Ilmu Komunikasi | Informasi Terlengkap Ilmu Komunikasi

Komunikasi dapat diakatakan muncul dari kata komunal yang berarti milik rakyat atau umum. Ada juga istilah komunitas yang merupakan dampak dari komunal tersebut melakukan hubungan antar kelompok baik verbal maupun non verbal. Sehingga alat dari komunal itu adalah komunikasi.

Kadang tanpa kita sadari banyak hal yang bersangkutan antara individu dengan individu lainnya. Nah, ini memerlukan kesinambungan antara keduanya yang sering kita sebut dengan komunikasi. Komunikasi adalah akar semua hubungan sosial, baik manusia sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial, memiliki dorongan ingin tahu, ingin maju dan berkembang, salah satu sarananya adalah komunikasi. Berbicara itu mudah, tetapi komunikasi yang baik itu sulit, berbicara belum menjamin apa yang dibicarakan dapat sampai kepada yang akan diharapkan. Adanya perkembangan teknologi media informasi dan berbagai macam hubungan yang kompleks antar manusia dan kelompok, maka komunikasi menjadi masalah semua orang.

Terkadang komunikasi yang berlangsung tidak tercapai pada sasaran apa yang dikomunikasikan. Banyak rintangan dalam berkomunikasi, baik secara verbal dan non verbal. Perlu adanya komunikasi yang baik antara pemberi pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan) dengan bahasa yang baik pula, sehingga tercipta situasi komunikasi yang serasi, saling pengertian dan memahami. Pada sebuah alur komunikasi yang terjadi sebenarnya sebagai berikut:

Komunikator – Pesan – Komunikan

Dalam proses komunikator menyampaikan sebuah pesan pada komunikan akan diperlukan sebuah media. Dapat disimpulkan media ini beraneka macam bentuk tergantung segi kreatif komunikator menggunakan media ini sebaik mungkin. Media secara langsung maupun tidak langsung dapat berupa media audio, media visual, dan media audio visual.

Media secara langsung dilakukan oleh komunikator langsung melakukan kontak baik secara audio dan visual. Media audio kebanyakan yang kita kenal adalah telepon, radio, dan tape recorder. Media visual seperti contohnya koran, kamera foto, surat, gambar-gambar visual seperti komik, lukisan dan karya seni visual lain. Media audio visual layaknya televisi, internet jaringan 3G, kamera video dan lainnya. Kebanyakan media yang kita gunakan sehari-hari adalah sebuah alat komunikasi secara tidak langsung karena tidak ada kontak pertemuan langsung dengan komunikator.

Kebanyakan media yang sifatnya searah atau komunikasi massa menggunakan media yang dapat dikonstribusi masayarakat luas tanpa tahu timbal balik yang terjadi secara langsung, inilah yang sekarang berkembang di kalangan masyarakat modern seperti televisi, koran dan jaringan internet. Sebelum mengarah lebih jauh ada beberapa bentuk komunikasi yaitu intrapersonal, antar personal, kelompok (komunitas), dan massa.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Penjelasan mengenai bentuk komunikasi secara singkat mulai dari komunikasi intra personal yaitu komunikasi dengan diri sendiri. Komunikasi intrapersonal bukan berarti ‘gila’ melainkan komunikasi ini sering kita lakukan sejak lahir yaitu pemikiran, penalaran logika, mencari ide dan bentuk-bentuk abstrak yang sering mengundang pembicaraan dalam hati manusia.

Komunikasi antarpersonal lebih pada komunikasi dengan dua atau tiga orang secara bergantian, bisa orang pertama sebagai komunikator atau orang ketiga dan kedua. Komunikasi antarpersonal sering kita lakukan saat ngobrol entah secara langsung, sms, atau telepon. Komunikasi kelompok lebih cenderung pada komunikasi antara lebih dari satu orang dalam sebuah komunitas atau berkelompok, dapat dilakukan dalam kelompok kecil maupun besar.

Komunikasi kelompok ini sering dilakukan orang dalam berdiskusi, rapat ataupun sidang karena masih ada unsur timbal balik pesan sebagai komunikator maupun komunikan. Terakhir adalah komunikasi massa yang cenderung lebih berpengaruh dalam tata kehidupan masyarakat, merupakan komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang dengan masyarakat luas tanpa tahu komunikannya secara langsung membalas pesannya. Kebanyakan komunikasi massa ini bertujuan untuk memberikan info pesan tanpa meminta balasan pesan pada komunikan dan tidak mau tahu siapa penerima pesan tersebut. Sebagai contoh yang merajalela pada masa sekarang adalah jaringan internet dan televisi, begitu hebohnya masyarakat mendapat dampak dari media tersebut.

Life style, trendsetter, ekonomi dan provokasi politik merupakan dampak yang dapat dirasakan secara langsung akibat komunikasi massa yang dibuat oleh sejumlah orang maupun kelompok. Perkembangan komunikasi saat ini telah jelas dampak dan akan menjadi apa ke depan nanti, komunikasi akan mencapai klimaks ketika ribuan teknologi media informasi membunuh karakter masyarakat. Arti membunuh karakter adalah menghilangkan makna sebenarnya fungsi dan tujuan komunikasi, yaitu menyampaikan pesan dengan baik dan secara benar serta bertujuan untuk kepentingan bersama antara komunikator dan komunikannya.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0