Contoh Artikel Pendidikan | Informasi dan Tulisan Tentang Pendidikan

Beberapa Contoh Artikel Pendidikan yang ada di Internet kebanyakan mengusung tema pendidikan. Pendidikan adalah tema yang paling sulit untuk dijelaskan mengingat butuh adanya survei untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai proses pendidikan tersebut. Pendidikan sangat penting bagi seseorang karena dengan modal pendidikan itulah akan didapatkan suatu pekerjaan yang sesuai dengan jenjang pendidikannya. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang maka akan semakin tinggi pula jabatan atau kedudukan seseorang dalam sebuah instansi.

Selain itu Contoh Artikel Pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis atau berwirausaha karena dengan pendidikan kita akan tahu tata cara dalam menjalankansuatu bisnis sehingga akan diperoleh keuntungan yang maksimal. Dengan adanya ilmu yang diperoleh dari pendidikan akan memudahkan seseorang untuk mencari nafkah nantinya. Pendidikan ada yang bersifat formal dan ada yang bersifat nonformal.

Pendidikan terbesar dilakukan di lingkungan keluarga dan masyarakat atau nonformal. Pada pendidikan nonformal ilmu yang diperoleh dapat langsung dipraktekan ke dunia nyata sehingga tidak terpaku hanya pada materi semata. Di dalam lembaga pendidikan formal hanya mengajarkan dasar dari suatu ilu sedangkan pengembangannya dilakukan melalui pengalaman dalam dunia nyata.

Contoh Artikel Pendidikan

Tuntutan di dalam dunia kerja bukanlah penguasaan teori, namun penguasaan praktek secara nyata atau real. Penguasaan teori hanya di intensitaskan sebesar 30% saja sedangkan penguasaan praktek sebesar 70%. Namun berbeda dengan pekerjaan di bidang pendidikan. Penguasaan teori sangat dominan karena teori tersebut nantinya digunakan untuk memberikan materi kepada peserta didik. Jika hanya terpaku pada penguasaan praktek saja maka peserta didik tidak akan dapat mengetahui dasar dari suatu ilmu. Oleh karena itu penguasaan teori sangat dibutuhkan untuk bekerja di bidang pendidikan seperti contoh guru. Dengan adanya pembagian tersebut maka kita akan dapat menentukan masa depan kita nantinya.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

Dalam menuntut ilmu seseorang tidak hanya diwajibkan untuk menuntut ilmu yang bersifat akademik saja, namun juga harus diimbangi dengan adanya ilmu kewarganegaraan dan pendidikan agama agar kepribadian seseorang dapat dirubah menjadi lebih baik kedepannya. Ilmu kewarganegaraan mengajarkan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada negara melalui lembaga instansinya. Sedangkan Pendidikan Agama digunakan untuk menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan pada diri seseorang agar saat bekerja nantinya dapat melakukan pekerjaan secara serius dan tidak melakukan penyelewengan. Selain itu ilmu keagamaan juga digunakan untuk meningkatkn pengetahuan tentang agama yang dianut sehingga akan membawa dampak positif, yakni akan membuat seseorang semakin rajin dan ikhlas mengerjakan ibadah sesuai dengan agama yang dianut.

Contoh Artikel Pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk sarana transformasi dari kebudayaan yang ada di suatu negara. Kebudayaan merupakan aset penting dari suatu negara yang harus dilestarikan. Selain itu budaya juga merupakan suatu ciri khas dari suatu negara, jika kebudayaan tersebut musnah maka ciri khas negara tersebut akan hilang. Budaya yang ada pada suatu negara memiliki nilai-nilai luhur yang dapat digunakan sebagai metode pengajaran.

Melalui budaya diharapkan pendidikan dapat berlangsung serius namun santai. Budaya yang ada pada suatu negara sangatlah bermacam-macam, namun kadang da yang memiliki sedikit kesamaan. Hal tersebut tentu akan menimbulkan polemik tersendiri, seperti akan munculnya plagiarisme atau saling klaim kebudayaan yang pada akhirnya akan menimbulkan perpecahan antar negara. Pendidikan yang baik harus mengalami peningkatan pada para peserta didik. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan positif pada kepribadian maupun kecerdasan. Setiap orang dianugrahi Tuhan dengan akal dan fikiran yang sama tergantung manusia sendiri yang mengolah dan mengembangkannya. Kapasitas otak pad manusia paling banyak hanya dipakai 10% ,yaitu oleh Albert Einstin sang penemu ilmu fisika.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

Lingkungan dalam keluarga dan masyarakat juga sangat mendukung terbentuknya pendidikan yang positif. JIka dari lingkungan keluarga dan masyarakat selalu mengajarkan hal yan positif maka akan terbentuk peserta didik yang memiliki kepribadian baik, namun jika lingkungan keluarga dan masyarakatnya selalu melakukan perbuatan yang buruk maka akan tercipta peserta didik yang memiliki kepribadian buruk. Lingkungan dan sekolah memiliki keterkaitan yang sama karena keduanya termasuk dalam lembaga pendidikan.

Kata kunci:

Contoh dan Pengertian