Kementerian Kesehatan : Kumpulan Tulisan Terlengkap Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah sebuah lembaga kementerian di bawah Pemerintah Indonesia, Kementerian ini membidangi urusan kesehatan. Institusi ini dipimpin oleh seorang Menteri Kesehatan (Menkes) yaitu Ali Ghufron Mukti. Untuk lokasinya, Kementerian ini berada di Jl H.R.Rasuna Said Blok X.5 Kav. 4-9, Blok A.

Institusi ini memiliki visi untuk menjadikan Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan. Statement tersebut didukung oleh beberapa misi antara lain:

Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan

(1) meningkatkan derajat keamanan tubuh masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta maupun masyarakat madani,

(2) melindungi keadaan kondisi masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya yang paripurna, merata bermutu serta berkeadilan,

(3) menjamin ketersediaan maupun pemerataan sumber daya kesehatan, serta

(4)  menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik.

Untuk merealisasikan visi dan misi tersebut, Institusi ini mengadopsi beberapa strategi antara lain: meningkatkan pemberdayaan masyarakat, swasta dan masyarakat madani dalam pembangunan melalui kerja sama nasional dan global. Dalam prakteknya Institusi Pemerintah RI yang satu ini kerap menjalin hubungan dengan negara tetangga dan sahabat dalam berbagai keterlibatan, misalnya saja ketahanan pangan dan gizi, bencana alam, serta pertukaran dokter.

Kemudian selanjutnya adalah meningkatkan pelayanan yang merata, terjangkau, bermutu serta berkeadilan, serta berbasis bukti dengan pengutamaan pada upaya promotif dan preventif. Disini masyarakat dikondisikan sedemikian rupa dengan kemudahan aksesibilitas. Untuk keluarga yang kurang mampu, Institusi Pemerintah memfasilitasi mereka dengan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) tanpa dipungut biaya. Ditambah lagi, sosialisasi di pelosok negeri juga dijalankan dengan gencar supaya masyarakat awam, baik itu pendirian puskesmas, hingga pengiriman dokter ke pelosok, ditujukan agar masyarakat memiliki pengetahuan akan dasar – dasar kesehatan.

Ketiga adalah meningkatkan ketersediaan, pemerataan, serta keterjangkauan obat serta alat alat untuk menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, mutu sediaan farmasi, alat alat, makanan. Disini Kementerian memiliki peran penting dalam pengawasan produk makanan, apakah layak konsumsi atau tidak. Oleh karena itu, tak jarang produk – produk makanan baru (baik itu yang muncul dari lokal ataupun internasional) terlebih dahulu melewati proses sortir dari Kemenkes, untuk mendapatkan sertifikat halal maupun sehat. Begitu juga dalam pendistribusian alat – alat kesehatan termasuk obat – obatan didalamnya. Kementerian mengatur secara penuh proses tersebut sehingga terjadi pemerataan, terlebih kepada daerah yang sulit dijangkau.

Struktur Organisasi

Adapun Struktur Organisasi Kementerian Kesehatan sebagai berikut;

  1. Menteri Kesehatan, didampingi oleh staff ahli
  2. Sekretariat Jenderal, membawahi Biro Perencanaan Anggaran, Biro Kepegawaian, Biro Keuangan Barang Milik Negara, Biro Hukum dan Organisasi, serta Biro Umum
  3. Inspektoral Jenderal, yang membawahi divisi Inspektorat,
  4. Kemudian di tingkat ini ada Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit  Penyehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Bina Gizi Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian Alat Kesehatan
  5. Dibawah Direktorat Jenderal ada divisi Direktorat, Sekretariat Dit.Jen
  6. Di tingkat ini ada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan serta Badan Pengembangan Pemberdayaan SDM Kesehatan yang membawahi Pusat serta Sekretariat Badan.
  7. Di posisi paling bawah ada divisi pusat antara lain; Pusat Data dan Informasi, Pusat Kerjasama Luar Negeri, Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan, Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan, Pusat Komunikasi Publik, Pusat Promosi Kesehatan, Pusat Intelegensia Kesehatan, Pusat Kesehatan Haji

Saat ini masyarakat tak perlu repot lagi untuk berinteraksi dengan mereka. Hal ini Karena lembaga tersebut memiliki situs yang bisa diakses oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja. Situs tersebut ialah www.depkes.go.id.

Melalui situs tersebut, masyarakat bisa mengupdate informasi terbaru baik itu soal health issue, hingga informasi CPNS. Adapun fitur yang disajikan di situs tersebut meliputi informasi tentang Kepegawaian, Gizi, Pembiayaan Jaminan Kesehatan, Promosi Kesehatan, Penanggulangan Krisis, Hukum dan Organisasi, Kesehatan Kerja, Kesehatan Ibu, Kesehatan Anak, Kesehatan Haji, Data dan Informasi, Konsil Kedokteran Indonesia, serta Sehat Negeriku. Di website tersebut juga tersedia Berita seputar kesehatan yang up-to-date yang selalu muncul di halaman muka (home).

Perlu kita sebagai rakyat Indonesia selalu mendukung setiap kebijakan pemerintah Indonesia untuk kebaikan bersama. Penting untuk selalu dan mengerti kebijakan kebijakan pemerintah.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0