Komunikasi | Catatan Terlengkap Mengenai Komunikasi

Komunikasi mungkin merupakan salah satu aspek terpenting dalam hidup, bayangkan jika kita tidak mampu berbicara satu dengan yang lain, apa yang akan terjadi dengan kehidupan sosial kita akan berdampak sangat buruk. Beruntungnya kita hidup di era dimana kita dapat berkomunikasi dengan mudah dan fleksibel karena di support oleh teknologi yang mutakhir saat ini, mungkin teknologi yang mendukung segala kegiatan komunikasi akan semakin baik dan semakin mutakhir di tahun tahun yang akan datang. Kita sebagai manusia yang hidup di era saat ini pastinya mengerti jelas bahwa teknologi komunikasi merupakan sebuah kemudahan untuk kita sebagai pribadi sosial, bahkan dalam membangun sebuah hubungan.

Pada zaman dulu mungkin saat tidak ada fitur fitur canggih seperti sekarang, orang akan sangat kesulitan berkomunikasi dengan keluarga atau kerabatnya yang tinggal jauh dari tempat ia berada. Mungkin saat dulu orang orang masih melakukan kegiatan surat menyurat mereka akan membutuhkan waktu sekitar seminggu atau bahkan berbulan bulan untuk mengirim surat agar sampai kepada penerimanya, dan menerima balasan surat tersebut dalam waktu yang lama pula, sehingga aktivitas komunikasi akan berjalan sangat lambat dan terhambat.

Kita patut bersyukur, bahwa ada teknologi teknologi yang dikembangkan oleh para produsen dan developer yangtelah menanamkan inovasi nya ke dalam sebuah teknologi ciptaannya, salah satunya merupakan inovasi yang mereka tanamkan ke dalam sebuah teknologi komunikasi. Era pertama saat pertama kali muncul sebuah mobile phone atau telepon genggam, yang hanya bisa digunakan untuk menelepon dan SMS saja, hari ini mungkin sudah tidak ada lagi produk yang seperti itu, seiring berjalannya waktu muncul banyak produk handphone atau telepon genggam yang memiliki fitur fitur sampingan seperti kamera, mendengarkan lagu, menonton televisi di monitor handphone, dan sampai di era dimana handphone handphone unggulan hadir dengan berbagai fitur barunya, seperti fitur chatting full time, fitur email, fitur browser, fitur social media, fitur game, touch screen yang sudah menjadi hal umum dan bahkan kebutuhan sehari hari manusia.

Jika kita menelusuri tentang internet, internet bukanlah sebuah kebutuhan pokok seorang manusia, namun seiring berkembangnya zaman dan berjalannya waktu, internet justru seakan akan dan seolah olah menjadi kebutuhan pokok manusia, baik yang masyarakat di kalangan bawah, maupun di kalangan menengah ke atas, semuanya bergantung pada fitur komunikasi yang satu itu. Mungkin suatu hari nanti akan ada fitur berkomunikasi antar sesama manusia dimana kita hanya perlu berkomunikasi melalui pikiran dan mata, tanpa perlu repot repot berbicara, mungkin saja itu terjadi dan mungkin kita akan sampai ke masa itu.

Jika kita melihat beberapa tahun lalu, komputer masih berbentuk sangat besar dan tidak bisa dibawa kemana mana, memiliki monitor yang besar dan tabung, penuh dengan radiasi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, sekarang dalam waktu singkat komputer menjadi sebuah barang yang mobile, yang bisa digunakan di mana saja kita berada (bersifat mobile). Laptop yang pertama kali muncul ke sebuah pasar elektronik, adalah laptop yang berukuran cukup besar dan berat, lalu seiring berjalannya waktu dan dalam waktu singkat, laptop muncul dengan desain baru, semakin kecil, semakin tipis dan mudah juga ringan untuk di bawa ke berbagai tempat.

Hingga muncul era tablet computer, dimana kita hanya perlu membawa sebuah tablet komputer ini yang berukuran persegi panjang, ringan dan kita bisa menggunakannya dengan mudah, itu semua adalah evolusi dari sebuah komunikasi, dan teknologi lah yang mampu mewujudkannya. Bahkan anak anak pun mengerti cara menggunakan barang barang elektronik mahal seperti itu, padahal jika berada di era seperti dulu, anak anak akan sangat diberi peringatan ekstra terhadap barang elektronik yang mereka sentuh, namun tidak untuk di era sekarang. Keperluan bisnis, meeting dengan klien, usaha perdagangan pun besar kecilnya terpengaruh oleh teknologi komunikasi yang ada sekarang ini. Kita telah memasuki era dimana tidak ada batasan antara ruang dan waktu, karena kita bahkan bias menjelajahi isi dunia ini hanya melalui teknologi komunikasi.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0