Karbohidrat | Kumpulan Informasi Terlengkap Tentang Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu senyawa yang paling banyak terdapat di bumi. Mereka biasanya dipecah menjadi 4 kelompok utama karbohidrat:

  1. Monosakarida
  2. Disakarida
  3. Oligosakarida
  4. Polisakarida

Monosakarida

Kata monosakarida berasal dari mono, yang berarti satu, dan sakarida, yang berarti gula. Monosakarida yang umum kita ketahui dan kita makan adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Setiap gula sederhana memiliki struktur siklik dan terdiri dari karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O) dengan rasio 1:2:1. Meskipun masing-masing gula umumnya sebagai senyawa siklik.  Galaktosa dan glukosa yang terdiri dari cincin yang memiliki  enam rantai karbon, sedangkan fruktosa hanya memiliki lima atom karbon terikat satu sama lain dalam bentuk cincin.

Glukosa adalah gula utama dimetabolisme oleh tubuh untuk energi. D-isomer glukosa mendominasi di alam dan itu untuk alasan ini bahwa enzim dalam tubuh kita telah beradaptasi dengan mengikat dan mengurai dalam bentuk ini saja. Karena ini adalah sebuah sumber energi yang penting bagi tubuh.

Disakarida

Disakarida, artinya adalah  dua gula yang berasal dari kata di dan sakarida. Biasanya banyak ditemukan di alam sebagai sukrosa, laktosa, dan maltosa. Mereka dibentuk oleh reaksi kondensasi di mana satu molekul air mengalami kondensasi atau dilepaskan selama bergabung dengan dua monosakarida. Jenis ikatan yang terbentuk antara dua gula disebut ikatan glikosidik.

Laktosa adalah disakarida yang terbentuk melalui kondensasi glukosa dan galaktosa. Ikatan yang terbentuk antara dua monosakarida disebut ikatan beta glikosidik. Ikatan Alfa glikosidik, ditemukan dalam sukrosa dan maltosa, berbeda dari ikatan beta glikosidik hanya dalam sudut pembentukan antara dua gula. Sayangnya, tidak seperti ikatan alpha glikosidik, ikatan beta glikosidik  tidak dapat dicerna oleh sebagian orang. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak toleran laktosa dan menderita kram usus dan kembung akibat pencernaan yang tidak sempurna.

Karbohidrat

Karbohidrat

Oligosakarida

Oligosakarida yang penting adalah rafinosa dan stachyose. Oligosakarida ini terdiri dari  galaktosa, glukosa dan fruktosa. Oligosakarida ini merupakan salah satu nutrisi yang penting, karena mereka ditemukan dalam kacang-kacangan dan polong-polongan serta memiliki ikatan glikosidik yang unik. Karena ikatan glikosidik unik, rafinosa dan stachyose tidak dapat dipecah menjadi gula sederhana mereka. Oleh karena itu, mereka tidak dapat diserap oleh usus kecil dan sering dimetabolisme oleh bakteri dalam usus besar untuk membentuk produk sampingan yang tidak diinginkan seperti gas.

Polisakarida

Polisakarida atau karbohidrat kompleks biasanya  terdiri dari ribuan unit monomer glukosa. Secara alami, memungkinkan untuk penyimpanan glukosa dalam jumlah yang banyak. Pati adalah salah satu karbohidrat komplek yang banyak terdapat pada tanaman serta memliki dua bentuk penyimpanan karbohidrat, yaitu dalam bentuk amilosa dan amilopektin. Amilosa merupakan polimer rantai lurus, sedangkan amilopektin sangat bercabang dan rumit. Perbedaan ini menjelaskan fakta bahwa amilopektin dapat membentuk gel pati yang stabil yang mampu mempertahankan air saat amilosa tidak dapat melakukannya. Oleh karena itu, amilopektin sering digunakan oleh produsen untuk memproduksi berbagai macam saus  dan gravies. Sumber pati dapat kita jumpai pada kentang, kacang-kacangan, roti, pasta, beras dan produk roti lainnya.
Seperti amilopektin, glikogen merupakan polimer bercabang glukosa yang merupakan bentuk penyimpanan utama karbohidrat pada manusia. Rantai utama struktur terdiri dari ikatan alpha 1, 4 glikosidik , sedangkan ikatan alpha 1,6 glikosidik menimbulkan titik cabang polimer. Glikogen disimpan dalam hati dan otot di mana ia disintesis dan terdegradasi tergantung pada kebutuhan energi tubuh.

Polisakarida dikenal sebagai serat makanan dan terdapat dalam berbagai bentuk, seperti selulosa ataupun hemiselulosa, pektin, gum, musilage. Selulosa sejauh ini adalah senyawa biokimia yang paling berlimpah di bumi karena merupakan bagian dari struktur yang banyak terdapat pada tanaman.  Karakteristik ikatan khusus memungkinkan selulosa untuk membentuk rantai panjang, rantai lurus glukosa dan memberikan kekuatan dan kekakuan.

Selulosa adalah bentuk karbohidrat di mana beberapa 1.500 cincin glukosa merantai bersama-sama. Ini adalah konstituen utama dari dinding sel dalam organisme hidup. selulosa banyak terdapat di tanaman, sehingga senyawa organik ini merupakan jenis yang paling berlimpah di Bumi.

Molekul selulosa cenderung rantai lurus, dan serat yang dihasilkan dari koleksi molekul selulosa memiliki kekuatan untuk membentuk struktur pendukung tanaman. Meskipun pencernaan manusia tidak dapat memecah selulosa untuk digunakan sebagai makanan, hewan seperti sapi dan rayap bergantung pada kandungan energi dari selulosa.  Selulosa dalam makanan manusia diperlukan sebagai sumber serat.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0