Harian Seputar Indonesia : Kumpulan Tulisan Terkait Harian Seputar Indonesia

Seputar Indonesia adalah program berita yang ditayangkan oleh stasiun TV swasta RCTI. Nama dari program ini kemudian diadopsi oleh surat kabar yang diterbitkan oleh grup media yang sama dengan RCTI. Versi cetaknya disebut dengan Harian Seputar Indonesia yang terbit untuk pertama kalinya pada tanggal 29 Juni 2005. Pada awal penerbitan, koran ini hanya beredar di wilayah Jakarta. Selanjutnya secara bertahap koran ini mulai diedarkan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di kota besar.

Saat awal penerbitan, Harian Seputar Indonesia dijual secara eceran dengan harga Rp 2.000 per eksemplar. Harga yang sama terus dipertahankan hingga masuk pertengahan tahun 2006. Untuk alasan harga kertas yang meningkat, koran ini sempat dijual eceran seharga Rp 4.000. Hanya saja harga tersebut tidak bertahan lama. Pada tahun 2007 harga ecerannya diturunkan menjadi Rp 3.000.

Harian Seputar Indonesia terbit 7 hari setiap minggunya sepanjang tahun. Format penerbitan menggunakan kertas dengan tinggi 54 cm. Kertas tersebut dibagi dalam 7 kolom yang tersebar di 44 halaman dan dikelompokkan dalam 3 bagian. Pada dasarnya format ini mirip dengan surat kabar cetak lainnya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan.

Gaya penyajian berita pada koran Seputar Indonesia menyasar masyarakat menengah ke atas. Target pembacanya adalah mereka yang berpendidikan sarjana atau yang sedang kuliah mulai dari umur 18 tahun hingga 40 tahun. Bila melihat penyebaran gender, maka koran ini mempunyai pembaca laki-laki sebesar 60% dan sisanya adalah perempuan. Jumlah oplah yang berhasil diperoleh koran ini mencapai lebih dari 300 ribu pembaca.

Ada beberapa varian yang bisa ditemui dari Harian Seputar Indonesia. Pada 2005, yaitu tahun yang sama ketika awal terbit, koran ini pernah dibuat versi sore hari. Berbeda dengan versi aslinya, varian koran sore mempunyai berita ringan dengan porsi yang lebih besar. Jumlah halamannya pun hanya 16 halaman. Koran sore hanya disediakan bagi pembeli yang sudah berlangganan dan tidak dijual secara eceran. Varian ini sempat bertahan beberapa lama hingga tahun 2008. Versi sore hari dari harian ini kemudian dihentikan dengan alasan keuntungan yang sedikit.

Varian lain dari harian yang sama adalah edisi lokal. Semenjak bulan September 2005, Koran Seputar Indonesia terbit dalam versi lokal untuk beberapa wilayah tertentu. Edisi lokal dari koran ini bisa ditemukan di Bandung, Solo, Semarang, Medan, Surabaya, Palembang dan Makassar. Diluar daerah yang sudah disebutkan, koran ini hanya tersedia dalam edisi normal. Edisi lokal dijual sedikit lebih murah, yaitu seharga Rp 2.500.

Setelah terbit selama beberapa tahun, Harian Seputar Indonesia akhirnya secara resmi berganti nama menjadi Koran SINDO. Pergantian nama secara resmi terjadi pada tanggal 1 Maret 2013 dengan tagline berupa “Generasi Semangat Baru”. Perubahan yang terjadi tidak hanya pada nama dan logo saja, namun layout dari koran ini turut berubah. Perubahan dilakukan setelah pihak pengelola media ini melakukan survey pembaca.

Agar Koran SINDO semakin populer setelah berganti nama, pihak pengelola melakukan beberapa kegiatan promosi, seperti melakukan kunjungan promosi ke kampus. Selain itu pengelola media ini juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan armada taksi Bluebird. Hasil dari kerja sama ini membuat penumpang bisa menikmati Koran SINDO di semua armada taksi Bluebird.

Selain koran ada media lain dari grup yang sama yang menggunakan nama SINDO, seperti SINDOtv, SINDO Trijaya FM, dan SINDO Weekly. Sesuai dengan namanya SINDOtv adalah sebuah stasiun televisi. Dalam jaringan yang sama SINDO Trijaya FM menyiarkan berita melalui medium radio. Sementara SINDO Weekly adalah media cetak dalam bentuk majalah yang terbit mingguan. Bila Koran SINDO menampilkan berita terbaru secepat mungkin, makan SINDO Weekly menghadirkan berita dalam laporan yang lebih mendalam.

Semua produk media yang menggunakan kata SINDO merupakan bagian dari SINDO Media. Ini adalah anak perusahaan yang dimiliki oleh Media Nusantara Citra (MNC), yaitu kelompok media yang menaungi RCTI dengan program beritanya yang bernama Seputar Indonesia.

Sumber gambar koran-sindo.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0