Hotel di Jogja : Kumpulan Informasi Terlengkap Hotel di Jogja

Kota pelajar atau Yogyakarta adalah sebuah kota tujuan wisata para turis domestik atau mancanegara yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa. Daerah Istimewa setingkat provinsi ini awalnya merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta yang didirikan oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I) dengan Negara Kadipaten Paku Alaman yang didirikan oleh Pangeran Notokusumo (Adipati Paku Alam I). Hal ini tentu saja membuat banyak sekali peninggalan bersejarah di kota ini seperti Candi, Prasasti serta artifak bersejarah lainnya. Memiliki luas keseluruhan sebesar 3.185,80 km2, dan terdiri dari satu kota, empat kabupaten yang terbagi menjadi 78 kecamatan serta 438 kelurahan/desa.

Hotel di Jogja

Hotel di Jogja

Selain itu, penampakan alam di Daerah Istimewa Yogyakarta dibagi menjadi empat satuan fisiografi yakni Gunung Merapi, Pegunungan Selatan, Pegunungan Kulon Progo serta dataran rendah. Gunung Merapi sendiri adalah gunung vulkanis yang masih aktif sehingga memiliki daya tarik sebagai tempat wisata, penelitian serta pendidikan. Tak dapat dipungkiri, pariwisata merupakan sektor unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2010, pemerintah mencatat kunjungan wisatawan sekitar 1,5 juta pengunjung dengan 90% kunjungan wisatawan lokal.

Beragamnya upacara keagamaan, agama, budaya serta pentas seni ditambah penduduknya yang ramah menambah prospek cerah di sektor pariwisata ini. Daerah Istimewa Yogyakarta juga diuntungkan dengan jarak tempuh antar lokasi objek wisata yang terjangkau dan mudah di tempuh. Konsep wisata Daerah Istimewa Yogyakarta berupa Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), wisata alam, wisata budaya, wisata minat khusus dengan berbagai fasilitas wisata lainnya seperti restoran, resort dan hotel.

Melihat unggulnya sektor wisata di Jogjakarta otomatis membuat bisnis penginapan menjadi  industri yang dipilih banyak pihak. 3 tahun lalu terdapat 37 hotel berbintang serta 1011 hotel melati yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dan hingga kini terus berkembang. Hotel di Jogja  ini banyak berada di daerah wisata padat pengunjung seperti area Jalan Malioboro, daerah Candi Borobudur serta lokasi wisata lainnya. Berikut  beberapa hotel pilihan di Yogyakarta:

Hotel Ibis Malioboro

ibismalioboro_ibismalioboro_3465

  • Alamat: Jalan Malioboro 52-58
  • Telp: (+62)274 – 516974
  • Rate: Rp 440.000

Terletak di pusat bisnis kota Jogja, 10 km dari bandara Adisucipto dan hanya 300 meter dari stasiun KA Yogyakarta Kota. Memiliki 148 kamar, 2 restoran, 2 bar, sebuah fitness centre dan kolam renang. Objek wisata dekat hotel Ibis adalah Istana Kesultanan, Museum Sonubudoyo dan Istana Air dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Jambuluwuk Hotel & Resort

jambulwk

  • Alamat: Jl. Gajah Mada No. 67, Pakualaman
  • Telp: +62 877 800 400 80
  • Rate: Rp 660.000

Berada di Pakualaman dan terletak dekat Gereja Katolik Santo Yusuf, Rumah Sakit Umum Bethesda dan Istana Yogyakarta, Hotel Butik Jambuluwuk Malioboro siap untuk memberi kemudahan akses para pelancong. Dilengkapi 144 kamar tidur dengan fasilitas shower, internet ditambah fasilitas hotel seperti pusat kebugaran, spa, kolam renang outdoor, klub untuk anak serta pijat.

Grand Aston, Yogyakarta

Building-B

  • Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No. 37, Kota Baru
  • Telp: (+62) 0274 – 566999
  • Rate: mulai dari Rp 1.250.000

Kenyamanan seperti di rumah akan ditemui di Grand Aston, Yogyakarta. Hotel yang bebas rokok ini mempunyai 141 kamar dan suite dengan fasilitas internet di setiap kamar. Terdapat Sky Lounge yang memberikan pengunjung berbagai hidangan internasional. Grand Aston Yogyakarta dilengkapi kolam renang, gym, bar, spa yang seluruhnya fasilitas kelas satu.

Sahid Rich Jogja Hotel

sahid

  • Jalan Raya Magelang km 6 No 18, Sinduadi
  • Telp: (274) 530 5888
  • Rate: mulai dari Rp 900.000

Hotel ini berada tepat di pusat kota dan karenanya wisatawan dipastikan akan memperoleh kemudahan untuk mencapai tempat wisata di kota ini seperti Monumen Jogjakarta, Mesjid Universitas Gajah Mada atau Tugu Jogja. Tamu yang menginap akan mendapatkan fasilitas room service 24 jam, concierge, side pool bar, serta WiFi. Sahid Rich Jogja memiliki 180 kamar tidur dilengkapi televisi, bath tub, coffee/tea maker.

Plataran Borobudur

sunrise-deck

  • Alamat: Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang
  • Telp:  (293) 788 888

Sesuai namanya, resort bintang lima ini terletak di kawasan Candi Borobudur. Hanya berjarak 1 km dari candi yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia, wisatawan dapat berkunjung ke kawasan candi dalam waktu sekitar 5 menit atau 90 menit dari bandara internasional Jogja.  Terletak di desa Tanjungan, Magelang, Jawa Tengah, resort ini menawarkan panorama Borobudur, Bukit Menoreh dan Gunung Merapi serta mempunyai 15 kamar tidur dengan shower, AC dan kulkas.

Sumber gambar: 1001malam, tripadvisor.com, agoda.com, booking.com, tripadvisor.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0