Jaringan Internet | Informasi Mengenai Jaringan Internet

Pernah lihat Komputer di warnet ? atau diLab kampus ? ya itu adalah sebagian contoh dari jaringan atau jaringan internet.  nah sebelum membahas Jaringan internet, ada baiknya kita mempelajari sejarah dan jenis jaringan dulu.

Pengertian Jaringan itu sendiri  adalah beberapa komputer atau kumpulan komputer yang saling berhubungan satu sama lain menggunakan media informasi  yang tujuannya agar memudahkan dalam berbagai file , data , program dll . juga berbagi perangkat keras (hardware) seperti  Printer,scanners,flashdisk dll.

Sejarah jaringan tersebut dimulai pada tahun 1940 di amerika setelah sekumpulan orang melakukan penelitian yang sengaja ingin memanfaatkan perangkat PC secara bersamaan. Dari penelitian tersebut berkembang hingga tahun 1950’ an, dikala komputer mulai bervariasi hingga sampai terciptanya SUPER KOMPUTER . karena mahalnya computer pada saat itu maka para peneliti menuntut bahwa sebuah komputer harus mampu melayani beberapa terminal. Hal ini lah yang mendasari sebuah konsep distribusi proses berdasarkan waktu. Yang lebih kenal dengan TSS (time sharing system). Inilah aplikasi jaringan (network ) pertama pada komputer.

Ada beberapa jenis jaringan yang sering kita jumpai pada pelajaran TIK yaitu :

1.  –  LAN ( Local area network)

Adalah sebuah jaringan yang jangkauan nya hanya dalam sebuah gedung atau kampus boleh dikatan jaringan milik pribadi.

2.  MAN ( Metropolitan area network )

Kalau jenis yang ini satu tingkat lebih luas dari jaringan jenis LAN tadi jangkauan nya bisa mencapai satu kota, missal ada beberapa kampus / kantor di suato kota dengan mengunakan jaringan MAN ini bisa saling berhubungan .

3. WAN ( wide area network )

Nah jenis jaringan ini yang jangkauan jaringan nya paling luas dari jenis LAN dan MAN, yang mana jangkaun WAN ini bisa mencakup satu negara atau bahkan satu Benua.

4. INTERNET (interconnection-networking)

Nah jenis jaringan ini yang akan kita kupas lebih dalam, sekilas tentang internet nah internet ini jangkauan bisa mencapai seluruh dunia. Atau bisa dikatakan suatu jaringan dalam jaringan yang menghubungkan satu computer dengan berjuta computer didunia. Jaringan ini adalah yang paling powerfull dalam hal pertukaran data karena bisa sangat cepat.

5. WIRELESS ( jaringan tanpa kabel )

Jaringan ini lah yang paling muda atau yang paling modern diantara  jenis jaringan yang lain. Karena jaringan ini tidak  menggunakan kabel  seperti jenis jaringan yang lain. Misal Pada saat anda memerlukan informasi atau melakukan komunikasi secara cepat tetapi anda berada didalam mobil atau pesawat pasti anda memerlukan jaringan tanpa kabel dong.. ? nah hal ini yang mendorong di temukannya jaringan Wireless ( NIRKABEL) .

  Oke sekarang back to topik.

Jaringan internet ini pertama kali ditemukan 1969 oleh Departemen Pertahanan amerika melalui proyeknya yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek ini disimpulkan bahwa  komunikasi dapat dilakukan menggunakan jaringan telepon dengan jarak tanpa batas menggunakan computer berbasis UNIX. Nah projek ini lah yang mendorong terciptanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) sampai saat ini. Dan masa awal peluncurannya Internet di gunakan untuk kepentingan militer, namun seiring berkembangnya komputer Internet pun berkembang untuk pendidikan, hiburan dan umum.

Dan pada saat 1000 Komputer lebih terhubung dengan jaringan internet diperkenalkan lah DNS (Domain name server) / server nama domain lebih tepatnya pada tahun 1984. Setelah DNS ini muncul bertambah pula lah hingga 15X lipat pengguna jaringan internet ini.

Hingga pada tahun 1990 Tim berners lee menciptakan WWW (world wide web) sebuah program browser dan editor yang bisa menjelajah satu computer dengan computer yang lain membentuk suatu jaringan.

WWW ini menjadi aplikisi yang dinanti oleh para pengguna internet. Dengan menggunakan program ini dapat berbagi aplikasi, berbagi data dan berkomunikasi antara satu computer dan Komputer yang lain di seluruh penjuru dunia. Aplikasi ini lah yang mendorong pertumbuhan internet sangat cepat bak Roket yang meluncur. Hingga pada tahun 2012 4 milyard pengguna internet di seluruh dunia. Dengan internet kita bisa menemukan apa saja di belahan dunia manapun secara cepat. Makanya ada istilah ‘ Dunia ada di genggaman tangan ‘.

Demikian penjelasan mengenai Jaringan internet. Semoga menambah bisa menambah wawasan dan bermanfaat .

Source picture : http://bit.do/Fwm

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0