Kamar Mandi : Catatan Terlengkap Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting dari rumah. Di ruangan ini, penghuni rumah bisa berkesempatan membersihkan diri setelah seharian menghabiskan waktu di luar rumah. Jika bisa ditata secara tepat, ruangan tersebut juga bisa menjadi tempat relaksasi yang baik. Pada beberapa tradisi negara di Asia, seperti Korea Selatan dan Jepang, banyak rumah tangga memanfaatkan kamar mandi / bathroom, sebagai sarana menenangkan diri.

Ada yang memasang fasilitas tambahan seperti aroma therapy atau bahkan menginstall sauna indoor. Tambahan fasilitas semacam itu tentu akan membuat penghuni rumah menjadi semakin betah. Nilai / value dari bangunan bersangkutan bakal meningkat, serta tentunya membuat para penghuni di dalamnya menjadi makin higienis. Namun bagaimana dengan orang yang tidak memiliki budget lebih guna menghias atau mengkonsep kamar mandi?

Kamar Mandi

Kamar Mandi

Tidak perlu khawatir guys, sebab ilmu design modern sudah mampu menciptakan banyak solusi guna membangun bathroom yang baik. Bahkan seringkali tidak dibutuhkan ruangan berukuran besar guna mendesain bathroom layaknya hotel bintang lima atau apartemen mewah. Hal terpenting dalam mendesain suatu rumah sebenarnya adalah menyesuaikan dengan personality atau selera dari individu bersangkutan. Sebagus-bagusnya design suatu bangunan, jika tidak mampu meng-capture personal taste dari pemilik, tidak akan menjadi suatu hunian nyaman. Anda sepatutnya juga menggunakan prinsip tersebut dalam membangun ruangan kamar mandi di rumah. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan orang yang lebih ahli agar tidak proyek yang diimpikan tidak terhenti di tengah jalan.

Namun sebelum kamu melakukan bincang-bincang serius dengan seorang ahli pertukangan atau pemborong, tentunya jangan sampai tidak memiliki konsep maupun bayangan apapun mengenai desain kamar mandi guys. Ada beberapa prinsip yang dapat dipakai dalam menentukan tata letak, pewaranaan, serta pencahayaan di suatu ruangan. Sebagaimana dikutip oleh seorang ahli tata rumah terkenal, Mary Jo Peterson, design yang bagus adalah yang universal.

Dengan kata lain, ia harus bisa diterima dengan baik oleh hampir banyak orang. Mengingat kamar mandi merupakan ruangan yang akan digunakan oleh semua anggota keluarga, maka anda musti memikirkan bahwa tata letak serta gaya yang digunakana nanti harus sesuai dengan orang usia antara 18 hingga 80 tahun. Tentunya tidak perlu khawatir akan adanya batasan dalam berkreasi teman. Lebih lanjut Sally Haile, seorang ahli dari desain dari North Carolina State University menyebutkan bahwa kamar mandi universal bukan berarti harus terlihat sama persis dan rapi seperti apa yang ditampakkan di rumah sakit. Dengan demikian masih ada ruang lebih guna dieksplorasi di sini.

Tertarik untuk merenovasi kamar mandi di rumah anda? Berikut penulis sudah menyusun beberapa tips menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pembaca. Mungkin pemaparan berikut tidak terlalu lengkap, namun semoga dapat menjadi bahan tambahan referensi yang menarik bagi semua. Oke, tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah dia penjelasannya secara lengkap:

1. Maksimalkan ruang untuk lantai – Kamar mandi yang mengikuti gaya desain universal biasanya memiliki space untuk lantai lebih besar dari biasanya. Prinsip semacam ini bisa diwujudkan dalam berbagai macam bentuk. Pertama, anda bisa memberikan space lebih pada pintu masuk atau ruang antara toilet duduk dengan bathub maupun shower. Ada pula beberapa cara yang bisa digunakan guna menghemat tempat di dalam kamar mandi. Misalkan, anda bisa mencoba menggunakan tangki / tank toilet yang ditempelkan di dinding. Cara ini terbukti efektif di beberapa design terdahulu yang pernah dikerjakan para ahli interior.

2. Sederhanakan fasilitas mandi – Dalam hal ini, pemilik rumah diharapkan tak menggunakan bak yang terlampau besar, seperti pada rumah tradisional di Indonesia. Guna menghemat tempat, bisa memakai alternatif lain seperti bathub atau mencoba mengambil opsi roll-in shower. Fasilitas yang jangan sampai lupa untuk ditambahkan adalah pegangan pada shower. Penghuni rumah bisa memanfaakannya untuk menaruh handuk maupun perlatan mandi lainnya.

3. Perhatikan jenis lantai / keramik – Karena permukaan lantai di kamar mandi akan selalu terkespos oleh cairan / air, maka usahakan memilih bahan yang tidak licin. Jika mungkin, gunakan jenis keramik yang tidak terlalu membahayakan untuk mengantisipasi kalau-kalau ada anggota keluarga yang tidak hati-hati serta terjatuh. Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan para ahli pertukangan guna mendapatkan pilihan material yang lebih lengkap.

Well, itulah tadi pemaparan lengkap yang bisa penulis berikan mengenai tema design serta tips dalam membangun kamar mandi. Semoga bisa menjadi bahan referensi tambahan bagi pembaca yang tertarik melakukan renovasi hunian dalam skala kecil. Jika ada di antara kalian tidak begitu memahami pemaparan di atas atau ingin mengajukan pertanyaan tambahan, dapat menggunakan fitur kotak komentar di bawah guna menghubungi penulis. Jika ada kesalahan penulisan, kami mohon maaf. Akhir kata, kami mengucapkan sampai jumpa di kesempatan berikut.

Sumber gambar: http://cdn.freshome.com/wp-content/uploads/2010/05/modern-bathroom-design-10-582×432.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0