Ciri Khusus Tumbuhan – Catatan Terlengkap Mengenai Ciri Khusus Tumbuhan

Siapa yang tidak mengenal Ciri Khusus Tumbuhan? Kemana pun mata memandang, pasti akan terlihat. Tumbuhan merupakan salah satu dari makhluk hidup yang ada di alam semesta, yang termasuk dalam regnum plantae. Pada umumnya, organisme yang melakukan proses fotosintetis diklasifikasikan sebagai tumbuhan.

Diperkirakan hingga saat ini ada sekitar 350.000 spesies tumbuhan. Dari sekian banyak spesies ini, mereka memiliki ciri dan fungsinya masing-masing, tergantung dari klasifikasinya. Berikut ini merupakan ciri khusus dari tumbuhan dan fungsinya.

1. Teratai

Teratai termasuk dalam Hydrophyta yang berarti dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air. Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Fungsinya untuk mempermudah proses penguapan dan fotosintetis, Di bagian akar dan batang, teratai memiliki rongga-rongga yang kerjanya untuk membawa udara dari batang dan akarnya.

Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri Khusus Tumbuhan

2. Kantung Semar

Kantung semar adalah insektivora. Artinya dia adalah pemakan serangga. Dari serangga tersebut nantinya akan menghasilkan mineral nitrogen. Karena di habitat aslinya, kantung semar hidup di daerah rawa yang sangat jarang mengandung mineral nitrogen. Untuk menarik perhatian serangga, pada bagian bunga akan menghasilkan madu yang disebut nektar, dan aroma yang akan memikat serangga.

Daunnya telah termodifikasi menjadi bentuk kantung. Di dalam bagian kantung, terdapat lapisan yang sangat lengket yang membuat serangga yang masuk ke dalamnya tidak dapat keluar kembali. Pada bagian daun inilah serangga akan dicerna oleh kantung semar untuk memenuhi kebutuhuan nitrogennya.

Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri Khusus Tumbuhan

3. Venus

Venus juga termasuk insektivora. Ciri khusus yang dimilikinya adalah daunnya dapat termodifikasi berbentuk engsel dan berbulu. Daun inilah yang berfungsi untuk menangkap serangga. Awalnya daun akan terbuka untuk menunggu serangga. Ketika ada serangga yang hinggap, dengan seketika daun tersebut akan segera menutup.

4. Eceng Gondok

Eceng gondok termasuk dalam Hydrophyta, yang berarti juga hidup mengapung di atas air. Walaupun mengapung, terkadang akarnya juga tertanam di dalam tanah. tinggi eceng gondok pada umunya 0,4 – 0,8 meter. Eceng gondok tidak memiliki batang. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Untuk membantunya mengapung di atas permukaan air, eceng gondok memiliki tangkai daun yang berongga dan menggelembung.

5. Rafflesia

Rafflesia termasuk dalam genus parasit. Biasa hidup pada tumbuhan merambat. Tumbuhan ini hidup dengan menyerap zat makanan dari inangnya dengan cara menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar ke dalam jaringan tumbuhan merambat itu.

Pada dasarnya, rafflesia tidak memiliki akar, batang dan daun yang sesungguhnya. Ciri khusus yang dimilikinya adalah mengeluarkan bau busuk dan memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya. Bau busuk yang dihasilkannya akan memikat dan memancing lalat untuk datang. Karena dengan adanya lalat, akan membantu proses penyerbukan, sehingga rafflesia dapat terus berkembang biak.

6. Kaktus

Kaktus termasuk dalam xerofit. Karena habitat aslinya adalah tempat yang kering. Karena hidup di tempat yang kering, maka kaktus memiliki ciri khusus yang berfungsi untuk bertahan hidup. Daun kaktus berbentuk duri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi proses penguapan air di dalam tubuhnya. Untuk melakukan proses fotosintesis, kaktus melakukannya melalui batang, karena pada batang kaktus terdapat klorofil yang membantu proses fotosintesis. Selain itu, batang kaktus juga berbentuk besar dan menggembung.

Fungsinya untuk menyimpan cadangan air dalam jumlah yang banyak. Akar kaktus sendiri pada umumnya sangat panjang. Dengan kepanjangan akar yang dimilikinya, membuat kaktus dapat mencari sumber air sebanyak-banyaknya.

7. Embun Matahari

Embun matahari tergolong insektivora. Ciri khusus yang dimilikinya terdapat titik-titik cairan yang gemerlap bila terkena sinar matahari. Jika ada serangga yang hinggap pada daun tersebut, maka akan terperangkap ke dalam cairan itu. helai daun akan mengakup untuk mencengkeram serangga, kemudian menghancurkannya dengan cairan pencerna.

8. Bambu

Tanaman bambu termasuk dalam suku rumput-rumputan. Bambu memiliki batang yang beruas-ruas dan berongga. Bambu dapat menahan larutnya tanah dari kikisan air sehingga mencegah terjadinya erosi. Bambu dapat tumbuh lebih cepat dari tanaman lain.

Ada yang pertumbuhan bambu mencapai 40 cm/hari dan mencapai ketinggian 37 meter. Dan dibagian buku bambu, terdapat jaringan meristem. Bambu dapat bertahan hidup walaupun kekurangan air. Bambu bertahan hidup dengan menggugurkan daunnya sampai mendapai pasokan air yang cukup.

9. Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandunm dan padi. Kenapa? Karena jagung menghasilkan karbohidrat yang tidak kalah banyak dengan padi maupun gandum. Jagung menjadi sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bahkan di Amerika Serikat sendiri dijadikan sebagai alternatif sumber pangan.

Jagung memiliki kepala dan tangkai putik yang terlihat seperti benang sutra yang agak lengket. Setiap biji jagung, akan menumbuhkan sebatang tangkai putik sepanjang 30 cm. Adapun fungsi dari benang ini adalah untuk menangkap serbuk sari.

10. Kelapa

Kelapa termasuk dalam suku aren-arenan atau arecaceae dan anggota tunggal dari marga coco. Biasanya sering ditemui di pinggiran pantai. Kelapa merupakan tumbuhan yang serba guna. Ini disebabkan karena hampir semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Kelapa yang telah jatuh dari pohonnya kemudian terapung terbawa arus hingga sampai di pantai yang lain tidak akan busuk. Hal ini disebabkan karena kelapa memiliki serabut yang cukup tebal yang membuatnya dapat terus terapung. Sementara tempurung kelapa merupakan kulit yang kedap air. Sehingga melindungi buah kelapa yang terapung agar tidak busuk. Selain itu, hal ini juga membantu proses perkembangan kelapa dengan menggunakan media air.

11. Mentimun

Mentimun memiliki sulur yang merupakan modifikasi dari batang dan memiliki ujung yang peka sentuhan. Sulur yang berbentuk gelang berfungsi untuk tetap merapatkan batang mentimun ke penopang, sehingga dapat menahan beban mentimun. Selain itu juga dapat menahan angin kencang agar tidak merusak batang.

12. Bunga Matahari

Merupakan tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari. Dengan kata lain, tidak untuk tanaman di dalam ruangan yang tertutup. Dikatakan bunga matahari karena bunganya memang berbentuk seperrti matahari. Kuning, bulat, dan besar. Keunikan dari bunga matahari adalah, bunga ini akan selalu mengikuti arah cahaya matahari. Dan ketika matahari mulai terbenam, mahkota bunga akan segera menutup secara perlahan.

13. Putri Malu

Sesuai namanya, putri malu memang tumbuhan yang sangat pemalu. Putri malu merupakan tanaman perdu pendek yang termasuk dalam suku polong-polongan. Daunnya akan segera menutup/layu ketika bersentuhan, tertiup, atau bahkan dipanaskan. Hal ini disebabkan karena pada batang putri malu mengalami perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Sifat uniknya ini berfungsi untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan.

Selain semua yang telah dipaparkan di atas, Masih banyak ciri khusus tumbuhan yang lainnya. Cobalah lihat dan amati di sekeliling mu. Pasti akan terdapat ciri khusus dan unik yang lainnya. Karena pada dasarnya, setiap makhluk yang diciptakan TUHAN itu berbeda-beda dan mempunyai keunikannya masing-masing.

Contoh dan Pengertian