Home Industri – Kumpulan Tulisan Tentang Home Industri

Salah satu jenis Usaha Kecil dan menengah adalah Home Industry atau industri rumahan. Industri rumahan ini tidak memiliki bangunan khusus layaknya industri skala besar pada umumnya. Hasil dari produksinya pun hanya dijual di daerah sekitar industri atau di pasar. Namun hal tersebut bukan berarti jangkauannya tidak bisa lebih luas. Pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali industri rumahan yang memperluas pemasarannya hingga ke luar daerah dan lebih luas. Industri rumahan sangat berperan penting dalam pembangunan sektor ekonomi.

Dengan skala kecil diharapkan dapat menjadi pondasi utama dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi di Indonesia. Jika sektor ekonomi terus mengalami peningkatan maka bukan hal yang mustahil kemajuan negara akan tercapai. Dalam industri rumahan tidak terlalu menuntut syarat khusus pada urusan administari karena seluruh kegiatan produksi dilakukan di dalam rumah atau menggunakan bangunan milik sendiri.

Namun untuk urusan pasar, usaha ini masih terkena pajak, yaitu pajak penghasilan. Seluruh pekerjaan pasti tidak luput terkena pajak ini namun semua pajak yang dibayarkan nantinya akan menghasilkan pendapatan bagi negara serta untuk memberikan fasilitas yang memadai kepada masyarakat umum. Kebanyakan industri rumahan memproduksi barang kesenian, makanan, dan juga konveksi skala kecil. Kualitas barang industri rumahan terkadang jauh lebih baik dibandingkan dengan barang hasil produksi pabrik skala besar karena setiap proses pembuatannya dapat diawasi secara penuh oleh sang pemilik usaha.

Industri rumahan dapat dijadikan sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi sang pemilik usaha mengingat modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan pemasarannya terbatas dan tidak memakan banyak waktu. Namun banyak juga yang menjadikan Home Industry sebagai mata pencaharian utama dalam mencari pundi-pundi uang. Resiko kebangkrutan pada industri perumahan sangatlah kecil dan juga untung yang didapatkan relatif maksimal. Dengan modal yang sangat kecil maka untuk perkembangan industri rumahan sangatlah lambat jika tidak ada sokongan modal tambahan.

Home Industri

Home Industri

Namun kebangkrutan pun juga tidak akan menjadi masalah besar karena strategi pemasarannya memerlukan dana yang relatif murah dan biaya produksinya tidak membengkak. Kebanyakan pemilik usaha berskala kecil ini adalah para remaja atau pemuda yang hanya memiliki modal terbatas namun berusaha untuk mendapatkan keuntungan. Bagi para mahasiswa usaha ini pun patutu dicoba sebagai pengisi waktu luang disaat nganggur di kontrakan. Namun diperlukan adanya survei terhadap lingkungan sekitar dahulu sebelum mendirikan usaha ini untuk melihat prospek yang tepat sehingga nantinya barang yang dihasilkan dapat terjual dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah beberapa fungsi home industri antara lain :

  1. Mengurangi tingkat pengangguran di suatu daerah
  2. Menjadikan seseorang lebih trampil dalam mengelola usaha mengingat modal untuk membuat industri kecil ini sangat terbatas
  3. Sarana memberi kesempatan bagi orang lain untuk mendapatkan penghasilan
  4. Mengembangkan sektor perekonomian dari tingkat paling bawah
  5. Memberikan penghasilan tambahan bagi pemilik usaha
  6. Menyiapkan mental wirausaha kepada pemilik usaha jika ingin mengembangkan bisnis yang dimiliki kedepannya

Begitu pentingnya industri skala kecil hingga pemerintah Indonesia saat ini memfokuskan pemikiran pada pengembangan usaha kecil ini. Jika perhatian pemerintah besar terhadap sektor industri ini besar maka pengembangan usaha kecil menengah akan dapat berjalan dan akan meningkat menjadi usaha yang sangat besar kedepannya.

Jika usaha dimuali dari sektor terkecil terlebih dahulu maka jika dikembangkan ke sektor menengah akan lebih memiliki nilai jual sendiri dan akan siap untuk mengelola usaha yang sebenarnya karena telah mendapatkan ilmu berwirausaha saat masih di sektor usaha kecil. Beberapa contoh dari usaha home industry antara lain :

  1. Pabrik tempe
  2. Pabrik tahu
  3. Konveksi atau tata busana skala kecil
  4. Barang kearajinan sperti : gantungan kunci, patung, guci, dll
  5. Makanan ringan dan snack
  6. Asesoris seperti : kalung, gelang, cincin, dll
  7. Furniture

Beberapa contoh home industri di atas adalah bisnis industri rumahan umum yang ada di Indonesia. Masih banyak lagi jenis pabrik rumahan yang lainnya yang patut untuk dicoba. Suatu usaha harus dimulai dari usaha yng terkecil agar nantinya akan siap secara mental jika ingin dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0