Danareksa : Tulisan Terlengkap Tentang Danareksa

Danareksa adalah sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dibidang jasa keuangan. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1976 dengan kegiatan utama dipasar modal dan pasar uang mencakup hal pembiayaan, perantara perdagangan efek, penjamin emisi efek, pengelola penanaman uang dan reksa dana. Perusahaan tersebut juga melakukan usaha dimana sering dilakukan oleh perusahaan amanat, seperti mengeluarkan surat berharga berkaitkan dengan portofolio dari suatu perusahaan.

Dengan didukungan dari tim riset yang terpercaya serta dilengkapi dengan portal trading online sehingga para nasabah dapat mengakses portofolio investasinya secara bebas serta dengan pengalaman selama 30 tahun, perusahaan tersebut berkembang menjadi invesment terbaik dan terdepan diindonesia serta menyediakan layanan finansial dengan luas seperti jasa broker sekuritas, penasehat keuangan, hingga pembiayaan. Perusahaan tersebut juga telah mendapat berbagai penghargaan berkelas seperti gelas best investment bank pada tahun 2007 sampai dengan 2009 dan 2011 berasal dari alpha south east asia. Pada tahun 2008, 2010 dan 2011 perusahaan tersebut juga mendapat gelar best bond house dari sebuah perusahaan finance asia. Dari majalah investor tahun 2010 perusahaan tersebut mendapat sebuah penghargaan best securities house serta the most active underwriter.

Danareksa

Danareksa

Reksa dana sendiri adalah tempat dan pola pengelolaan modal bagi para investor untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang tersedia dipasar melalui cara membeli unit penyertaan reksa dana. Modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi kedalam portofolio investasi seperti saham, obligasi, pasar uang atau efek lainnya.

Dalam undang-undang pasar modal nomor 8 tahun 1995 pasal satu ayat 27 menyebutkan bahwa reksa dana adalah wadah beguna untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal serta selanjutnya dimasukkan kedalam investasi kedalam portofolio efek oleh manajer investasi. Dari kedua penjelasan tersebut terdapat tiga unsur penting dalam pengertian reksa dana yaitu :

  • Terdapat himpunan dana masyarakat baik berupa personal maupun kelompok (institusi).
  • Bersama-sama melakukan sebuah investasi dalam bentuk portofolio efek yang telah terdiversifikasi.
  • Masyarakat pemilik modal mempercayakan modalnya kepada manajer investasi untuk dikelola.

Didalam produk tersebut, manajemen investasi bertugas mengelola modal dan ditempatkan dalam surat-surat berharga dan melakukan realisasi keuntungan serta kerugian serta menerima bunga dan akan dibukukan ke dalam nilai aktiva bersih (NAB) produk tersebut. Jumlah kekayaan reksa dana dikelola oleh manajer investasi  wajib disimpan pada bank kustodian dimana tidak dapat terafiliasi dengan manajer investasi, serta bank kustodian berfungsi sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.

Dalam masyarakat, danareksa dan reksa dana sering kali tertukar, walaupun kata-katanya hampir mirip tetapi artinya adalah berbeda, danareksa adalah badan usaha sedangkan reksa dana adalah suatu wadah untuk menghimpun uang masyarakat yang ingin melakukan penanaman modal. Perusahaan pengelola modal sendiri mengeluarkan lebih dari satu tempat karena masing-masing tempat mempunyai tugas yang berbeda, banyak jenis produk yang dikeluarkan seperti pendapatan tetap, saham, reksa dana campuran, pasar uang serta lainnya. Dalam reksa dana terdapat biaya-biaya yaitu :

  • Biaya pembelian : adalah biaya yang dikenakan setiap kita membeli reksa dana, dibiaya pembelian ini dapat memilih untuk menambahkan sejumlah uang sebesar biaya pembelian atau dapat meminta biaya tersebut dipotong dari investasi kita. Untuk besaran harga tergantung oleh jenis masing-masing produk.
  • Biaya penjualan kembali : adalah biaya setiap wajib setiap pencairan kita, sehingga tidak terdapat pembayaran apapun serta besarannya pun tergantung jenis penanaman modal yang dipilih.
  • Biaya untuk jasa manajer investasi : adalah sejumlah uang yang diberikan kepada manajer investasi atas jasanya dalam mengelolaan uang. Besaran biayanya adalah terhitung berdasarkan NAB setiap hari, dan yang bertugas menghitung besaran biayanya adalah bank kustodian dan membebankan nya pada NAB sehingga dapat diketahui NAB  per unit yang dikeluarkan setiap harinya.
  • Biaya untuk jasa bank kustodian : adalah sebuah biaya yang diberikan untuk bank kustodian atas jasanya dalam melakukan administrasi, besaran biaya tersebut terhitung setiap hari berdasarkan NAB  seperti pada biaya untuk jasa manajer investasi dan dibebankan di NAB sehingga telah tercantum pada NAB per unit yang keluar setiap harinya.

Sumber gambar : surabaya.okezone.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0