Ciri-ciri Makhluk Hidup : Catatan Terlengkap Mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup adalah semua jasad yang hidup di muka bumi, manusia, hewan, tumbuhan dan juga jasad renik. Manusia, hewan dan tumbuhan masih bisa digolongkan sebagai makhluk hidup yang nyata dan real. Sementara jasad renik adalah sisa-sisa makhluk hidup yang mati dan terbiarkan begitu saja, sehingga sel-selnya menyatu dengan tanah.

Manusia, hewan dan tumbuhan memiliki beberapa kesamaan sebagai makhluk hidup. Mereka memiliki ciri-ciri atau tanda-tanda yang menandakan keberadaan mereka dan juga ciri-ciri yang nyata dan juga real.

Ciri-ciri umum makhluk hidup :

1. Bernapas

Manusia, hewan dan tumbuhan sama-sama bernapas dan menghasilkan gas untuk kehidupan dan kelangsungan hidup mereka. Manusia dan hewan menghirup O2 dan menghembuskan gas CO2 sementara tumbuhan menghirup CO2 dan menghmbuskan O2 dibantu dengan matahari untuk berfotosintesis. Tanpa bernapas makhluk hidup bisa mati. Karena mereka tidak memiliki asupan udara dalam tubuh mereka.

2. Berkembang biak

Baik hewan, manusia dan tumbuhan semuanya berkembang biak. Manusia berkembang biak hanya dengan satu cara yaitu melahirkan. Lain halnya dengan hewan, ada yang melahirkan dan ada juga yang bertelur seperti ayam, bebek, buaya, cicak, dll. Sementara tumbuhan juga berkembang biak dengan menghasilkan buah-buahan, lewat cangkok ataupun stek.

3. Bertahan hidup

Ada banyak cara yang mahluk hidup lakukan untuk bertahan hidup. Manusia sudah pasti akan mencari uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari untuk bisa bertahan hidup dan akhirnya melangsungkan kehidupan mereka. Lalu bagaimana dengan hewan dan tumbuhan ?   Hewan memiliki instinct untuk mencari makan untuk dirinya dan juga anak-anaknya, sementara tumbuhan akan mengikuti arah datangnya sinar matahari, akarnya akan mencari air untuk asupan dan akhirnya mereka tetap bisa bertahan hidup dengan cara mereka masing-masing.

4. Melindungi diri

Selain bertahan hidup, makhluk hidup harus bisa melindungi diri dari berbagai macam serangan. Yang paling sering terlihat adalah hewan. Ada beberapa hewan dengan keunikan mereka sendiri untuk melindungi dirinya, seperti bunglon yang merubah warna kulitnya, atau cicak yang memutuskan ekornya (mimikri), singa yang menerkam mangsanya, landak yang memunculkan dirinya, ikan balon yang menggembung apabila ada bahaya. Ada juga tumbuhan yang menutup apabila disentuh, seperti putri malu.

5. Bergerak

Sekalipun tidak terlihat namun, tumbuhan pun juga bergerak, mereka bergerak mengikuti arah datangnya matahari. Pernahkah anda melihat tumbuhan yang miring ? Itu karena mereka mengikuti arah datangnya matahari untuk proses fotosintesis mereka.

6. Beradaptasi

Adaptasi makhluk hidup dibagi menjadi 3 :

a. Morfologi : penyesuaian dengan lingkungan lewat bentuk tubuh atau alat tubuh, misalkan katak berenang karena memiliki selaput pada kakinya.

b. Adaptasi tingkah laku : penyesuaian dengan lingkungan dalam bentuk tingkah laku, misalkan : hewan bermigrasi apabila ada bahaya atau ketempat yang banyak makanan.

c. Adaptasi fisiologi : penyesuaian lingkungan secara fisik, misalkan kita berkeringat apabila cuaca panas.

7. Tumbuh

human-growth1

Manusia dan hewan bertumbuh sampai batas usia yang telah ditentukan oleh Tuhan. Sel-sel tubuh mereka akan terus tumbuh namun seiring berjalannya waktu dan usia, sel-sel akan ada yang mati dan akhirnya secara fisik manusia dan hewan akhirnya mati di batas umur mereka. Sementara tumbuhan akan terus bertumbuh tanpa henti sampai akhirnya ia mati dengan sendirinya, tentunya anda pernah mendengar pepohonan di Kebun Raya Bogr yang sudah berusia 100-200 tahun ? Itu karena mereka selalu mendapat asupan gizi dan makanan setiap harinya yang tidak ada habisnya.

8. Mengeluarkan zat sisa

Umunya terjadi pada manusia. Ada 3 jenis pengeluaran yang dilakukan oleh manusia :

a. Ekskresi : zat-zat sisa yang dikeluarkan oleh kulit dan ginjal. Kulit mengeluarkan keringat dan ginjal mengeluarkan urine.

b. Respirasi : zat CO2 yang dikeluarkan oleh manusia pada saat bernapas, dikeluarkan lewat hidung.

c. Defekasi : zat sisa yang dkeluarkan dari pencernaan yang biasa disebut dengan tinja atau feses, dikeluarkan melalui anus.

9. Peka terhadap rangsangan

Manusia, hewan serta tumbuhan sangat peka terhadap rangsangan. Manusia dan hewan memiliki saraf-saraf pada kulit mereka yang membuat mereka peka apabila disentuh atau bahkan dipukul oleh lawan atau sesamanya. Sementara ada beberapa tumbuhan yang sangat peka terhadap rangsangan, misalkan putri malu, yang akan menguncup apabila disentuh oleh tangan kita.

Sumber gambar : www.hasbihtc.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0