Komunikasi Bisnis – Artikel Tentang Komunikasi Bisnis

Komunikasi merupakan cara seseorang untuk berinteraksi, tanpa ada nya komunikasi tentu saja orang akan kesulitan dalam berbicara satu sama lain apalagi jika ada kepentingan pribadi, tentu saja kepentingan itu tidak akan tercapai apabila setiap orang tidak dapat berkomunikasi dengan baik . Begitu hal nya dengan komunikasi bisnis, komunikasi bisnis merupakan cara seseorang untuk menyampaikan suatu pesan atau ide kepada lawan bicara nya untuk membuat orang lain tersebut terpengaruh dan menyukai apa yang ditawarkan oleh si penyampai, komunikasi bisnis ini biasanya digunakan ketika acara ‘lobi’ ataupun ketika sedang bertemu klien demi tercapai keuntungan dari bisnis si penyampai pesan.

Komunikasi bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis karena jika mereka tidak mampu menguasai bagaimana cara untuk menyampaikan ide pada saat yang tepat, bukan tidak mungkin ide mereka akan ditolak. Kebiasaan para pebisnis dalam melakukan komunikasi yang hebat dan ‘pintar’ mengakibatkan setiap pebisnis rata rata dicap sebagai orang yang ‘bermulut manis’, awalnya saja baik baik belakangan nya justru merugikan.

Komunikasi Bisnis

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis sejujurnya sulit dan membutuhkan pengalaman extra bagi sang penyampai, karena yang disampaikan nya merupakan tanggung jawab demi keuntungan perusahaan, mungkin jika tidak berhasil disampaikan bisa bisa justru dipecat perusahaan. Dalam konteks sesungguhnya, komunikasi bisnis mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menyelesaikan masalah , dengan mengkomunikasikan masalah bisnis yang baik tentu saja akan berakhir dengan baik, terkadang terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang mengakibatkan kesalahan dalam penyampaian.
  2. Pengambilan kebijakan, jika tidak ada nya komunikasi dalam suatu rapat tentang perusahaan, tentu saja tidak ada hasil yang baik serta menguntungkan bagi setiap pihak. Diperlukan penyampaian yang baik demi tercapai nya kepentingan bersama
  3. Memberikan kesan positif bagi yang melihat, tentu saja dengan memberikan penyampaian yang baik, serta terlihat dekat antara satu sama lain akan menumbuhkan kesimpulan di mata orang bahwa perusahaan itu mempunyai bos yang baik serta akur antara satu sama lain.
  4. Memperkuat hubungan bisnis antara satu sama lain, tentu saja dengan ada nya kedekatan antara satu sama lain akan menumbuhkan rasa saling percaya dan sulit untuk berani menikun kawan nya sendiri demi kepentingan pribadi.

Not easy like word, terkadang komunikasi bisnis sulit dilakukan karena alasan grogi, atau malu malu ataupun belum siap dalam menyampaikan suatu ide atau gagasan, hal yang ini menghambat dalam komunikasi yang baik antara perusahaan sehingga menyebabkan terhambatnya suatu kebijakan. Jika Anda malu malu dalam berkomunikasi dengan baik, mungkin tidak salahnya untuk menyimak tips yang ada :

  1. Percaya diri , ini hal yang paling utama dalam berkomunikasi karena tanpa ada nya kepercayaan diri serta kemandirian dalam berbicara, sulit bagi orang lain untuk memahami dan masuk ke dalam pikiran si penyampai, karena jika tidak ada nya kepercayaan diri sulit untuk orang lain mengerti maksud dan tujuan dari sang penyampai pesan tersebut.
  2. Memahami situasi, hal ini juga penting karena jika Anda sebagai pebisnis atau utusan tidak dapat memahami situasi yang sedang terjadi pada suatu orang atau perusahaan lain, jangan harap Anda dapat diterima apalagi dapat menerima ide serta gagasan Anda, mengurusi urusan interal nya saja sedang sulit bagaimana mau menerima ide Anda? Pahami situasi serta kondisi yang tepat.
  3. Menyiapkan bahan dengan matang, tentu saja dengan persiapan yang cukup serta penampilan yang baik akan menambahkan nilai lebih bagi Anda untuk melakukan komunikasi bisnis dengan lawan bicara Anda, tanpa ada nya penampilan dan persiapan yang baik, sulit bagi Anda untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh lawan bicara Anda, persiapkan dengan matang sehingga akan menghasilkan yang terbaik
  4. Berdoa, mungkin hal ini terlihat sepele dan biasa saja,, tetapi jangan anggap remeh sehingga Anda melupakan hal yang diinginkan Tuhan. Jika tidak berdoa mungkin biasa saja, tetapi tentu akan sulit manusia untuk menjadi lebih baik, karena semua nya berasal dari yang di atas sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukannya. Serahkan semua permasalahan Anda kepada Tuhan sehingga pasti akan terselesaikan asalkan ada kemauan.

Ketika Anda berusaha semaksimal mungkin, pasti ada jalan untuk mencapai kesuksesan. Kunci dari kesuksesan dalam melakukan komunikasi bisnis adalah sering latihan sehingga Anda pun akan terbiasa dalam melakukan hal ini. Pasti bisa !

Sumber gambar : pelitaterang-blogspot.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0