Game Catur > Catatan Tentang Game Catur

Kalau anda sedang memperingati malam tujuh belas Agustus di kampung atau kompleks perumahan tempat tinggal, saya yakin anda akan selalu menemukan sebuah permainan yang dimainkan di atas sebidang papan berbentuk bujur sangkar berwarna kombinasi hitam putih, mirip bendera checkered flag yang biasanya selalu ada dalam balap otomotif.

Permainan ini biasanya harus dimainkan berpasangan, karena memang butuh seorang musuh untuk dikalahkan. Sebelum memulai, para pemain menyusun lebih dulu masing-masing enam belas buah bidak berwarna hitam untuk pemain yang satu, dan putih untuk pemain lain, dengan isi bidak masing-masing disebut pion atau pawn, biasanya diletakkan pada barisan paling depan berjumlah delapan, dan dibelakangnya berjajar benteng (rook), kuda (knight), peluncur atau biasanya kita sebut cumcum atau bishop, king dan terakhir queen atau sering kita sebut ster. Ya, ini adalah game catur atau dalam bahasa masyarakat sehari-hari disebut skak, sebuah cabang olahraga sangat populer di dunia, dengan jutaan orang memainkannya bahkan sampai hari ini. Agak aneh memang kalau disebut cabang olahraga, karena tidak ada aktivitas fisik apapun untuk menunjukkan game ini masuk dalam kategori olahraga. Masyarakat kita biasanya menyebut olah otak untuk menggambarkan catur.

Game Catur

Game Catur

Sampai sekarang masih belum diketahui, tahun berapa pertama kali catur ditemukan. Dari berbagai literatur, diduga kuat permainan ini sudah muncul pada zaman Romawi kuno, karena melihat bidak-bidak untuk dijalankan lebih mirip sepasukan kerajaan sedang berperang daripada game lain yang biasa kita mainkan. Supaya bisa bermain, ada peraturan terutama tentang bagaimana cara menjalankan bidak. Untuk pion, anda harus memajukan kedepan selangkah demi selangkah. Kalau ada musuh di sisi serong depan, kiri atau kanan, barulah anda bisa menjalankan sang prajurit ke arah sana untuk me”makan” lawan.

Kalau menjalankan benteng (rook), majukan ke arah depan, belakang samping kiri kanan. Langkah kuda (knight) hanya berupa huruf “L” dengan satu kali ke depan dilanjutkan dua kali ke samping, atau dua kali ke depan dan satu kali ke samping. Bishop atau peluncur dapat dijalankan dengan menggerakkannya secara diagonal, baik kekiri maupun kekanan.

Namun bishop hanya boleh meluncur sesuai warna bidak yang ditempatinya. Langkah paling fleksibel dimiliki oleh queen (ster). Ia dapat maju ke depan dan belakang, maupun serong kiri kanan sesuai bidang kotak yang diinjaknya. Terakhir langkah paling terbatas dimiliki oleh raja (king). Ia hanya dapat berjalan satu langkah saja baik ke depan, belakang, samping, maupun diagonal. Pemain disebut menang kalau ia berhasil menghabiskan bidak lawan paling banyak dan mengunci langkah raja, acapkali disebut checkmate alias skakmat. Permainan bisa saja berakhir seri, dalam kata lain adalah remis, tinggal kesepakatan saja siapa yang rela disebut sebagai pihak yang kalah.

Karena sangat populernya permainan, maka dibuatlah kejuaraan kelas dunia, dimana pada tahun 1886, Wilhelm Steinitz menjadi pemenang resmi pertama kejuaraan catur dunia. Setelah itu di era tahun delapan puluh hingga pergantian milenium, kita mengenal nama Gary Kasparov dan Anatoly Karpov. Dua pecatur asal Uni Soviet (sekarang negara ini sudah pecah menjadi sejumlah negara kecil) paling terkenal ketika itu, karena belum satupun pecatur dunia mampu mengalahkan mereka berdua. Bahkan ketika kedua orang ini berhadapan, lebih banyak hasil draw alias seri daripada menghasilkan salah satu pemenang. Karena kemampuan otak mereka, perusahaan komputer IBM membuatkan tantangan bermain catur melawan komputer rancangan mereka bernama Deep Blue. Sayangnya ketika harus berhadapan dengan sang super komputer, Kasparov harus mengakui keunggulan mesin ciptaan para insinyur IBM tersebut.

Sekarang kalau kita ingin bermain catur, kita tidak perlu repot-repot membeli papan berikut bidak-bidaknya. Cukup membuka komputer rumah, laptop, bahkan tablet PC, unduh gamenya kalau memang masih belum punya, dan permainan paling populer setelah sepakbola ini sudah siap untuk kita mainkan. Asyiknya lagi, selain bisa bermain dengan teman kita di komputer yang sama, kita juga bisa bermain melawan si komputer, persis seperti Kasparov melawan Deep Blue, dan kita juga bisa menantang pecatur-pecatur dari seluruh dunia melalui game online. Menarik bukan? Kalau begitu, siapkan diri anda menjadi seorang Grandmaster baru sekarang juga!

Sumber tulisan: http://en.wikipedia.org/wiki/Chess

Sumber gambar: http://blogmarvell.blogspot.com/2012/06/10-fakta-menarik-dari-sejarah-catur.html

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0