Kepribadian | Tulisan Terkait Kepribadian

Ada sekian banyak kepribadian di dunia ini, dan mungkin bahkan kita tidak bisa menebak setiap kepribadian orang hanya dalam satu kali pertemuan atau satu tatapan. Butuh waktu untuk bisa saling mengenal kepribadian masing masing. Kepribadian setiap orang memang beragam, setiap kita memiliki kepribadian yang unik, dan tidak sedikit juga orang yang memiliki kepribadian ganda. Namun jangan pernah cepat untuk menghakimi orang di sekeliling kita, karena tidak ada manusia yang sempurna, begitu pun kita. Setiap kepribadian yang unik biasanya berasal dari lingkungan tempat seseorang berada atau tinggal dan hidup. Faktor keluarga juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang, karena memang latar belakang seseorang menentukan apa yang akan terjadi pada attitude dan sikap seseorang ke depannya. Kepribadian yang berbeda beda dari setiap orang membuat kita harusnya bersyukur atas apa yang kita lakukan saat ini, apa yang kita miliki saat ini, tapi jangan pernah berpikir bahwa kepribadian kita yang berbeda beda ini membuat kita menjadi keras kepala dan tidak mau mendengar saran dan masukan dari orang lain. Kepribadian kita mungkin ada baik dan buruknya, maka dari itu kita juga perlu bimbingan dari orang lain, setiap saran yang datang dari orang lain setidaknya perlu kita dengar dan kita bisa memilah milah mana saran yang baik dan yang tidak baik.

Kepribadian seseorang di setiap lokasi dan negara pun juga berbeda beda, ini menunjukan bahwa faktor budaya juga mempengaruhi kepribadian seseorang. Maka dari itu kita juga perlu mempelajari setiap kepribadian orang, agar kita tidak menjadi orang yang asosial (anti sosial atau penyendiri) nantinya. Ada beberapa tipe kepribadian yang sangat umum di dunia ini, saya akan membahas beberapa kepribadian yang paling umum yang ada di Indonesia.

Kepribadian pertama adalah kepribadian orang yang memiliki kemampuan sosial yang minim. Tipe orang yang seperti ini sangat banyak terdapat di Indonesia, biasanya orang yang seperti ini sangat sulit untuk memulai suatu percakapan dengan orang lain yang baru dikenalnya. Dan biasanya juga mereka hanya terbuka tentang hal hal yang mereka sukai atau kegiatan favorit mereka. Banyak mungkin yang berkata bahwa mereka adalah seorang “nerd” dengan kata lain mereka disebut sebagai orang yang aneh oleh banyak kalangan. Namun biasanya mereka juga memiliki kemampuan kemampuan dan analisa yang baik.

Kepribadian kedua adalah kepribadian orang yang memiliki kemampuan sosial menengah. Tipe orang dengan kemampuan sosial yang menengah mungkin paling banyak ada di Indonesia. Mereka biasanya suka memulai percakapan terhadap orang lain, namun sering kali mereka beranggapan bahwa mereka tahu segalanya. Baiknya adalah mereka bisa bersosialisasi dengan cukup banyak orang, namun terkadang topik pembicaraan yang terkesan “tahu segalanya” membuat mereka cukup tidak disukai oleh banyak orang. Mereka bisa berbicara banyak di depan orang orang tertentu, namun terkadang terlihat kaku di depan orang orang tertentu juga.

Kepribadian ketiga adalah kepribadian orang yang memiliki kemampuan sosial tinggi atau di atas rata rata. Tipe orang dengan kemampuan sosial tinggi cukup jarang di Indonesia, dan biasanya mereka adalah orang orang yang sukses dari hasil kemampuan sosialnya yang tinggi tersebut. Mereka memiliki kemampuan berbicara yang straight tapi cukup bisa mencairkan suasana percapakan. Biasanya mereka memiliki pengalaman dalam melobi seseorang, dan memiliki pengetahuan atau knowledge yang tinggi, jadi mereka tidak asal bicara melainkan berbicara secara cerdas. Tipe kepribadian ketiga ini sangat memungkinkan untuk sukses dan memiliki banyak jaringan atau network dengan orang lain.

Tiga tipe kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang paling umum yang ada di Indonesia. Tipe kepribadian kita juga mungkin setidaknya ada di dalam list tiga kepribadian ini. Tidak menjadi masalah apa pun kepribadian kita, saat kita berniat untuk menjadi orang yang lebih baik dan memiliki karakter yang lebih baik, kita pasti mampu. Hanya semuanya butuh proses. Jangan pernah mencoba untuk menjadi orang yang keras kepala, karena itu akan sangat menghambat karakter seseorang untuk berkembang. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik kita harus memulai dari mendengar terlebih dahulu, itulah sebabnya mengapa kita memiliki 2 telinga dan hanya 1 mulut, bukan sebaliknya :)

sumber gambar: http://fcdbc.easyurl.net

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0