Game Drum : Tulisan Menarik Game Drum

Game Drum merupakan permainan bertipe simulasi dimana pemain akan memainkan peralatan drum dan memukul drum sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh permainan, umumnya berupa not yang bergerak menuju bagian bawah layar sehingga pemain harus memukulnya ketika not tersebut menyentuh sebuah garis yang terletak di bagian bawah layar.

Terdapat beberapa permainan game drum yang beredar di pasaran, tapi yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah permainan DrumMania milik Bemani. Bemani merupakan bagian dari sebuah perusahaan game bernama Konami Digital Entertainment, yang bergerak di bidang musik. DrumMania pertama kali muncul pada tahun 1999 sebagai permainan arcade, kemudian muncul di PlayStation 2 pada tahun 2000. Sejak saat itu, muncul beberapa seri baru hampir setiap tahunnya, dari DrumMania sampai DrumMania V6. Pada tahun 2010, penggunaan nama menggunakan angka dan angka romawi berubah menjadi XG, tatanan alat yang digunakan berubah, yang menambahkan floor tom, left cymbal, left pedal pada mesin. Setelah muncul versi XG, Bemani mulai memfokuskan diri untuk mengembangkannya, sehingga versi sebelumnya berhenti hingga versi V8. Versi terbaru yang beredar di pasaran adalah XG3. Permainan ini juga dapat dihubungkan dengan permainan lainnya bernama GuitarFreaks, sehingga kita dapat bermain bersama maksimal dua teman lainnya, satu bermain menggunakan drum, sedangkan dua lainnya menggunakan gitar.

Game Drum

Game Drum

DrumMania mengsimulasikan drum asli. DrumMania menggunakan kontroler berbentuk seperti sebuah satu set drum asli. Lima buah pad ditata dari kiri ke kanan yaitu hi-hat, snare drum, high tom, low tom, cymbal, dan bass. Pada seri XG, left cymbal, left pedal, dan floor tom ditambahkan pada peralatan. Selama permainan, kita akan memukul pad dan menginjak pedal sesuai dengan note yang bergerak dari atas ke bawah layar, sesuai dengan musiknya. Akurasi akan ditentukan dengan seberapa tepat waktu memukul pad atau meginjak pedal sesuai dengan lagunya. Sistem penilaian yang digunakan berubah-ubah seiring dengan perkembangan seri, sekarang digunakan adalah Perfect, Great, Good, Poor dan Miss. Jika pemain mendapatkan Poor atau Miss, maka nyawa pemain yang dilambangkan dengan sebuah bar bernama “Excite Gauge” akan berkurang, dan sebaliknya, jika bermain dengan akurasi baik, maka nyawa pemain akan bertambah.

Jika nyawa pemain habis, maka permainan akan berakhir. Kita dapat memainkan tiga sampai dengan lima lagu tergantung dari konfigurasi permainan, adanya kemungkinan mendapatkan satu atau dua lagu tambahan jika pemain berhasil memainkan lagu sebelumnya dengan baik.

Ketika pemain berhasil melewati sebuah lagu, mereka akan mendapatkan ranking, dilambangkan huruf sesuai dengan performa mereka ketika memainkan lagu tersebut. Rankingnya bisa bernilai dari E sampai A, dan S sampai SS, tergantung dari seberapa bagus pemain memainkan lagu tersebut, dan sistem penilaian yang digunakan, karena sistem ranking versi V dan XG berbeda.Sebagai contoh, untuk seri V, pemain akan mendapatkan S jika total persentase Good, Poor, dan Miss pada akhir lagu tidak lebih dari 5%, sedangkan pada versi XG, pemain akan mendapatkan S apabila percentase akhir mereka mencapai 80%.

Pada awalnya, DrumMania menggunakan bintang untuk menunjukan kesulitan sebuah lagu dibandingkan lainnya. Sistem ini digunakan pada DrumMania sampai DrumMania 3rd Mix.

Dimulai dari DrumMania 4th Mix sampai sekarang (seri V), ada tiga kesulitan lagu, Basic, Advanced, dan Extreme dengan rating kesulitan dari 10 sampai 99. Beberapa lagu hanya memiliki tingkat kesulitan tertentu. Pada seri XG, tingkat kesulitan diubah menjadi empat, Novice, Regular, Expert, terakhir Master, dengan rating kesulitan dari 1.00 sampai 9.99.

Extra Stage pertama kali diperkenalkan pada DrumMania 3rd Mix. Extra Stage dapat diperoleh ketika beberapa persyaratan sudah terpenuhi. Encore Stage dapat diperoleh ketika pemain memainkan lagu Extra Stage dan beberapa persyaratan terpenuhi. Ada versi lain dari Encore Stage yaitu Premium Encore Stage, namun persyaratan untuk memperolehnya jauh lebih sulit daripada Encore Stage. Premium Encore Stage pertama kali diperkenalkan pada DrumMania 9th Mix.

Pada awalnya, ketika pemain berhasil mendapatkan Extra Stage, pemain diwajibkan memainkan lagu Extra Stage tersebut. Di versi berikutnya, mereka dapat memainkan lagu yang mereka inginkan ketika Extra Stage, namun jika mereka tidak memilih lagu tersebut, maka mereka tidak dapat mendapatkan Encore/Premium Encore Stage.

Sumber gambar: www.gamesdbase.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0