya, jika kita menggunakan torrent, biasanya ada kendala pada seeding, jika file yang kita download memiliki jumlah seed yang lebih sedikit, itu akan sangat memperlambat kinerja atau kecepatan download file kita, sehingga kita harus bete menunggu kapan file download kita selesai. Nah, ada lagi cara download yang lebih simple, dan tidak perlu software apa apa, ya hanya perlu internet software untuk browsing saja, seperti google chrome atau mozzila firefox.

Di dalam setiap software ini selalu bisa mendownload file secara default, artinya kita hanya perlu mencari file yang memang bisa untuk di download, lalu kita klik download, maka internet software kita akan mendownload file itu secara default dan menempatkannya pada folder “Dowload” di dalam folder My Documents di komputer kita. Kekurangannya ialah saat kita mendownload secara default, kita tidak selalu bisa mendownload file yang kita ingini, contohnya Youtube Video, kita tidak bisa langsung mendownload video di youtube dengan default downloader, kita perlu software pembantu semacam internet download manager tadi. Jadi masing masing cara mendownload ada kelebihan dan kekurangannya sobat triliuners, tinggal bagaimana keperluan dan kebutuhan kita :))

sumber gambar: http://donyprisma.files.wordpress.com/2012/07/download-button-fertig1.jpg

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook2Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0