Fungsi Internet | Kumpulan Fungsi Internet dan Manfaatnya

Fungsi Internet ? Sebagai pemakai komputer tentu saja kita harus mengenal Fungsi Internet. Atau paling tidak tentu pernah mendengarnya. Banyak pemakai komputer mengatakan internet itu dengan sebutan dunia maya elektronik.

Ada pula yang menyebutkannya dengan alam gaib. Adapun sebutannya, satu hal yang pasti , dunia internet memang dunia yang tidak kasat mata dan menggemaskan.

Dunia internet itu dapat dimasuki, ditelusuri, dijelajahi dan dinikmati dengan komputer yang mempunyai kemampuan koneksi ke jaringan internet.

Berbagai cara pemakai komputer dalam memakai internet. Ada yang memakainya untuk mendirikan suatu bisnis. Ada yang memakainya hanya untuk berkirim surat elektronik. Ada yang memakainya untuk melihat-lihat suatu situs saja. Ada pula yang memakainya untuk peperangan, ada yang memakainya untuk menggali informasi, ada pula yang memakainya untuk sekedar bersenang-senang dan bermain.

Seperti telah kita sebutkan di atas dan pada Sejarah Perkembangan Internet bahwa internet adalah suatu “alam ghaib instan”, artinya kita dapat memasuki dunia tersebut tanpa perlu melakukan ritual doa dan puasa…asal kita mempunyai komputer dilengkapi dengan modem untuk menghubungkan diri ke suatu ISP, kita sudah dapat memasuki dunia maya internet tersebut.

Definisi dan Fungsi Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer global yang menghubungkan para user internet satu dengan yang lain, yang di dalamnya terdapat berbagai macam sumber informasi dan ilmu pengetahuan bagi pemakai internet tersebut mulai dari yang interaktif, statis dan dinamis secara global.

Pemakaian internet bukan merupakan sesuatu hal yang khusus atau istimewa untuk kalangan tertentu, baik dari sisi pendidikan, kalangan masyarakat, profesi, dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet, mulai dari orang tua sampai anak kecil telah akrab dengan internet.

Fungsi Internet

Fungsi Internet

Justru disinilah terkadang timbul banyak masalah ! sebab dengan metode instan inilah banyak pemakai internet memasuki dunia ghaib tersebut tanpa bekal yang cukup untuk “bertahan hidup”. Terkadang ia akan beberapa kali jatuh bangun karena kenakalan pemakai lain yang (merasa) memiliki bekal ilmu yang cukup dalam menjelajah internet. Bahkan ada yang harus merelakan kehilangan data kerusakan sistem komputer yang dipakainya untuk memasuki dunia gaib instan. Menjadi bulan-bulanan dan obyek permainan sebagai pecundang tanpa menyadari konsekuensi yang akan dihadapi.

Manfaat internet sangat bergantung pada produk dan inovasi yang ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dibanding  produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana komunikasi bisnisnya, apakah dia seseorang produsen, distributor atau seorang pengecer.

Kumpulan Fungsi Internet

Berikut ini adalah fungsi/kegunaan internet, misalnya :

  1. Memperpendek jarak komunikasi menggunakan internet dengan user internet lainnya di seantero dunia
  2. Memudahkan pengguna untuk mencari data apapun di internet
  3. Melakukan interaksi di dunia maya satu sama lain secara mudah
  4. Memberikan informasi atau pengetahuan pada pengguna tiada batas
  5. Mempermudah kegiatan belajar mengajar oleh seorang pengajar kepada siswanya
  6. Mempermudah penyimpanan file dan dokumen digital yang dapat di akses kapan saja dan di mana saja
  7. Mempermudah seseorang untuk melakukan kegiatan dan berkegiatan dengan cara berpromosi melalui internet
  8. Mempermudah mencari letak suatu lokasi yang diperlukan dengan fasilitas GPS atau google map

Berikut ini adalah contoh fungsi internet dan manfaat Internet sebagai media bisnis:

  1.  Menciptakan basis bisnis pada pelanggan.
  2.  Menganalisis produk dan pasar.
  3.  Memberikan konsultasi dan bantuan  di bidangnya.
  4.  Perekrutan tenaga kerja
  5.  Akses informasi dan penyebaran informasi.
  6.  Komunikasi yang efektif dan efisien berbiaya murah.
  7.  Peluang bisnis yang baru.

Selain dari manfaat tersebut di atas, ada pula dampak negatif dari internet, banyak kasus penipuan yang berkedok belanja online di internet, penculikan melalui perkenalan lewat media sosial, pembajakan (hack) sebuah situs serta penyebaran virus melalui media internet.

Berikut ini adalah beberapa contoh penyalahgunaan dari fungsi internet tersebut dalam penggunaan jejaring sosial (Facebook/Twitter) :

  1. Penyebaranluasan foto yang kurang etis
  2. Perselingkuhan karena dapat menjalin pertemanan dengan berkomunikasi secara rahasia, jejaring sosial seperti twitter dan Facebook dapat menimbulkan perselingkuhan dan kecemburuan.
  3. Penculikan dan perdagangan manusia dengan fasilitas internet
  4. Bulliying dan penyebarluasan kata-kata kasar
  5. Ajang pamer dan kesombongan
  6. Ajang untuk membicarakan seks dan narkoba
  7. Perjudian secara online

Sebagai penutup saya menyarankan untuk menggunakan media internet secara bijak dan bertanggung jawab, agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain, karena sekarang pemerintah telah merancang RUU ITE tentang penyalah gunaan media internet untuk kejahatan dunia maya.

Sumber gambar : www.rediff.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0