Keselamatan Kerja | Catatan Menarik Keselamatan Kerja

Dalam melakukan pekerjaan kita harus memikirkan keselamatan karena banyak orang menunggu kita dirumah, tujuan dari bekerja adalah mencari nafkah untuk keluarga bagi yang sudah berkeluarga, untuk masih bujangan adalah untuk menabung. Dalam bekerja tentunya kita ingin mempunyai rasa ketenangan, keamanan serta kenyamanan karena jika hal tersebut tercipta maka pekerjaan apapun dapat kita selesaikan dengan baik.

Namun sering kali kita tidak menghiraukan Keselamatan Kerja serta kesehatan sehingga kejadian-kejadian kecelakaan dalam kerja sering terjadi. Bentuk proteksi sendiri bisa berbagai hal baik dalam bentuk imbalan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam di terapkan oleh perusahaan. Perlindungan ini memberikan rasa aman secara finansial, fisik serta kesehatan, perlindungan tersebut memberikan rasa tenang serta aman kepada pekerja sehingga pekerja dapat kerja dengan baik serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan nilai tambah bagi perusahaan.

Keselamatan Kerja

Keselamatan Kerja

Perlindungan pekerja menjadi kewajiban disetiap perusahaan, telah diatur oleh pemerintah melalui undang-undang, karena hal tersebut banyak perusahaan bekerja sama dengan pihak asuransi dimana fungsinya memberikan perlindungan pada pekerja untuk masalah kesehatan jika terjadi oleh pekerja serta keluarganya, tetapi hal pemberian perlindungan tidaklah sama untuk semua pekerja karena akan dilihat dari kedudukan serta jabatannya.

Beberapa faktor yang menentukan hal pemberian perlindungan adalah :

  • Tanggung jawab, semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi juga kualitas perlindungan di berikan.
  • Keahlian, untuk mempertahankan karyawan yang mempunyai keahlian yang sangat di perlukan oleh perusahaan, maka biasanya akan diberikan fasilitas perlindungan lebih diatas rata-rata.
  • Mental effort (kerja otak), karyawan yang kerja mengandalkan otak seperti analisis, programer, marketer dan akuntan biasanya memperoleh tingkat proteksi lebih tinggi dari karyawan bekerja menggunakan fisik.
  • Kemampuan fisik, karyawan kerja menggunakan fisik biasanya akan difokuskan pada proteksi perlindungan atas keselamatan kerja.
  • Kondisi kerja, kondisi ini sangat menentukan tingkat proteksi yang di berikan perusahaan kepada karyawan, semakin tinggi kondisi kerja dihadapi maka semakin tinggi juga proteksi diterapkan.

Dalam menjalankan undang-undang pekerja, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja dengan memadai, dengan cara memberikan jaminan asuransi tenaga kerja (jamsostek), dengan melalui jaminan tersebut karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), sakit, mengalami kecelakaan saat kerja akan mendapat santunan, selain itu memberikan hari libur (cuti) juga wajib di berikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk penyegaran fisik dan mental karyawan.

Tujuan dari pentingnya keselamatan serta kesehatan dalam kerja bisa dimulai dari manfaat lingkungan aman dan sehat, dengan lingkungan aman dan sehat maka tingkat resiko akan di alami karyawan akan semakin minim maka tentu saja akan menguntungkan perusahaan mulai dari berkurangnya hari bekerja yang hilang, meningkatkan kualitas produksi, menurunkan biaya-biaya kesehatan, meningkatkan citra perusahaan, dan lainnya. Setiap perusahaan mempunyai strategi-strategi dalam keselamatan bekerja, mulai dari mengurangi dan menghilangkan resiko-resiko kecelakaan dalam bekerja, dengan cara memantau tingkat keselamatan dan kesehatan bekerja dengan menyimpan catatan-catatan kecelakaan dalam bekerja serta selalu menghimbau kepada para pekerja untuk menggunakan alat-alat keselamatan dalam bekerja bahkan bisa dengan pemberian sanksi jika tidak menggunakan perlengkapan keselamatan, semua itu bertujuan untuk keselamatan serta untuk menghasilkan produksi yang berkualitas. Keselamatan dan kesehatan pun mempunyai struktur hukum yang dibagi menjadi 3 hal yaitu :

  • Mengharuskan pemeriksaan keselamatan dan kesehatan bekerja tanpa memandang ukuran skala usaha.
  • Kompensasi pekerja, dilakukan untuk memberikan bantuan keuangan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan pada saat bekerja.
  • Putusan hukum, perusahaan wajib tunduk kepada keputusan pengadilan tentang kecelakaan kerja yang terjadi akibat tindakan sendiri atau akibat perbuatan kerja dan menyebabkan tuntukan hukum.

Kesimpulan dari keselamatan dan kesehatan bekerja sangatlah penting untuk pekerja maupun perusahaan. Keselamatan bekerja sendiri mengarah pada kondisi-kondisi fisiologis, fisikal dan psikologis tenaga pekerja dari akibat lingkungan. Jika tindakan-tindakan keselamatan dan kesehatan sudah dijalankan dengan efektif maka tidak akan ada lagi kecelakaan yang terjadi , maka hal ini ini dapat mensejahterakan pekerja dan tentu saja akan berimbas kepada hasil produksi perusahaan.

Sumber gambar : psychologymania.com