Jenis-jenis Komputer – Artikel Terlengkap Jenis-jenis Komputer

Sejak pertama kali ditemukan Komputer saat ini menjadi sebuah mesin atau perangkat wajib di setiap instansi / kantor dan di sekolah sekolah. Seiring dengan berkembang pesatnya internet Komputer sekarang menjadi lifestyle di kota besar mungkin di setiap rumah mempunyai perangkat ini. Entah itu digunakan untuk bekerja untuk main game online atau sekedar nampang di Café menggunakan Laptop. Oke sekarang yang akan kita bahas adalah jenis jenis Komputer. Selama ini kita mungkin hanya mengenal PC ( personal Komputer) dan notebook/ laptop saja, sebenarnya ada cukup banyak guys jenis computer  ini hanya di bedakan penggunaannya saja.

1. PC (Personal Komputer)

Saya yakin anda semua pasti tahu dan sering memakai PC ini.  Dilihat dari namanya saja pasti sudah tau, ya personal computer yang di gunakan oleh personal / pribadi. komputer ini pertama kali di ciptakan berwujud sangat besar merk pertamanya adalah Altair yang dibuat pada tahun 1975 oleh MITS.

2. DESKTOP PC

Komputer inilah yang sering anda jumpai di Lab Komputer sekolah / kampus, dan kantor kantor . Pada dasarnya si Desktop PC ini dirancang untuk tidak berpindah pindah.

3. Laptop / Netbook / notebook (computer portable)

Nah Komputer ini nih yang paling di gandrungi ABG ABG sekarang. mungkin dari segi desain , warna yang semakin beragam, ukurannya yang ramping dan harga yang semakin murah. Kalau nggak percaya Coba aja datangin café yang ada hotspot gratisan pasti banyak tuh ABG yang sedang maenin komputer jenis ini.. :D pada dasarnya computer ini digunakan untuk memudahkan pekerjaan karena Komputer ini fleksibel dalam artian bisa di bawa kemana mana dan ringan.

4. Komputer workstation

Komputer ini biasanya di gunakan oleh instansi tertentu pada bidang tertentu pula, karena Komputer workstation ini memiliki keunggulan dari segi memory yang besar, prosesor yang paling bagus dan dapat menjalankan aplikasi atau software yang tidak bisa dijalankan oleh jenis komputer lain. Missal dalam bidang rendering, desain, multimedia dll.

5. Komputer Server

Komputer ini digunakan penyedia atau pelayanan terhadap computer lain (Client) keunggulan computer ini biasanya dari segi RAM, hardisk , Prosesor, dll dan spesifikasi komputer ini harus lebih powerfull dari Komputer client. Karena bertindak sebagai Induk atau penyedia layanan.

6. Komputer Mainframe

Komputer ini  biasanya digunakan pada pusat data perusahaan perusahaan besar karena computer ini dapat melayani aplikasi secara bersamaan (Multitasking) menyimpan library secara terus menerus, kapasitas hardisk yang besar, mampu membaca berbagai bahasa pemrograman, dan mampu melayani transaksi secara cepat dan bersamaan, namun seiring dengan pesatnya perkembangan tehnologi Komputer Komputer  sekelas PC / desktop Komputer mampu menyaingi Komputer jenis ini hanya dibedakan dari ukuran nya  saja missal untuk yang berukuran kecil di sebut Mikro Komputer dan yang berukuran sedang dinamakan mini Komputer.

7. wearable computer

Komputer inilah  yang sering di sebut sebut sebagai Komputer masa depan karena penggunaan Komputer ini layaknya seperti pakaian menyatu dengan kita, hanya dengan menggunakan smartphone / dalam bentuk lainnya kita langsung bisa menikmati email, multimedia, taupun yang lain nya. Mungkin semacam google glass yang menggemparkan dunia tehnologi.

8. PDA ( Personal Digital Assistants )

Komputer ini layaknya seperti Hp dengan menggunakan flsh memory sebagai hardisk / RAM untuk media penyimapanan nya. PDA ini kebanyakan  menggunakan tehnologi Touchscreen (layar sentuh) walaupun ada yang memiliki keyboard tambahan. Sekilas memang seperti hp namun bila di amati ukuran nya lebih besar lebih tebal dari hp. Namun seiring dengan perkembangan tehnologi PDA ini mulai tergerus sejak kemunculan Tablet Pc.

9. TABLET PC ( Komputer tablet)

Ya Komputer inilah yang sedang Booming setelah kemunculan Ipad pada tahun 2010 dan Samsung galaxy tab pada 2011. Tablet Komputer ini ringkas nya merupakan  Komputer portable dengan desain full touchscreen (layar sentuh) mempunyai body yang ramping, saat ini banyak beredar jenis Komputer ini dipasaran dengan berbagai merk dan harga yang bervariasi.

Itu adalah jenis jenis computer yang bisa saya jelaskan dan saya tau, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0