Gaya Hidup > Artikel Terkait Gaya Hidup

Gaya hidup adalah bagian dari kehidupan manusia dan merupakan kebutuhan sekunder yang bergerak sesuai jaman dan keinginan setiap individu. Gaya hidup seseorang dilihat dari cara mereka berpenampilan, makanan mereka, kebiasaan-kebiasaan mereka, tata cara berbahasa, dan lain-lain. Setiap manusia bebas memilih gaya hidup mereka masing-masing apakah itu mengarah ke hal yang positif/baik ataukah mengarah ke hal yang negatif/buruk.

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa bentuk gaya hidup manusia, antara lain adalah :
  • Industri Gaya Hidup

Industri gaya hidup sebagian besar merupakan gaya hidup yang bedasarkan pada penampilan, baik dari pakaian maupunaksesoris pada tubuh. Misalkan anak punk, mereka memiliki gaya hidup dengan ciri khas pada rambut, tindik dan pakaian mereka. Gaya hidup jenis ini seolah-olah berkata “Jika kamu bergaya, maka kamu ada”.

  • Iklan Gaya Hidup
Dalam masyarakat modern, perusahaan, politisi, dan individu semuanya terobsesi dengan citra/image.  Budaya citra dan budaya cita rasa dibentuk oleh serangan iklan yang menanamkan gaya visual. Iklan menyembahkan gaya hidup dengan menanamkan secara halus arti pentingnya citra untuk tampil di muka publik. Iklan sangatlah mempengaruhi setiap induvidu pada jaman modern ini.
  • Gaya Hidup Artis

Pemuda jaman kini menentukan gaya hidupnya berbasis pada artis selebriti. Para artis membantu dalam pembentukan gaya hidup masyarakat. Dengan bantuan media elektronik, pada pemuda dapat dengan mudah mengetahui dan meniru gaya-gaya artis masa kini.

  •  Gaya Hidup Mandiri

Seseorang dikatakan memiliki gaya hidup mandiri jika orang tersebut dapat hidup tanpa bergantung mutlak kepada orang lain. Dalam gaya hidup mandiri seseorang dapat dengan bebas untuk menentukan pilihannya yang telah tentukan secara matang dan membuat inovasi yang kreatif untuk menunjang kehidupannya tersebut.

  • Gaya Hidup Hedonisme

Hedonisme adalah suatu gaya hidup yang aktivitas sehari-harinya untuk mencari kesenangan hidup, contohnya seperti menghabiskan waktu untuk berbelanja, membeli barang-barang mahal, banyak bermain, clubbing, dan lain-lain. Gaya hidup ini dapat menjadi menyimpang jika apa yang dilakukannya tidak dipikirkan secara matang dengan nalarnya, bisa jadi seseorang terjebak dalam kegelapan, seperti mabuk-mabukan, seks bebas, penggunaan obat-obatan dan apapun hal yang buruk yang penting seseorang tersebut dapat tercapai kesenangannya.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi gaya hidup manusia antara lain adalah:

  • Sikap seseorang
  • Pengalaman dan pengamatan terhadap kehidupan sehari-hari
  • Kepribadian seseorang
  • Konsep diri dalam menentukan hidup
  • Persepsi
Adapun faktor-faktor eksternal adalah sebagai berikut :
  • Kelompok referensi (orang yang memberikan pengaruh baik secara langsung atau tidak langsung terhadap seseorang)
  • Keluarga
  • Kelas sosial (Jabatan, Harta, dan lain-lain)
  • Kebudayaan
  • Lingkungan
Dapat disimpulkan bahwa Gaya hidup dapat dipengaruhi dari berbagai arah baik eksternal maupun internal. Gaya hidup seseorang akan menentukan penilaian dari orang lain terhadap seseorang tersebut, gaya hidup yang baik seperti gaya hidup mandiri atau gaya hidup yang sehat mungkin akan mendapat penilaian baik juga dari seseorang, dan juga sebaliknya, gaya hidup yang buruk seperti seks bebas, mabok-mabokan, dan lain-lain akan memberikan penilaian buruk dari seseorang, tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang yang memiliki gaya hidup yang baik atau biasa saja akan dikucilkan, contohnya jika seseorang tersebut memiliki gaya hidup mandiri tetapi tidak bisa bergaul atau berdaptasi dengan gaya hidup masa kini baik dari cara berpakaian maupun tutur katanya. Kita harus bisa beradaptasi dengan gaya hidup modern tetapi bagaimana caranya agar kita tidak melenceng dari nilai agama maupun nilai kemanusiaan.
Kebanyakan orang yang bergaya hidup modern memiliki tingkat stres dan depresi yang tinggi, seperti pada orang di perkantoran, setiap hari mereka harus meluangkan waktu untuk menghadapi pekerjaan dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Kegiatan berulang tersebut bisa membuat anda stres, maka dari itu luangkan lah waktu untuk beristirahat, yoga disaat waktu sempat, banyak bersyukut, dan mendekatkan diri pada Tuhan. Semoga bacaan tentang gaya hidup ini dapat bermanfaat bagi pembaca, selamat memilih gaya hidup yang akan anda tempuh :)

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0