DEPTAN – Tulisan Terkait DEPTAN

Departemen pertanian atau biasa disingkat DEPTAN merupakan salah satu departemen nasional yang menangani tentang segala hal yang berhubungan dengan pertanian. Pemimpin atau menteri pertanian untuk saat ini adalah Dr. Ir. H. Suswono, MMA dan wakilnya adalah Dr. Rusman Heriawan serta mempunyai sekretaris yaitu Ir. Baran Wirawan, M.Sc. Departemen ini berkantor pusat di Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, INDONESIA.

Pada lambang DEPTAN, tunas diartikan sebagai pengertian biologi dari seluruh kegiatan dan diatur oleh DEPTAN, sedangkan warna hijau melambangkan atau mengartikan tentang kehidupan, lingkaran merah diartikan sebagai kesatuan, lingkaran merah luar melambangkan unsur utama atau tugas-tugas, warna kuning emas melambangkan sebagai kemegahan, air dibawah tunas melambangkan keagungan.

DEPTAN

DEPTAN

Inti dari Kementrian pertanian ini adalah setiap pangan nasional harus memberdayakan atau memprioritaskan petani lokal untuk memuhi kebutuhan pangan untuk negara(nasional) serta bisa bersaing dalam hal ekspor untuk mendapatkan pemasukan negara, dan juga mensejahterakan para petani. Walaupun bernama departemen pertanian akan tetapi departemen ini bukan sekedar menangani atau menjalankan hal-hal yang berhubungan dengan semacam tani dan tumbuhan melainkan semua hal berhubungan dengan pangan nasional.

Untuk periode 2010-2014 Kementrian telah mempunyai beberapa rencana strategis (RENSTRA), target utama pembangunan pertanian, serta penggalakkan 7 program untuk memajukan pertanian Indonesia.

Target utama pembangunan pertanian tadi pertama mencapai swasembada dan swasembada berkelanjutan jadi untuk keperluan pertanian Indonesia atau memenuhi kebutuhan pangan dari pertanian sehingga cukup mengandalkan dari petani-petani lokal, kedua peningkatan diversifikasi pangan sehingga pangan akan cukup merata tersebar tidak ada kekurangan pada tiap daerah, ketiga peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor ini merupakan salah satu pokok penting karena selain mencukupi kebutuhan pangan Indonesia, selain itu poin ini juga bisa menjadi pemasukkan untuk negara karena negara bukan mengimpor melainkan mengekspor, poin keempat atau terakhir peningkatan kesejahteraan petani, tentu jika hal-hal diatas berjalan seiring sejalan akan berbanding lurus dengan kesejahteraan petani yang kurang perhatian selama ini.

Struktur Lengkap DEPTAN

strukorg-deptan2011

Gambar diatas merupakan susunan dari organisasi pemerintah ini. Seperti terlihat menteri sebagai pemimpin didukung oleh wakil, tenaga/staff ahli yang dibagi lagi beberapa bidang, sekretariat jendral, inspektur jendral, serta beberapa bawahan lagi.

Untuk alamat kantor dinas disetiap provinsi bisa mengunjungi www.deptan.go.id/dir-alamatskpd sedangkan untuk melihat alamat atase bisa mengunjungi www.deptan.go.id/tampil.php?page=dir_atase. Selain itu website www.deptan.go.id juga menyediakan beberapa komunitas, forum diskusi, konsultasi, pengaduan hingga layanan/informasi jadi jika ingin menghubungi pihak kementrian ini bisa mencoba salah satu layanan online, sehingga tidak selalu atau repot-repot mendatangi dinas yang bersangkutan, tetapi perlu diingat tentu saja tidak semua pelayanan bisa dilakukan secara online.

Kinerja DEPTAN sejauh ini masih menuai banyak kritik karena visi serta misi yang terjadi dilapangan sangat jauh, karena Indonesia sendiri masih banyak pangan yang masih mengimpor dari negara lain, contohnya saja seperti beras. Dikenal sebagai daerah dengan tanah yang subur tidak membuat Indonesia sampai sekarang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, berbeda dengan beberapa negara seperti Thailand dan Vietnam kedua negara tersebut saat ini berhasil menjadi salah satu negara yang paling bisa memenuhi kebutuhan pangan(beras) dalam negeri juga mengekspor kenegara lain. Selain itu seperti sekarang saat bulan Ramadhan masih seringnya harga pangan seperti telur, daging, beras maupun lainnya cenderung tidak stabil dan menanjak naik begitu tinggi. Selain bulan puasa, saat menjelang Lebaran pun biasanya akan terjadi hal serupa dan sebagai penanggung jawab atas ini, DEPTAN diminta terus mengawasi harga pangan agar tetap stabil serta bisa menjamin stoknya cukup.

Ombudsman selaku yang bertugas dan berwenang menyelidiki keluhan masyarakat pada pertengahan Juli lalu mengluarkan penilaian tentang 5 kementrian yang kinerjanya banyak sekali mendapat kritikan karena dirasakan kurang, 5 kementrian itu diantaranya Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Sosial, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pekerjaan Umum serta Kementrian Pertanian. Penilain dari Ombudsman ini menilai dari beberapa indikator penilaian seperti dalam hal transparansi dana biaya pelayanan yang rawan akan penyimpangan dana. Dan memang ada beberapa kasus korupsi yang menyangkut dari kementrian ini beberapa bulan terakhir adalah kasus korupsi benih, kasus penyaluran benih bibit senilai Rp.500 Milliar telah ditetapkan 3 tersangka, hingga kini kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut.

Source images by

  • pphp.deptan.go.id
  • deptan.go.id

Contoh dan Pengertian