Gambar Bencana Alam | Informasi Tentang Gambar Bencana Alam

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dari Gambar Bencana Alam Inilah sebuah pesan singkat yang sering kita jumpai disejumlah daerah, dimana memiliki peluang besar pada terjadinya pencemaran lingkungan. Limbah rumah tangga sudah semakin tak terbendung bersumber dari banyaknya konsumsi masyarakat yang semakin meningkat pada setiap daerah, ditambah sejumlah industri kecil hingga pabrik besar menancap di area dekat lahan subur serta produktif.

Tak ayal banyak ditemukannya sampah berserakan menumpuk menjulang tinggi hingga melebar ke jalan raya serta sungai di dekat pemukiman penduduk. Potret ini hanya sebagian kecil dari segenap ulah manusia secara spontan tanpa adanya rasa kepedulian tinggi dengan lingkungan maupun kondisi alam sekitarnya.

Gambar Bencana Alam

Gambar Bencana Alam

Alam beserta penghuni lainnya merupakan satu komunitas utuh, berdampingan bahkan saling membutuhkan antara satu dengan lainnya. Tiada kata untuk menolak bagi sebuah kelangsungan hidup, semuanya masing – masing memiliki kelebihan agar dapat saling melengkapi serta mengisinya dengan berbagai hal positif. Alam menyediakan sumbernya untuk bisa dimanfaatkan secara optimal bagi semua makhluk hidup, demikian pula penghuninya berperan untuk selalu menjaga, memelihara dari berbagai ancaman pengrusakan sampai kepada sebuah bencana alam terjadi. Hal ini sangat tidak diharapkan bagi semua makhluk hidup, tidak hanya merugikan secara materi cukup besar tetapi justru mengurangi sumber kekayaan alam menjadi semakin berkurang dan terbatas jumlahnya.

Bicara bencana alam, kembali pada eksplorasi besar – besaran dimana telah dilakukan oleh segelintir manusia tidak bertanggung jawab. Hanya sekedar mencari keuntungan semata, bersedia dengan berbagai cara mengambil hasil alam tanpa disertai ukuran. Tidak jarang lahan produktif menjad1i daerah gersang, serta tanah berkontur lembab menjadi gempur mengakibatkan sebuah erosi dan longsor secara periodik. Kerugian pun tidak mungkin berdampak pribadi, melainkan banyaknya pihak baik secara lingkungan maupun geografis mengalami pergeseran. Pertumbuhan juga mengalami hambatan terutama adanya pengrusakan terhadap sumber asupan yang sangat terbatas jumlahnya, dan mengakibatkan kepunahan bagi penghuni alam dimana secara bebas hidup serta bercengkerama dengan alam.

Fenomena perilaku spontan manusia tersebut memiliki dampak luas dan berpeluang terhadap terjadinya sebuah bencana, tidak serta merta membuat mereka jera bahkan semakin berlomba melakukan penyimpangan tersebut. Berikut beberapa bencana alam yang telah terjadi di seluruh tempat di dunia ini, yaitu :

  • GEMPA BUMI
    Sebuah peristiwa mengerikan, dimana datangnya pun sulit diprediksi. Akibat adanya pergeseran tanah dari perut bumi dan membelah permukaannya dalam cakupan luas. Seiring perkembangan teknologi terkini dikembangkan, akhirnya ditemukan alat bernama seismograf yang merekam detail getaran per detik pada media seismogram. Dimana mampu menciptakan sebuah deteksi dini guna mencari sumber gempa beserta peluang terjadinya pada periode tertentu pada satu wilayah. Biasanya terpasang pada titik – titik dimana sangat rawan sekali bagi terjadinya gempa tersebut. 1
  • TSUNAMI 
    Gejala hampir menyerupai gempa bumi, hanya saja tempat terjadinya pada areal samudera lepas.
    Akibat adanya Pergeseran lempeng tanah didalam lautan luas, mendorong terjadinya ombak berkekuatan besar berpeluang menghantam sekeliling pantai hingga permukaan daratan yang berada disekitarnya. Banyak korban jiwa 1berjatuhan karena terbawa arus deras beserta getaran besar mengelilingi bangunan dan roboh seketika.
  • TANAH LONGSOR 
    Pengerukan tanah secara besar – besaran tanpa memikirkan sifat konturnya dimasa mendatang. Biasanya digunakan dalam melebarkan jalan raya serta penebangan pohon sekitar areal pegunungan. Proses terjadinya adalah seluruh permukaaan tanah tiba – tiba berjatuhan mengikis kontur daratan dan memakan secara langsung bangunan yang berada diatasnya.
  • EROSI 1
    Pengikisan tanah yang disebabkan oleh adanya penebangan liar maupun eksplorasi lahan secara luas. Permukaan berkontur tipis oleh karena intensitas hujan, adanya degradasi atau penurunan suatu lahan maupun penyalahgunaan kawasan sebagai bangunan industri. Ini diperparah dikala sebuah lahan produktif, diganti total menjadi bangunan industri besar, membuang limbah ke semua area disertai terhadap kurang tertatanya konstruksi rangka tersebut. Erosi mampu mengakibatkan hilangnya sebuah ekosistem terpadu, dimana sumber makanan tak lagi tersedia secara cukup bahkan hilang tertelan sisa – sisa tanah gersang sebagai kelanjutannya.
  • 1BANJIR
    Hasil dari sebuah guratan sikap manusia arogan dan tamak dimana selalu ingin menguasai lahan seluas – luasnya sekaligus mengambilnya secara spontan. Tiada lagi sumber resapan air beserta penahan bagi unsur – unsurnya agar merata mengalir pada seluruh permukaan tanah. Yang tersisa hanyalah butiran sampah kering beserta dedaunan mengalir menjadi lumpur cair dan siap merendam wilayah disekitarnya.

Sumber gambar:

  • http://pirba.ristek.go.id/file/image/2011/07/gempa-bumi.jpg
  • http://www.indonesiarayanews.com/sites/default/files/styles/caption/public/072012/tanah%20longsor_0.jpg
  • http://postmediaprovince.files.wordpress.com/2012/11/tsunami2.jpg
  • http://goo.gl/RvOEs
  • http://liputanbisnis.com/wp-content/uploads/2013/02/banjir.jpg

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook1Tweet about this on Twitter1Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0