Kumpulan Artikel Kesehatan | Kumpulan Informasi Menarik Kumpulan Artikel Kesehatan

Ada banyak sekali contoh artikel kesehatan yang dapat kita temui. Dengan memiliki pengetahuan umum tentang kesehatan, Anda pun juga dapat membuat artikel kesehatan sendiri. Berikut ini adalah salah satu contoh artikel kesehatan yang mengambil tema Alergi Makanan.

Kumpulan Artikel Kesehatan: Alergi Makanan

Kesehatan tubuh memiliki peran penting dalam setiap aktivitas kita sehari-hari. Dengan kondisi tubuh yang sehat, Anda juga dapat menjalankan segala tugas dengan maksimal. Faktor penunjang untuk kesehatan bisa di dapat dengan melakukan olagraga yang rutin, menjaga pola makan dan minum sehari-hari, serta mendapatkan istirahat yang cukup, khususnya tidur nyenyak pada malam hari.

Makanan merupakan hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Pola makan dan jenis makanan juga harus diperhatikan. Makanan yang memilki kadar lemak tinggi, tidak hanya membuat berat badan anda bertambah, tetapi juga menumpuknya lemak pada tubuh. Anda bisa memulai memakan makanan sehat rendah kalori untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang memiliki alergi pada suatu makanan tertentu, dapat lebih selektif dalam memilih jenis makanan. Konsultasi ringan pada dokter, dapat menjadi sebuah solusi untuk mengetahui jenis makanan yang baik untuk menjadi asupan.

Terdapat beberapa argumen dan kontroversi berkaitan dengan alergi makanan. Seperti halnya, jenis reaksi yang buruk terhadap makanan belum tentu bahwa seseorang itu memiliki alergi pada makanan tersebut. Makanan yang sering mengakibatkan gejala tertentu pada orang lain, belum tentu juga terjadi pada Anda, karena setiap tubuh memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Anak-anak juga bahkan sering peka terhadap suatu makanan, namun hal ini belum tentu bahwa anak itu menderita jenis alergi tertentu pada makanan tersebut. Bahkan, jika anda memang memiliki suatu alergi pada suatu makanan tertentu, Anda mungkin masih tetap bisa untuk mencicipi sedikit makanan tersebut tanpa menumbulkan rasa alergi. Beberapa makanan yang umum dikenal menyebabkan gejala seperti sakit perut atau diare, bengkak, muntah, gatal-gatal dan sejenisnya adalah makanan yang mengandung jenis kacang-kacangan, susu, stoberi, cokelat, jagung dan gandum.

Kumpulan Artikel Kesehatan

Kumpulan Artikel Kesehatan

Ada satu istilah khusus yang digunakan untuk sebuah reaksi dari rasa alergi pada suatu makanan, intoleransi makanan. Hal ini dapat membuat reaksi yang tidak umum terhadap suatu makanan, apapun penyebabnya. Intoleransi makanan dapat menyebabkan pelepasan amina (seperti dopamin, histamin, dan lain-lain) dari sel tubuh. Amina yang ditemukan dalam makanan dapat mempengaruhi bebrapa fungsi tubuh seperti perubahan pada ukuran pembuluh darah, denyut jantung, kontrol pada tekanan darah, perkembangan otak dan juga fungsi saraf. Histamin merupakans ebuah mediator yang paling umum. Histamin juga merupakan sejenis senyawa yang dapat membangkitkan rasa alergi. Makanan yang mengandung kadar histamin tinggi adalah anggur merah, asinan kubis, beberapa jenis keju, stroberi dan juga minuman beralkohol. Dopomine dapat ditemui dari kacang fava dan Octopamine dapat dihasilkan dari beberapa varian buah jeruk. Sedangkan Beta-Phenylethylamine dapat ditemui dari jenis cokelat. Jika tubuh Anda memiliki overabundant amina yang sangat sedikit, hal ini dapat memicu masalah kesehatan seperti masalah neurologis atau psikologis.

Ada banyak reaksi yang ditimbulkan karena alergi pada suatu makanan. Anafilaksis merupakan istilah untuk salah satu reaksi alergi yang paling fatal. Reaksi fatal merupakan reaksi alergi yang berlebih yang dapat terjadi pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan muntah, mual, nyeri dada, tersedak, serta pembengkakak pada bagian tubuh. Reaksi lain yang sangat menyakitkan di sebut penyakit Celiac. Reaksi ini disebabkan oleh reaksi negatif dari gluten yang kronis, protein yang ditemukan dalam biji-bijian, gandum dan jagung. Penderita alergi ini dapat mengalami diare kronis dan mengalami penurunan pertumbuhan.

Belum ada pengobatan yang pasti untuk mengatasi jenis alergi pada tubuh. Memilih jenis makanan dengan selektif dan jenis makanan sehat seperti buah dan sayuran umumnya tidak memiliki resiko tinggi pada tubuh. Namun, sejenis makanan yang dipercaya memiliki resiko alergi tinggi seperti kacang-kacangan, gandum, susu, jagung, stroberi, cokelat dan lainnya dapat menyebabkan timbulnya rasa alergi pada tubuh. Jika Anda sering kali mendapati tubuh anda bengkak, rasa mual ataupun muntah, diare dan sakit perut, ada baiknya untuk mengurangi jenis makanan tersebut, atau mencari makanan yang menurut Anda aman dari alergi yang di timbulkan. Dengan menghindari makanan tertentu, setidaknya dapat membantu Anda mengatasi rasa alergi pada tubuh. Selain itu, rajin untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai jenis alergi yang Anda alami.

Sumber gambar: http://easyurl.net/23219

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0