Gelombang

Pada zaman modern ini teknologi adalah sesuatu hal yang penting, dengan teknologi segala pekerjaan kita semakin mudah dan menjadikan jarak yang ribuan mil tidak menjadi kendala, seperti halnya telepon. Faktor-faktor penting dalam mendukung keberadaan serta kemajuan sebuah teknologi adalah sarana seperti energi atau gelombang yang berfungsi sebagai sebuah media. Banyak berbagai barang elektronika menggunakan serta memanfaatkan sifat-sifat gelombang, seperti sifat gelombang yang bisa merambat diruangan hampa digunakan untuk membuat lampu, dimana disebuah lampu tersebut mempunyai ruang hampa. Berbagai alat elektronik disekitar kita yang teknologinya menggunakan media gelombang, namun sebagian masyarakat belum seutuhnya mengetahui dan memahami.

Definisi Gelombang

Gelombang adalah sebuah getaran (osilasi) yang merambat pada sebuah media atau tanpa media dan tanpa disertai perambatan pada bagian media tersebut. Dalam kerjanya, gelombang memindahkan suatu energi dari satu tempat ke tempat lain. Dalam jenis gelombang dibedakan oleh medianya serta berdasarkan arah penyebarannya. Berdasarkan media penyebarannya, gelombang dibedakan menjadi dua yaitu mekanik dan elektromagnetik.

Gelombang

Gelombang

Berdasarkan dua perbedaan diatas, maka mekanik adalah sebuah gelombang dimana penyebarannya melalui sebuah medium sebagai media penyebarannya. Hal tersebut tidak dapat melakukan penyebaran tanpa adanya sebuah media sebagai perantaranya seperti pada air, tali dan suara. gelombang pada sebuah tali akan penyebarannya melalui tali sebagai medianya, pada permukaan air penyebarannya melalui air, pada suara melalui udara, cairan dan benda padat.

Sifat Gelombang

Terdapat beberapa sifat pada gelombang mekanik adalah:

  • Penyebaran suatu frekuensi pada medium mempunyai tingkat laju tertentu yang dinamakan cepat rambat gelombang, Tingkat laju atau cepat rambat gelombang sangat ditentukan oleh sifat mekanik media.
  • Partikel dari media tidak menyebar melalui ruangan-ruangan media tetapi partikel media bergerak bolak-balik terhadap posisi kesetimbangan partikel.
  • Gelombang menyalurkan energi dari satu tempat ke tempat lain didalam media, tetapi hanya memindahkan energi bukan partikel.

Sedangkan pada elektromagnetik merupakan frekuensi yang merambat tanpa memerlukan suatu media sebagai medium penyebarannya. Karena frekuensi elektromagnetik dapat merambat tanpa perlu adanya medium, frekuensi ini dapat merambat tanpa sebuah medium.

Penggunaan Frekuensi Gelombang

Frekuensi tersebut dapat merambat pada ruangan hampa seperti cahaya, radio, radiasi infra merah, sinar X dan ultraviolet. Hal tersebutlah yang membuat sinar matahari dapat menyinari bumi mekipun melewati ruangan hampa. Semua susunan bentuk frekuensi elektromagnetik atas dasar panjang suatu frekuensi dan disebut spektrum elektromagnetik seperti contoh penggunaannya adalah:

  • Radio: adalah sebuah bentuk energi elektromagnetik paling rendah dengan kisaran panjang pancaran dari ribuan kilometer hingga kurang dari satu meter.
  • Mikrowave: panjang pancaran radiasi mikrowave antara 0.3 – 300 cm, digunakan terutama dalam komunikasi dan pengiriman informasi melalui ruangan terbuka.
  • Sinar infra merah: dapat mendiagnosis kesehatan kondisi tubuh melalui penyelidikan pancaran inframerah dari tubuh, foto inframerah disebut termogram digunakan untuk mendiagnosa masalah sirkulasi darah, radang sendi dan kanker.
  • Sinar X: sinar X sering digunakan dalam dunia kedokteran untuk memfoto posisi tulang dalam tubuh terutama untuk tulang yang patah, dalam penggunaan sinar X haruslah berhati-hati karena jaringan sel manusia akan rusak jika menggunakan sinar X terlalu lama.
  • Ultraviolet: diperlukan untuk asimilasi tumbuhan serta dapat mematikan kuman penyakit kulit.
  • Sinar gamma: sebuah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik.

Berdasarkan arah penyebarannya frekuensi dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Transversal: adalah frekuensi dimana arah getarannya tegak lurus terhadap arah sebarnya, misalnya pada tali dan cahaya.
  • Longitudinal: adalah frekuensi dimana arah getarnya searah dengan arah sebarnya, misalnya bunyi dan slinki yang ditarik atau ditekan.

Sifat-sifat fasisnya meliputi:

  • Pemantulan
  • Pembiasan
  • Polarisasi
  • Dispersi
  • Difraksi
  • Interferensi

Bunyi merupakan termasuk longitudinal maka termasuk mekanik karena memerlukan sebuah medium, sifat bunyi sama seperti sifat secara umum tetapi bunyi tidak dapat mengalami polarisasi. Frekuensi memiliki tiga jenis yaitu audiosonik, ultrasonik dan infrasonik, berikut penjelasannya:

  • Audiosonik adalah frekuensi bunyi yang bisa kita dengar, berada pada kisaran antara 16 Hz hingga 20 ribu Hz.
  • Infrasonik adalah sebuah frekuensi yang berada dibawah audiosonik, yaitu lebih kecil dari 16 Hz.
  • Ultrasonik adalah frekuensi bunyi yang berada diatas audiosonik, yaitu diatas dari 20.000 Hz.

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0