Gambar Jantung – Kumpulan Catatan Terlengkap Mengenai Gambar Jantung

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia. Ibarat kendaraan, jantung adalah mesin untuk menjalankannya. Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal jantung sebatas fungsinya tanpa mengenal struktur dan bagian – bagian dari jantung. Maka itu, sebagaimana judulnya, kali ini saya akan membahas tentang jantung lebih dalam.

Struktur Jantung

Jantung adalah organ otot yang berongga yang berjumlah hanya 1 yang berukuran kurang lebih sekepal tangan dan bentuknya seperti jantung pisang dengan berat 250 – 300 gr. Terletak di tengah rongga dada dan pada permukaan dada teraba pukulan jantung atau yang biasa disebut detak jantung. Ibarat sebuah persegi jantung dibagi menjadi 4 ruang . Bagian atas terdiri dari 2 bagian yaitu serambi (atrium) kanan dan kiri. Bagian bawah terdiri dari 2 bagian yaitu Bilik (ventrikel) kanan dan kiri. Lalu antara serambi (atrium) kanan dan bilik (ventrikel) kanan dibatasi oleh katup yang disebut trikuspid dan antara serambi (atrium) kiri dan bilik (ventrikel) kiri dibatasi oleh katup yang disebut bikuspid (mitral)

Jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu endokardium (lapisan jantung yang terdapat pada bagian dalam), miokardium (lapisan jantung yang terdapat di tengah), perikardium (lapisan yang terletak paling luar atau sebagai pembungkus)

Fungsi Jantung

Jantung berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Kerja jantung sendiri dibagi 2 periode yaitu periode kontraksi (periode sistole) dan periode dilatasi (periode diastole). periode – periode inilah yang didengar ketika seseorang memeriksa tekanan darah.

Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi jantung adalah sistemik. Dari jantung kembali lagi ke jantung. Dimulai dari bilik (ventrikel) kanan yang membawa CO2, darah akan dipompa menuju paru – paru  melewati arteri pulmonal untuk dilakukan proses difusi (pertukaran O2 dan CO2 antara alveoulus dan kapiler). Hasil difusi adalah darah yang mengandung O2. Lalu darah yang mengandung O2 akan mengalir menuju serambi (atrium) kiri melalui vena pulmonal, lalu menuju bilik (ventrikel) kiri lalu menuju aorta lalu ke seluruh tubuh sampai pembuluh darah paling kecil. Di pembuluh darah paling kecil atau pembuluh darah kapiler darah akan mengalami proses perfusi (pertukaran O2 dan CO2 dari sel dan kapiler) dan akan menghasilkan darah yang mengandung  CO2. Darah yang mengandung CO2 akan mengalir melalui pembuluh darh vena dan masuk ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan inferior lalu masuk ke serambi (atrium) kanan lalu menuju ke bilik (ventrikel) kanan dan begitu seterusnya.

Sistem sirkulasi jantung sering dibilang lingkaran setan. karenau sirkulasinya akan terus seperti itu dan tidak pernah terputus sampai akan berhenti sendirinya ketika jantung sudah tidak berfungsi alias manusianya sudah meninggal.

Bunyi Jantung

Jantung memiliki 2 bunyi. Bunyi Jantung 1 terjadi saat periode kontraksi (periode sistole) bunyinya panjang dan biasa terdengar “Lub” . Sedangkan bunyi jantung 2 terjadi saat periode Dilatasi (Periode Diastole) bunyinya pendek dan jelas dan biasa terdengar “Dub” . Apabila jantung terdengar memiliki bunyi lebih dari 2 itu sudah merupakan sebuah kelainan.

Curah Jantung

Curah jantung atau cardiac output adalah jumlah darah yang dipompa jantung tiap menit. Jantung mampu memompa setiap menitnya kurang lebih 4900 ml/menit atau hampir 5 L. Curah jantung akan meningkat saat keadaan cemas, gembira, suhu lingkungan yang tinggi. dan akan menurun saat keadaan duduk, berdiri, atau berbaring.

Nilai normal detakan jantung adalah 70 – 80x/menit tetapi jika kita memeriksanya melalui nadi arteri nilai normalnya menjadi 60 – 100x/menit.Pemeriksaan melaui nadi arteri bisa diperiksa pada bagian – bagian berikut :
1. Radialis yaitu nadi yang terletak di tangan bagian dalam sepanjang ibu jari

2. Ulnaris yaitu nadi yang terletak di tangan bagian dalam sepanjang jari kelingking

3. Brachialis yaitu nadi yang terletak di lekukan pergelangan tangan atau di belakang sikut, biasanya nadi tersebut didengar melalui stetoskop untuk pemeriksaan tekanan darah

4. Dorsalis pedis yaitu nadi yang terletak di dekat mata kaki.

Jantung adalah organ vital manusia maka, jagalah jantung anda sesehat mungkin. Hindari hal – hal yang dapat meningkatkan risiko kerusakan jantung anda. Sayangi jantung anda, jagalah mesin kehidupan anda karena hidup sehat itu tidaklah mahal.

Sumber gambar : sekitarduniaunik.blogspot.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0