Cara Mengakses Internet > Kumpulan Informasi Tentang Cara Mengakses Internet

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Secara umum dapat diartikan sebagai suatu jaringan yang dapat menghubungkan seluruh pemakai komputer di seluruh dunia melalui suatu protokol tertentu. Di indonesia sendiri penggunaan internet belum terlalu merata, selain itu juga penggunaan internet di Indonesia masih sangat terbatas, bisa dikatakan masih belum optimal, selain karena kualitas jaringan juga mahalnya jaringan yang tersedia.

Penggunaan yang paling umum dijumpai adalah browsing, e-mail, chatting. Sebenarnya masih banyak penggunaan internet yang lainnya yang lebih kompleks hingga ke suatu sistem database perusahaan, perbankan dan lainnya, tetapi disini kita belum akan membahas lebih dalam mengenai penggunaan tersebut diatas, yang kami percaya penggunaan paling mendasar diperlukan adalah browsing dan chatting, karena setelah menguasai kedua hal tersebut pengguna internet dapat dengan leluasa mengembangkan sendiri pengetahuannya melalui internet dengan tersedianya informasi-informasi yang sangat lengkap yang secara otomatis akan sangat mudah untuk mempelajari penggunaan internet lainnya baik dengan mencari informasi maupun bertukar informasi dengan sesama pengguna melalui internet.

Untuk dapat mengakses internet, ada 2 hal yang harus dimiliki terlebih dahulu, yaitu perangkat untuk mengakses internet (komputer) dan jaringan internet. Jika tidak memiliki keduanya, mungkin sebagai alternatif bisa menggunakan jasa warung internet (penyewaan komputer dengan jaringan internet terhubung) yang sudah banyak tersebar di berbagai kota. Saat ini juga sudah cukup banyak alternatif cara untuk terhubung ke jaringan internet, baik melalui jaringan telepon (telkom), melalui USB modem dengan sim card ponsel baik GSM maupun CDMA dengan berbagai pilihan paketnya hingga melalui jaringan nirkabel (wireless/tanpa kabel) yang sering dikenal dengan sebutan wifi.

Jaringan telepon. Merupakan salah satu alternatif awal yang muncul sebagai penghubung akses ke jaringan internet. Syarat utama yang diperlukan adalah memiliki saluran telepon fixed line (telkom) dan perangkat berupa modem. Terdapat banyak pilihan paket yang ditawarkan. Kelemahannya adalah jaringan internet anda hanya bisa diakses melalui lokasi jaringan telepon fixed line anda berada, tidak dapat dipindahkan/dibawa kemana-mana. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi kantor telkom terdekat.

USB modem. Perangkat ini berupa sebuah alat kecil yang terhubung melalui port USB pada komputer, di dalamnya terdapat slot untuk sim card yang biasa digunakan pada ponsel, baik GSM maupun CDMA sesuai dengan spesifikasi modem tersebut untuk dapat mengakses internet melalui jaringan seluler. Saat ini sangat banyak sekali merk yang ditawarkan di pasaran, dari harga 100ribu-an hingga 300ribu-an dan terkadang juga dengan berbagai paket internet yang turut disertakan dalam paket pembelian. Perangkat ini termasuk praktis karena bersifat portabel, anda dapat membawanya kemana-mana saat diperlukan sehingga tidak hanya dapat digunakan di rumah/kantor tapi juga saat anda berada di luar rumah/kantor. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko komputer terdekat atau di kantor-kantor layanan operator penyedia jaringan seluler seperti xl, indosat, 3, telkomsel, axis, smartfren, esia, flexy.

Wifi. Mungkin anda sering menemui tulisan wifi/free wifi area pada tempat-tempat umum seperti restoran, café, mall, taman, kampus, sekolah, bahkan hingga indomaret. Ya, ini merupakan salah satu alternatif yang dapat anda gunakan untuk dapat mengakses internet. Yang anda butuhkan hanya perangkat komputer yang memiliki fasilitas penerima wifi. Layanan tersedia dalam dua bentuk, berbayar dan gratis. Untuk layanan yang berbayar anda bisa langsung menghubungi pihak penyedia layanan, seperti contohnya wifi-id dari telkom. Sedangkan untuk layanan gratis jika tidak diminta username dan password saat anda coba untuk masuk ke jaringan tersebut berarti anda bisa langsung terhubung dan mengakses internet melalui jaringan tersebut. Namun jika diperlukan username dan password maka anda bisa menghubungi pihak pengelola lokasi di area free wifi tersebut untuk mendapatkannya.

Setelah terhubung ke internet, anda sudah bisa melakukan berbagai aktifitas yang memerlukan  jaringan internet seperti halnya browsing, berkirim e-mail, chatting, dan lainnya. Yang anda butuhkan hanya aplikasi pendukung untuk aktifitas-aktifitas tersebut. Untuk browsing rata-rata komputer yang sudah tertanam sistem operasi di dalamnya sudah tersedia aplikasi bawaan untuk browsing seperti “Microsoft Internet Explorer” untuk sistem operasi Windows dan “Safari” untuk sistem operasi MacOS yang digunakan pada produk-produk dari Apple.

Dalam perkembangannya bahkan sekarang internet sudah dapat diakses secara langsung melalui handphone/ponsel, smartphone/ponsel pintar, PC Tablet, dan berbagai gadget lain dengan mudahnya bahkan hingga televisi sekalipun sekarang sudah ada yang menyediakan fitur untuk mengakses internet.

sumber gambar : http://weus.net/intip-sejarah-internet-indonesia-yang-perlu-anda-ketahui/3421/

Kata kunci:

Share on Google+1Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0