Gelombang Elektromagnetik | Artikel Terkait Gelombang Elektromagnetik

Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini maka makin meningkatkan penggunaan gelombang elektromagnetik didalam kehidupan sehari-hari. Gelombang elektromagnetik sebenarnya pasti ada disekitar kehidupan kita, salah satunya adalah sinar matahari dan gelombang radio, karena tidak memerlukan media perantara untuk penyebarannya. Spektrum gelombang elektromagnetik terdiri dari berbagai jenis lainnya, dimana membedakannya melalui frekuensi atau panjangnya suatu energi. Energi tersebut marambat pada gelombang dengan beberapa karakter yang dapat diukur, seperti:

  • panjang gelombang: jarak antara dua puncak.
  • frekuensi: jumlah suatu gelombang yang melewati suatu titik dalam satuan waktu.
  • amplitude: sebuah tingginya gelombang.
  • kecepatan: kecepatan suatu frekuensi dalam merambatkan gelombang.

    Gelombang Elektromagnetik

    Gelombang Elektromagnetik

Jalur tersebut sendiri dipancarkan oleh massa alam semesta pada tingkatan berbeda-beda, jika tingginya tingkatan energi dalam suatu sumber, maka semakin rendah panjang gelombang energi untuk dihasilkan tetapi semakin tinggi frekuensi untuk dihasilkan. Beragam perbedaan karakteristik energi digunakan untuk dikelompokkan kedalam alur  elektromagnetik. Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan, terdapat  beberapa ciri gelombang elektromagnetik yaitu:

  • Terjadinya perubahan medan listrik dan suatu medan magnet hingga terjadi pada waktu bersamaan, maka kedua medan tersebut mempunyai tingkat tinggi dan rendah pada waktu dan tempat secara bersamaan.
  • Arah medan listrik dan magnet saling tegak lurus dan terhadap arah rambatan gelombang.
  • Elektromagnetik adalah sebuah gelombang transversal.
  • Seperti pada hal umumnya, gelombang elektromagnetik akan mengalami kejadian pemantulan, pembiasan, interfensi dan difraksi. Juga mengalami kejadian polarisasi karena termasuk transversal.
  • Cepat sebarnya pancaran elektromagnetik tergantung pada sifat listrik dan magnetik media yang digunakan.

Sumber energi tersebut berasal dari osilasi listrik, sinar matahari juga dapat menghasilkan sinar inframerah, lampu merkuri juga menghasilkan ultraviolet dan penembakan elektron akan terjadi didalam tabung hampa pada suatu kepingan logam yang dapat menghasilkan sinar X. Inti atom dimana tidak stabil maka akan menghasilkan sebuah sinar gamma. Susunan semua jenis bentuk alur elektromagnetik berdasarkan atas panjangnya energi dan frekuensi yang disebut spektrum elektromagnetik.

Berikut beberapa contoh yang diterapkan dikehidupan sehari-hari dalam mengunakan alur elektromagnetik:

  • Radio: radio energi adalah suatu bentuk tingkatan energi elektromagnetik terendah dengan jangkauan panjang energi dari ribuan kilometer hingga kurang dari satu meter. Digunakan pada alat komunikasi, meneliti luar angkasa serta sistem sebuah radar. Radar sendiri mempunyai fungsi sebagai alat untuk mempelajari cuaca, curah hujan, pergerakan es dikutub serta memonitoring lingkungan. Radar mempunyai daya cakup dengan panjang energi 0.8 hingga 100 cm.
  • Microwave: mempunyai panjang alur radiasi mencakup antara 0.3 hingga 300 cm, digunakan dalam komunikasi serta pengiriman sebuah informasi melewati ruangan terbuka, memasak, PJ aktif.
  • Inframerah: dapat mendiagnosis kondisi kesehatan dengan menyelidiki pancaran inframerah pada tubuh. Termogram adalah sebuah foto inframerah khusus yang digunakan untuk mendeteksi sirkulasi darah, radang sendi serta kanker. Radiasinya pundapat dipergunakan untuk sebuah alarm dan untuk sebuah remote control tv yang dihasilkan dari sebuah led (led emiting diode) sehingga kita dapat menyalakan tv dari jarak jauh.
  • Ultraviolet: diperlukan serta digunakan untuk asimilasi tumbuhan serta dapat membunuh kuman yang menimbulkan penyakit pada kulit.
  • Sinar x: dalam dunia kedokteran sinar X sering digunakan untuk memfoto posisi tulang dalam tubuh, terutama pada kejadian patah tulang. Dalam penggunaan sinar X kita harus berhati-hati karena akan berakibat kerusakan jaringan sel manusia dari penggunaan sinar X yang terlalu lama.

Jika kita simpulkan kegunaan energi elektromagnetik mempunyai peranan penting yang bermanfaat didalam kehidupan sehari-hari serta dunia kedokteran. Spektrum elektromagnetik dapat diperincikan dalam panjang energi, frekuensi dan tenaga perfoton. Spektrum tersebut dapat terbagi dalam beberapa jenis dimana terentang dari sinar gamma alur pendek mempunyai energi tinggi hingga pada alur mikro dan alur radio dengan alur yang panjang. Hal tersebut sangat membantu kita dalam mengetahui cara kerja dari sebuah alat elektronik, seperti telepon, tv, radio, microwave, radar dan lainnya. Serta dapat digunakan dalam dunia kesehatan yang dapat membantu kita dalam memberikan informasi tentang suatu kejadian yang terjadi didalam tubuh. Tetapi dalam pemanfaatannya tersebut kita juga harus mengetahui efek sampingnya.

Sumber gambar: geo.fis.unesa.ac.id

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0