Kerusakan Alam – Kumpulan Informasi Terlengkap Tentang Kerusakan Alam

Kerusakan alam saat ini sudah menjadi permasalahan yang serius serta mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kerusakan alam dinegeri kita sangat memprihatinkan karena banyaknya penebangan pohon secara liar, eksploitasi tambang bumi secara besar-besaran, serta masih banyak hal lainnya. hal tersebut sendiri disebabkan oleh 2 hal yaitu disebabkan proses alam sendiri dan disebabkan oleh manusia. Beberapa kejadian yang disebabkan oleh alam adalah:

  • Gunung meletus, hal tersebut terjadi dimana gunung mengeluarkan larva, lahar panas, pasir, batu, lumpur serta debu.
  • Tanah longsor disebabkan oleh penebangan pohon secara liar dan berlebihan maka perlu dilakukan reboisasi.
  • Gempa bumi disebabkan oleh getaran yang terjadi dari dalam bumi, gempa bumi sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu gempa vulkanis (terjadi karena letusan gunung berapi), gempa tektonik (karena adanya patahan atau pergeseran lapisan batuan bumi), gempa runtuhan (karena runtuhnya tanah).

    Kerusakan Alam

    Kerusakan Alam

  • Erosi dan abrasi yaitu suatu proses terkikisnya permukaan bumi oleh air dan laut.
  • Penyimpangan iklim terjadi karena bergeser atau berubah, hal tersebut memicu kecemasan para warga terutama petani, nelayan, pelayaran dan penerbangan. Ramalan cuaca tidak tepat, angin topan, kekeringan dan curah hujan berlebihan merupakan dampak pergeseran iklim.

Kejadian yang disebabkan oleh manusia pun banyak terjadi, manusia memanfaatkan tanpa memikirkan kerugian serta akibat yang akan terjadi.  Contoh kejadian yang disebabkan oleh manusia adalah :

  • Sampah, masalah sampah sendiri menyebabkan rusakannya alam dengan membawa akibat berantai bagi kerusakan, seperti : bau busuk, menimbulkan penyakit serta mempercepat sumber menimbulkan penyakit, tersumbatnya gorong-gorong aliran air sehingga mengakibatkan banjir serta mencemari air, merusak kenyaman kehidupan.
  • Kelangkahan tumbuhan dan hewan,  karena banyaknya penebangan pohon tanpa adanya penanaman kembali membuat hilangnya sistem keseimbangan serta perburuan hewan secara liar pun mengakibatkan putusnya mata rantai kehidupan. hal tersebut membuat generasi berikutnya menjadi sulit menemukan tumbuhan serta hewan karena telah punah bahkan akan menjadi sebuah legenda.
  • Pencemaran atau polusi terjadi karena pertambahan penduduk tidak terbendung serta tidak di topang dengan daya dukung lingkungan dan tidak memperhatikan manfaat sumber daya alam yang berwawasan lingkungan hidup. Pencemaran terbagi dalam beberapa hal seperti air, udara, tanah, suara.
  • Hujan asam, terjadi karena air yang menguap keatas mengandung polusi seperti asap, debu dan korosi. Apabila hujan tersebut mengenai besi, maka akan mengalami karatan dan bila mengenai manusia maka akan menimbulkan penyakit kulit serta pernapasan dan bila terkena tumbuhan maka akan mengecilkan tumbuhan dan menurunkan produktifitas tumbuhan tersebut.
  • Terjadinya penipisan ozon, dikarenakan pemakaian gas CFO (carbon fluoro oksida), freon, foem, barang busa serta plastik. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan suhu bumi sehingga mengakibatkan mencairnya secara besar-besaran gletzer dikedua kutub bumi maka dapat meninggikan permukaan air laut dari waktu kewaktu, hal itu tentu dapat menenggelamkan kota-kota yang berada di daerah pantai atau dataran rendah.

Maka dari itu kita harus mempunyai kesadaran tinggi untuk merawat, karena kita dengan alam sangat saling membutuhkan, jika kita hanya membiarkan kerusakan-kerusakan yang terjadi maka tentunya kita sendiri akan merasakan akibatnya. Sudah banyak bancana terjadi karena kerusakan alam dari hal itu sudah ratusan bahkan ribuan nyawa yang hilang akibat bencana yang terjadi, Karena bencana sendiri berawal dari kerusakan alam.

Alam adalah ciptaan tuhan, sudah wajib bagi kita untuk menjaga serta merawatnya karena jika bukan kita maka siapa lagi yang akan merawat serta menjaga kelestariannya. Alam sangat banyak memberikan keuntungan untuk kita, mulai dari udara segar, mengurangi polusi, menghasilkan tumbuhan, mata rantai terjaga dan lainnya. Belakangan ini pun pemerintah banyak mencanangkan program seribu tumbuhan dengan tujuan menyelamatkan alam, kita pun bisa memulai dengan hal-hal kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan, menanam pepohonan, mengurangi pemakaian CFO, tidak melakukan perburuan liar, melakukan penghematan kertas dan menggunakan kertas daur ulang, mengurangi penggunaan plastik. Semoga tulisan ini dapat membuka mata kita akan dampak dari kerusakan alam dengan meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga serta melestarikan alam.

Sumber gambar : bloggerbojonegoro.com

Kata kunci:

Contoh dan Pengertian