Kebakaran Hutan – Tulisan Terlengkap Mengenai Kebakaran Hutan

Beberapa minggu lalu pemberitaan heboh tentang kebakaran hutan yang terjadi di provinsi Riau. Kebakaran hutan ini mengakibatkan selama beberapa hari wilayah Riau dan sekitarnya terganggu oleh asap yang dihasilkan oleh pembakaran tersebut, bukan hanya daerah sektiar Riau, negara tetangga seperti Malaysia dan Singpura pun ikut terkena imbasnya bahkan di Singapura sekolah dan perusahaan memilih untuk meliburkan diri untuk menghindari populasi udara kiriman dari Riau ini.

Jelas saja membakar hutan adalah tidakan yang tidak diperbolehkan bahkan akan diberi sangsi sesuai peraturan di setiap negara termasuk Indonesia, hal itu dilakukan karena selain hutan harus tetap dijaga untuk kelestarian alam serta satwa yang ada didalamnya, juga mengakibatkan gangguan udara pada daerah sekitar akibat asap yang ditimbulkan tadi tentu berimbas pada kesehatan. Beberapa hal bisa terjadi apabila terjadinya kebakaran hutan adalah:

Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan

  1. Jika terjadi kebakaran maka mau tidak mau sejumlah emisi gas karbon akan terus menyerang lapisan atmosfer sehingga akan menyebabkan lapisan ozon semakin hari semakin tipis, jika lapisan ini semakin tipis maka benda-benda angkasa seperti meteor, asteroid atau lainnya dengan mudah bisa masuk ke bumi karena lapisannya semakin tipis.
  2. Hutan juga merupakan habitat bagi satwa liar, jika habitat mereka terbakar atau rusak otomatis satwa ini mencari tempat lain sebagai tempat tinggal, bukan tidak mungkin pemukiman warga menjadi sasaran amuk satwa-satwa tadi. Tidak sedikit juga kasus satwa buas masuk dan menyerang warga dikarenakan habitatnya mulai dirusak oleh berbagai oknum perusak.
  3. Udara akan semakin sulit, kenapa? tentu karena dihutan ada berbagai jenis tumbuhan serta pepohonan yang berfungsi untuk mendaur ulang udara atau dengan kata lain menghasilkan oksigen yang menjadi kebutuhan utama makluk hidup termasuk manusia.
  4. Menyebabkan terjadinya bencana lain, selain sebagai tempat habitat satwa serta penghasil oksigen, pepohonan juga merupakan salah satu penyerap air hujan jadi air hujan yang ada akan diserap oleh akar-akar pepohonan sehingga tidak langsung menguap kepermukaan, jadi bayangkan jika pepohanan habis terbakar maka bencana seperti banjir yang sudah sering terjadi maka bukan tidak mungkin akan terus berlanjut.
  5. Berimbas pada perkonomian bangsa, tentu saja pohon juga merupakan salah satu bahan utama untuk industri seperti pembuatan kertas atau lainnya, dengan jumlah yang semakin berkurang akibat kebakaran sudah dipastikan akan semakin sulit kedepannya menemui kertas, karena selain pembakaran dihutan jumlah penggunaan pohon juga dibatasi demi menjaga keseimbangan ekosistem alam.
  6. Cuaca semakin panas, selain memberikan oksigen kepada manusia peran hutan juga sangat penting karena jika terdapat banyak hutan maka cuaca terik dari matahari bisa berkurang panasnya, jika pepohonan dihutan semakin gundul maka daerah sekitar akan menjadi gersang dan panas bak padang gurun.
  7. Menyerang kesehatan, asap hasil dari pembakaran tentu tidak sehat jika udara terus diselimuti asap maka penyakit pernapasan seperti infeksi saluran pernafasan atas dikenal dengan isitlah ISPA dan berbagai penyakit gangguan pernapasan lainnya.
  8. Sama seperti kurangnya salah satu bahan industri yang mengakibatkan perekonomian menjadi salah satu sasarannya, karena asap hasil pembakaran hutan wisatawan asing akan enggan datang ke Indonesia dan tentu ini juga akan berimbas pada perekonomian karena sebagain besar pemasukkan negara adalah dari wisata, jika daerah Indonesia tidak sehat pastinya wisatawan semakin hari akan semakin tidak mau untuk berlibur ke Indonesia.
  9. Perlu dana untuk menghentikan asap dan api, jika sudah terjadi pembakaran dan menghasilkan banyak asap tentu pemerintah harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk memadamkannya serta bisa juga memanipulasi cuaca agar terjadinya hujan.

Sudah jelas banyaknya pembakaran hutan akan sangat merugikan baik negara maupun kita sebagai warga, baik dari kerugian material maupun kesehatan. Beberapa kebakaran bisa diakibatkan oleh faktor cuaca yang sangat terik sehingga bisa memicu kebakaran ataupun karena beberapa orang/oknum dengan sengaja ataupun tidak melakukan pembakaran hutan, sehingga api kecil tadi akan merambat dan terus membakar sekian banyak pohon didekatnya dan akan terus menyebar karena pohon sangat mudah terbakar.

Untuk pencegahan pembakaran memang sudah banyak hal dilakukan dengan menindak tegas pelaku pembakaran serta pengawasan dalam hal pembukaan lahan. Hal untuk menanggulangi pembakaran atau mengobati ini semua salah satunya adalah melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali. Sekarang memang sudah banyak gerakan-gerakan yang menggalakkan ini untuk menanam pohon demi kelangsungan hidup bukan cuma Indonesia tetapi seluruh dunia, karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan terbanyak di dunia.

Selain itu jika ingin membuka lahan sebaiknya bukan dengan cara membakar, karena bisa menimbulkan efek domino dan pasti menyebabkan bukan hanya pepohonan serta satwa didalamnya melainkan juga berimbas pada manusia itu sendiri. Pohon juga memerlukan beberapa tahun untuk kembali jadi semoga tidak ada lagi pembakaran hutan dan stop melakukan pembakaran.

Source images by pengertiankulturjaringan.blogspot.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0