Energi : Kumpulan Informasi Menarik Energi

Pemanfaatan terhadap sumber daya yang dimiliki negeri ini sudah semakin berada pada titik nadir. Hampir setiap kegiatan yang membutuhkan sumber energi menghasilkan sebuah pemborosan, mulai dari sektor minyak dan gas bumi beserta cabang bisnisnya. Tiada alternatif lain yang mampu dipikirkan bagi penguasa negeri ini untuk bisa segera keluar dari ancaman dehidrasi tersebut. Bicara masalah ekonomi sangat erat hubungannya terhadap sumber energi dimana sudah dijelaskan pada Undang – Undang Dasar 1945 pasal 33 yaitu perekenomian disusun atas usaha bersama dan kekeluargaan.

Cabang produksi, bumi, air beserta kekayaan alam lainnya dikuasai oleh negara dan semata – mata untuk kemakmuran rakyat secara keseluruhan. Hanya saja dari sejak kepemimpinan berganti, prinsip dasar tersebut sudah tak lagi menjadi dasar bagi mereka sang pemberi perintah. Bukti terhadap semakin menipisnya cadangan minyak bumi beserta tingginya harga yang langsung dibebankan kepada masyarakat, menandakan sudah gagalnya pemerintah dalam mengatur segala keperluan energi di negeri ini.

Energi

Energi

Seperti kita ketahui bersama, energi ini bisa menghasilkan sumber daya lainnya untuk dijadikan penggerak atau roda bagi industri lainnya. Seperti kelistrikan dimana mampu menopang hampir dari setengah jumlah kota di satu pulau. Ada beberapa jenis pembangkit listrik dimana dihasilkan oleh tenaga atau energi yang berasal dari berbagai sumber yaitu:

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air Sesuai dengan sumbernya yaitu air, dimana pengelolaan dimanfaatkan atas dasar aliran dari beberapa pertemuan sungai deras menyatu pada satu titik yaitu waduk menjadi sebuah tenaga baru untuk digunakan oleh sektor indutri maupun rumah tangga.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap Digerakkan oleh generator menuju turbin secara kinetik bersumber dari uap panas. Prosesnya membutuhkan sumber daya tambahan yaitu batubara dan minyak bumi.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya Bersumber pada tenaga matahari langsung dimana prosesnya dengan menembakkan cermin yang dipantulkan melalui sinarnya pada satu titik pada sebuah mesin pembangkit.

Sejumlah pembangkit tersebut mendiami beberapa area kosong pada suatu wilayah yang sangat luas dan jauh dari pemukiman warga, agar tidak menimbulkan polusi suara maupun udara yang mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya. Sepanjang berpuluh bahkan sampai raturan kilometer dibentangkan berbagai kabel tembaga berukuran besar demi menyokong sebuah energi agar bisa digunakan secara merata di semua wilayah. Penyaluran tersebut bukan berarti tidak memiliki unsur negatif secara penerapannya, melainkan justru menyumbangkan polusi dalam bentuk lain didasar tanah. Mungkin tidak secara langsung dirasakan, karena unsur ataupun bagian atas beberapa pembangkit tersebut menggunakan kimiawi dari berbagai sumber yang secara komposisi sangat besar.

Untunglah, para ilmuwan mampu mengembangkan beberapa teknologi yang mampu menetralkan unsur hara dalam tanah supaya tidak lagi tercemar. Banyak kita jumpai di toko – toko besar ternama menjual alat penyuling atau semacam filtrasi sebagai akibat kurang bersihnya kandungan zat pada air tanah.

Bahkan, kita sebagai manusia pun sangat membutuhkan asupan serta gizi yang cukup agar mampu menghasilkan energi cukup untuk melakukan semua aktifitas. Mulai dari melakukan olahraga secara teratur juga menanam tenaga demi terhindar dari berbagai penyakit akibat penumpukan lemak berlebihan. Tiada satupun makhluk hidup didunia ini tidak membutuhkan tenaga demi perkembangannya untuk bertahan dalam segala kondisi kehidupan. Tumbuhan juga memerlukan matahari sebagai upaya menyelenggarakan proses fotosintesis, sampai kepada perkembangannya menjadi buah ataupun munculnya bunga sebagai tahap kematangan. Demikian pula halnya dengan sikus kehidupan hewan, sangat membutuhkan pula energi untuk proses pertumbuhannya, melalui mekanisme mencari makanan di alam liar.

Mengingat betapa pentingnya hal tersebut, upayakan agar setiap kita saling menghargai demi kelangsungan hidup bersama. Baik dengan cara memelihara lingkungan sekitar maupun menggunakan semua sumber daya secara efisien. Karena dunia ini tidak hanya kita sendiri, melainkan ada sejumlah hak makhluk hidup lainnya untuk berkembang biak, meneruskan keturunan termasuk kita sendiri sampai kepada orang lain dimana memiliki hak sama untuk hidup. Mungkin sangat sulit dalam penerapannya, bahkan manusia itu sendiri cenderung egois dimanapun berada, tapi jika tidak dimulai dari diri sendiri siapa lagi nantinya akan mampu berkontribusi secara baik dan matang untuk menjaga semakin terbatasnya energi saat ini.

Sumber gambar : http://net.grundfos.com/doc/webnet/skoletjenesten/images/energikredsloeb.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0