Istilah Dalam Internet | Kumpulan Informasi Menarik Istilah Dalam Internet

Di dalam dunia internet ada banyak istilah-istilah yang harus kita ketahui agar tidak kebingungan saat berselancar di dunia internet.

Berikut adalah beberapa istilah yang coba saya kumpulkan untuk mempermudah bagi para pemula dalam memahami istilah-istilah dalam internet.

Browsing : adalah suatu aktifitas menjelajah di dunia internet menggunakan aplikasi yang bernama web browser.

Web browser : adalah suatu aplikasi/tools/perangkat lunak yang di-install di komputer agar kita dapat melakukan aktifitas berselancar di dunia internet. Web browser mengkonversi dari bahasa HTML menjadi susunan-susunan halaman web yang indah dan mudah dibaca. Selain itu fungsu web browser juga untuk menampilkan pesan error yang dikirim oleh web server. Contoh web borwser yang banyak dipakai adalah Mozilla Firefox.

http : merupakan singkatan dari ‘hypertext transfer protocol’, bahasa dari halaman web. Ketika sebuah web memiliki prefiks seperti ini, maka link, text, dan gambar akan berjalan dengan normal di web browser.

https : adalah versi secured dari http karen ada prosedur enkripsi yang ditambahkan sehingga akan menyembunyikan informasi sensitif seperti kata sandi, nomer rekening, dan alamat email.

HTML : merupakan singkatan dari ‘Hypertext Markup Language’ adalah bahasa pemrograman yang membentuk halaman web. Web browser akan membentuk tampilan text dan gambar sesuai dengan perintah dari HTML. Perintah HTML disebut HTML tags yang berbentuk seperti ini:

  • <html></html>
  • <body></body>

XML : merupakan singkatan dari ‘eXtensible Markup Language’, adalah pengembangan dari HTML. XML berfokus pada proses kataloging dan pembasisan data dari halaman web. Perintah XML terlihat seperti ini :

  • <country>
  • <city>
  • <address>

Download : adalah aktifitas mengunduh/mengambil data berupa file text, gambar, audio, atau data aplikasi lainnya dari internet ke komputer yang kita pakai.

Upload : adalah aktifitas mengunggah/mengirim data berupa file text, gambar, audio, atau data aplikasi lainnya dari komputer yang kita pakai ke internet.

URL :  merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Atau biasa disebut web address, adalah susunan karakter spesifik yang mereferensikan ke alamat website tertentu. Sebagai contoh URL adalah “http://www.wikipedia.org”. Dibeberapa dokomen teknis, URL juga sering disebut dengan URI.

Server : adalah mesin komputer yang biasanya memiliki kemampuan tinggi. Komputer tersebut digunakan untuk menampung aplikasi-aplikasi yang bisa diakses oleh banyak pengguna dan didesain untuk aktif dalam waktu yang panjang.

Web Server : adalah mesin server yang menjalankan fungsi untuk menjalankan website yang nantinya akan diakses oleh banyak user.

IP Address : adalah angka-angka yang tersusun dengan format dan aturan tertentu yang menunjukkan alamat  suatu server di dalam internet. IP Address dibagi dalam tiga kelas utama yaitu, kelas A yang dimulai dari 0.0.0.0-127.255.255.254, kelas B 128.0.0.0 – 191.255.255.254, kelas C 192.0.0.0 – 233.255.255.254.

Domain : adalah translasi ip address yang awalnya berupa susunan angka-angka menjadi susunan karakter. Misal untuk alamat ip “233.10.255.30” diubah menjadi “contoh-domain.com”. Tujuan dari translasi ini adalah untuk mempermudah pembacaan dan lebih mudah untuk mengingat karakter daripada angka-angka.

Email : singkatan dari Electronic Mail, adalah aktifitas mengirim dan menerima pesan text dari satu orang ke orang lain. Email di-handle oleh webmail service seperti Yahoo! Mail atau Gmail (Google Mail), atau aplikasi pihak ketiga yang di-install sendiri seperi Microsoft Outlook.

Social Media : merupakan bentuk dari beberapa online tools yang memungkinan banyak pengguna untuk saling berinteraksi. Chatting merupakan salah satu bentuk dari socail media, atau bisa juga saling memberi komentar di blog, forum diskusi, situs berbagi video seperti youtube, situs berbagi foto seperti instagram, dan yang paling terkenal adalah Facebook.

ISP : singkatan dari ‘Internet Service Provider’ atau jasa penyedia internet, adalah perusahaan yang atau organisasi yang memberikan jasa koneksi internet menggunakan berbagai jenis perangkat seperti modem, wireless, telefon selular, dan lain-lain, sehingga kita bisa mengakses banyak internet tool seperti browsing, email, chatting, dan lain-lain.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0